Ketahui 4 Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir Agar Tak Tertipu

Ketahui 4 Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir Agar Tak Tertipu

Mobil merupakan alat transportasi yang akan menunjang aktivitas kita sehari-hari. Banyak orang yang membeli mobil dalam kondisi bekas. Meski bekas, tentunya kita ingin agar mobil yang dibeli dalam keadaan baik. Kondisi dan seluk beluk mobil tersebut harus kita ketahui secara mendetail, agar tidak terjadi kerugian di kemudian hari. Oleh karenanya, pengetahuan mengenai ciri-ciri mobil bekas banjir penting untuk diketahui. 

Kenali Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir Agar Tak Salah Pilih

Setelah keluar uang untuk biaya pembelian, pastinya kita tak ingin keluar budget lebih atau berkali-kali lipat untuk hal yang tidak diinginkan. Sehingga memeriksa keadaan atau kondisi kendaraan merupakan hal yang wajib dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengetahui ciri ciri mobil bekas banjir, karena efek banjir akan berpengaruh pada performa mobil yang akan kita gunakan. Berikut merupakan tanda atau ciri-ciri mobil bekas banjir, diantaranya adalah:

1. Tercium Bau yang Tidak Sedap

Bau bisa menjadi indikator mobil bekas yang pernah terkena banjir. Jika penciuman kita merasa ada sesuatu yang aneh, itu bisa menjadi tanda bahwa terdapat bagian yang basah dan menimbulkan bau  dalam kendaraan yang sedang dicek kondisinya tersebut. Bau apek yang muncul, bisa menjadi ciri bahwa ada bagian yang kotor dalam mobil. Hati-hati juga jika dalam kendaraan tersebut menggunakan pengharum yang berlebihan. Karena bisa saja digunakan untuk menyamarkan bau tak sedap tersebut.

2. Adanya Kotoran Atau Lumpur yang Mengendap

Adanya endapan lumpur merupakan ciri-ciri mobil bekas banjir berikutnya. Air genangan atau banjir biasanya akan menyisakan lumpur. Dan jika noda tersebut ada di mobil yang akan dipilih, sebaiknya kamu berhati-hati ya. Periksalah area interior mobil seperti AC, kabel di belakang dashboard, maupun sela-sela dari jok mobil. Atau, kamu juga bisa memeriksa dan memperhatikan beberapa bagian mobil, seperti:

  1. Rem tangan apakah karatan atau tidak
  2. Pangkal pedal apakah karatan atau tidak
  3. Kondisi bawah jok apakah terlihat kotoran bekas banjir atau tidak
  4. Kisi radiator mobil, karena jika ada sampah yang tersangkut disana kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir.

3. Mesin yang Rusak

Mesin pastinya menjadi hal yang tak akan luput dari perhatian saat akan membeli kendaraan bekas. Tanda bekas genangan banjir juga dapat terlihat jika oli yang ada di dalam mesin tersebut tercampur dengan air. Cirinya adalah jika warna oli terlihat coklat keputihan. Selain oli, suara mobil pun ternyata bisa menjadi indikator untuk melihat apakah mobil yang hendak dipilih pernah tergenang banjir. Karena mobil dengan suara yang cenderung kasar bisa menjadi salah satu tanda bahwa bagian mesin tersebut telah terkena air.

4. Keadaan Alat Elektronik

Selain mesin, kita juga disarankan untuk melakukan pengecekkan pada bagian elektronik yang ada di dalam mobil. Seperti lampu, audio, wiper, AC, maupun indikator pada Electric Power Steering dan pastikan semuanya dalam keadaan normal. 

Itulah beberapa ciri-ciri mobil bekas banjir yang harus diperhatikan. Ketelitian yang lebih memang diperlukan saat kamu akan membeli mobil bekas. Hal ini dilakukan agar kendaraan tersebut memang ada dalam kondisi yang baik. Karena jika tidak, bukannya membantu, malah kerusakan mobil tersebut bisa merugikan kita. Walau bisa saja ada kemungkinan penjual telah memperbaiki dan membersihkannya semaksimal mungkin hingga tak terlihat, namun kehati-hatian kita tetap memang diperlukan, bukan?

Penulis: Raka 20 Oct 2020 88