5 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

5 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

Keberadaan mobil sudah menjadi kebutuhan masyarakat, baik untuk berbisnis maupun sekadar untuk kepentingan pribadi. Hal ini bukan hanya untuk kebanggaan semata, tetapi juga kurangnya kepuasan masyarakat terhadap transportasi umum. Namun, harga mobil yang masih tergolong tinggi, tidak sedikit orang yang mulai melirik untuk membeli mobil bekas. Tentunya sebelum membeli, harus sudah memahami tips membeli mobil bekas agar mobil yang dibeli berkualitas baik.

Bagi sebagian orang, cara ini dinilai lebih aman dan menguntungkan daripada harus membeli mobil dengan sistem kredit. Salah satunya yaitu tidak terbebani dengan cicilan yang harus dikeluarkan setiap bulan. Sehingga dana yang dimiliki dapat dialihkan untuk perawatan mobil atau hal lainnya. 

Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas 

Bagi pembeli mobil bekas, apabila kita mampu mengecek kondisi mobil dengan teliti dan jeli, bukan tidak mungkin, mobil yang didapatkan masih berkualitas. Berikut adalah tips membeli mobil bekas yang dapat diterapkan: 

1. Pertimbangkan Tempat Pembelian

Tips membeli mobil bekas yang pertama adalah pertimbangkan tempat pembelian. Mengingat saat ini ada banyak sekali tempat jual-beli mobil bekas dengan segala penawaran yang menggiurkan. Jika tidak memiliki teman yang kenal dekat, lebih baik pertimbangkan kembali untuk membeli mobil bekas di tempat tersebut. Showroom resmi dapat dijadikan alternatif, karena disana ada cukup banyak pilihan. Sayang, biaya yang harus dikeluarkan biasanya lumayan besar, begitu juga dengan harganya.

Solusinya, belilah mobil bekas langsung dari tangan pertama, yakni si pemilik mobil. Selain harga yang tentu lebih murah dibandingkan dua tempat di atas, Sobat We juga dapat memperkirakan kondisi mobil. Oleh karena itu, pertimbangkan kembali mengenai tempat untuk membeli mobil bekas. 

Baca Juga : Ketahui 4 Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir Agar Tak Tertipu

2. Kondisi Eksterior Mobil

Setelah menemukan tempat pembelian yang diincar, maka tips saat membeli mobil bekas selanjutnya adalah melakukan pengecekan bagian eksterior. Perhatikan bagian luar mobil, meliputi body, kondisi cat, kaca, lampu, serta roda. Pastikan semua bagian tersebut dalam kondisi baik, dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, cobalah untuk masuk ke kolong mobil, cek apakah sudah ada karatan atau keropos. Hal ini dapat menghindarkan Sobat We dari pengeluaran tak terduga untuk memperbaiki kondisi tersebut. 

Baca Juga : 7 Ciri Mobil Bekas Tabrakan yang Harus Diketahui

3. Kondisi Interior dan Aksesoris

Tips saat membeli mobil bekas yang tak kalah penting, yaitu mengecek kondisi interior dan aksesoris. Beberapa komponen yang perlu diteliti adalah karpet, kualitas jok atau kursi, kondisi AC, langit-langit, serta dashboard. Setelah sampai di bagian ini, cek kinerja kaca, wiper, hazard, lampu sein, lampu rem, dan lampu depan. Pastikan semua masih berfungsi dengan baik, tanpa kendala yang berarti. Untuk kenyamanan, lakukan juga pengecekan pada bagian hiburan, seperti radio dan komponen audio lainnya.

Baca Juga : Cara Menangani AC Mobil Tidak Dingin dan Penyebabnya

4. Kondisi Mesin Mobil

Mengecek kondisi mesin mobil merupakan tips membeli mobil bekas yang paling krusial. Jika komponen ini sudah bermasalah, maka tidak ada yang perlu diharapkan. Sebab, perbaikan pada bagian ini tentu biayanya cukup mahal. Mobil yang masih layak ditandai dengan suaranya yang terdengar halus, mudah di-starter, dan melaju dengan baik. Untuk memastikan, cobalah untuk test-drive di berbagai macam kondisi jalanan. Dalam uji coba ini, ajaklah si pemilik, agar ia benar-benar tahu kondisi kendaraannya.

5. Selalu Pastikan dan Cek Kelengkapan Surat

Hal yang tidak boleh ketinggalan dalam tips saat membeli mobil bekas adalah kelengkapan surat kendaraan. Pastikan surat-surat tersebut asli dan sesuai dengan identitas diri si pemilik. Selain menyamakan dengan KTP, Sobat WE+ juga dapat mengeceknya secara online. Misal dengan melihat pajak kendaraan melalui aplikasi atau website

Itulah 5 tips membeli mobil bekas yang bisa diterapkan. Diharapkan dengan memahami tips ini, mobil yang Sobat WE+ beli adalah mobil yang berkualitas dan memiliki performa yang bagus meskipun dalam kondisi bekas. Selamat membeli! 

Penulis: Raka 23 Oct 2020 101