Beli Kendaraan di Masa Pandemi, Tepatkah? Berikut Jawabannya

Beli Kendaraan di Masa Pandemi, Tepatkah? Berikut Jawabannya

Beli kendaraan di masa pandemi, tepat kah? Mengingat pendapatan semakin menurun di masa pandemi, khususnya jika sobat WE+ bukan pegawai yang memiliki pendapatan tetap. Sebenarnya, tepat tidaknya harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Meskipun memiliki cukup uang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli kendaraan di masa pandemi.

Beli Kendaraan di Masa Pandemi, Tepatkah?

Tidak ada jawaban pasti mengenai pertanyaan ini. Iya atau tidaknya tentu memiliki alasan tersendiri yang perlu kamu ketahui. Salah satu alasan membeli kendaraan di masa pandemi adalah keamanan.

Mengingat kendaraan umum yang dibatasi penumpangnya. Selain itu, dengan kendaraan pribadi, tentu tidak akan bertemu dengan banyak orang yang berpotensi terjadi perkumpulan. Jika dengan alasan demikian, maka membeli kendaraan di masa pandemi terbilang tepat. 

Namun jika dengan membeli, kebutuhan sehari-hari akan kesulitan, lebih baik jangan kamu lakukan. Mengingat kondisi keuangan berbeda-beda, jadi silahkan lakukan saja jika memungkinkan dan pendapatan tetap stabil. Beberapa hal berikut harus kamu perhatikan sebelum membeli kendaraan saat pandemi:

1. Kendaraan yang Tersedia di Dealer

Langkah pertama sebelum membeli tentunya menentukan merek dan dealer. Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan uang kamu. Selain itu, beli kendaraan yang sudah tersedia di dealer. Dengan begitu, kamu bisa cepat mendapatkannya daripada memesan merek lain yang belum tersedia. Apalagi jika untuk kebutuhan di masa pandemi, tentunya membutuhkan pelayanan yang cepat.

2. Membeli Kendaraan Versi Lama

Tips yang kedua adalah membeli kendaraan versi lama, tetapi bukan berarti yang tidak bagus. Sebab, biasanya jika sudah keluaran tahun-tahun sebelumnya, kamu bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah. Dengan begitu, pengeluaran tidak akan terlalu bengkak.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Memilih DP Rendah

Pada budget yang terbatas pun, kamu juga bisa membeli kendaraan. Caranya dengan memakai angsuran atau kredit. Namun, tetap memilih kendaraan yang sudah tersedia agar bisa langsung menggunakannya. Selain itu, pilih yang menawarkan DP rendah sehingga tidak akan memberatkan di awal. Pastikan pula dealer yang kamu pilih sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus.

4. Harus Siap dengan Biaya Perawatannya

Kendaraan tentunya juga membutuhkan perawatan. Terutama jika ada bagian yang rusak dan butuh perbaikan hingga harus diganti. Jadi, dengan begini beli kendaraan di masa pandemi, tepatkah?

Tidak ada salahnya membelinya jika memang sangat dibutuhkan. Hanya saja harus siap dengan biaya perawatannya tersebut. Apalagi jika membeli kendaraan bekas yang ketahanan komponennya tidak terjamin semuanya.

5. Menggunakan Asuransi

Pertimbangan terakhir adalah dengan menggunakan asuransi. Asuransi kendaraan sangat dibutuhkan, khususnya saat pandemi. Jadi, kamu bisa menyisihkan sebagian uang pemasukan sedikit demi sedikit untuk perlindungan kendaraan yang sudah sobat WE+ beli. Kemungkinan kamu akan merasa berat jika kurang memahami fungsi dari asuransi. 

Sebagai pemula, kamu bisa coba memilih asuransi kendaraan dengan premi rendah. Meski memang fasilitasnya akan terbatas pula. Namun, hal ini lebih baik daripada tidak menggunakan asuransi sama sekali. Kamu bisa mengunjungi website WE+ untuk mendapatkan produk asuransi kendaraan mobil maupun motor terbaik sesuai kebutuhan.

Jadi, beli kendaraan di masa pandemi, tepatkah? Tentu saja tepat jika didampingi dengan alasan dan budget yang jelas. Jangan lupakan juga asuransi sebagai proteksi. Dengan begitu, kendaraan bisa lebih terlindungi dengan optimal. 

Penulis: Raka 28 Jan 2022 241