Lakukan 7 Perawatan Mobil Matic Ini Agar Selalu Prima

Lakukan 7 Perawatan Mobil Matic Ini Agar Selalu Prima

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, tentu kita menginginkan agar kondisinya selalu baik juga prima. Berbagai cara akan dilakukan untuk perawatan mobil tersebut. Karena kendaraan ini memiliki dua tipe, yaitu manual dan matic, maka perawatannya pun akan berbeda. Di kesempatan kali ini, kita akan membahas informasi mengenai perawatan mobil matic yang harus sobat we+ ketahui.

Beberapa Cara Agar Mobil Matic Selalu Prima 

Berikut ini merupakan tips merawat mobil matic agar selalu dalam kondisi baik, diantaranya:

1. Service Tepat Waktu

Tips pertama agar mobil matic selalu prima adalah dengan melakukan servis tepat waktu. Kegiatan servis ini tentu akan berpengaruh pada performa dan mesin mobil matic yang dimiliki, untuk itu penting bagi sobat we+ membawa kendaraannya untuk dilakukan perawatan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

2. Mengganti Oli Secara Rutin

Selain servis tepat waktu, perawatan mobil matic berikutnya adalah dengan mengganti oli mesinnya secara teratur. Hal yang satu ini sangat penting untuk diingat dan dilakukan, apalagi bagi sobat we+ yang memiliki aktivitas padat dengan jarak tempuh yang jauh, karena jika tidak sistem transmisi mobil kita bisa terkena gangguan.

Selain oli mesin, ternyata mengganti oli transmisi pun harus sobat we+ lakukan. Transmisi merupakan bagian yang tidak boleh luput dari perhatian kita. Gantilah olinya secara teratur atau jika telah menempuh jarak minimal 25.000 km dan maksimal 50.000 km atau misalnya jika terkena banjir. Jangan lupa gunakan oli yang diperuntukkan khusus mobil matic ya.

3. Jangan Lupa Panaskan Mobil

Perawatan mobil matic dengan memanaskannya setiap hari bertujuan agar mesin tidak mudah mengalami gangguan. Yang perlu diingat adalah, pastikan transmisinya dalam posisi netral ya.

4. Jangan Salah Gunakan Persneling

Cara perawatan mobil matic berikutnya adalah dengan menggunakan persneling secara tepat. Jika sedang parkir gunakan (P) jangan dipindah dulu sebelum mobil benar-benar berhenti. Pun sebaliknya, jangan terlalu cepat memindahkan persneling menuju D (drive) jika mobil masih dalam keadaan berhenti.

5. Periksa Valve dan Transmisi 

Valve adalah katup atau bagian pada mesin mobil yang digunakan untuk membuka dan menutupnya. Periksalah kondisinya secara rutin agar terhindar dari kerusakan atau kebocoran. Selain itu, juga jangan lupa untuk memeriksa transmisi pada mobil. Cara mengecek bagian ini cukup sederhana, yaitu merubah posisi dari D ke R kemudian lepaskan rem secara lembut dan perlahan. Jika mobil tidak maju, berarti kendaraan kita ini mengalami kendala atau masalah pada sistem transisi.

6. Peka Terhadap Kerusakan

Kerusakan transmisi mobil matic biasanya mengakibatkan perputaran mesin dan laju mobil menjadi tidak padu. Atau, jika kerusakan ada pada kopling, biasanya suaranya lebih keras. Tujuan dari mengetahui kerusakan dan segera memperbaikinya ini adalah agar kendaraan sobat we+ selalu dalam keadaan prima sekalipun melakukan perjalanan ke tempat yang jauh.

7. Memiliki Asuransi

Asuransi kendaraan, bisa membuat hati kita lebih tenang dan tidak terlalu khawatir atas kerusakan pada kendaraan yang mungkin bisa merugikan, karena mobil matic kita nantinya akan mendapat proteksi dari jasa penyedia layanan asuransi.

Sobat WE+ yang memiliki mobil matic, semoga tulisan kali ini bisa membantu  supaya kendaraannya bisa tetap terawat juga kondisinya selalu prima. Dengan kondisi mobil yang selalu prima, maka keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara juga lebih terjaga. Semoga bermanfaat! 

Penulis: Raka 20 Oct 2020 103