Cara Menangani AC Mobil Tidak Dingin dan Penyebabnya

Cara Menangani AC Mobil Tidak Dingin dan Penyebabnya

Pendingin udara atau AC merupakan salah satu fitur mobil yang sangat penting keberadaannya. Terutama bagi masyarakat kota yang hampir setiap hari bertempur dengan kemacetan. Tidak adanya AC bisa menjadi permasalahan sendiri bagi pengendara, apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya. Apabila AC mobil tidak dingin, karena ada kemungkinan AC tersebut yang mengalami kendala.

Penyebab dan Cara Menangani AC Mobil Tidak Dingin

Memiliki kendaraan sendiri memang harus telaten dan lebih sensitif terhadap kondisi mobil. Selain mengandalkan lampu indikator, pemilik harus bisa merasakan ketidakberesan yang terjadi, salah satunya jika AC mobil tidak dingin. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasinya :

1. Freon Habis

Permasalahan ini sebenarnya sangat jarang terjadi, seandainya benar-benar terjadi, maka ada kemungkinan kebocoran sistem. Mungkin kondensor mengalami korosi, seal sudah getas, selang yang sudah lapuk, maupun kompresor yang retak. Berikut cara untuk mengatasi AC mobil yang tidak dingin karena kehabisan freon :

  1. Ganti seal dengan yang baru, serta bersihkan selang
  2. Ganti kondensor dan kompresor jika sudah mengalami korosi atau keretakan
  3. Isi ulang freonnya

2. Fan Belt Putus

Penyebab AC mobil tidak dingin yang kedua adalah fan belt putus. Fan belt adalah sabuk berbahan karet yang menghubungkan antara kompresor dengan putaran mesin. Jika sabuk ini putus, maka kondensor tidak dapat bekerja dan AC terasa kurang dingin. Adapun penyebab putusnya fan belt adalah faktor usia, kualitas karet buruk, ataupun perputaran mesin yang sangat panas. Cara mengatasinya cukup dengan mengganti fan belt dengan yang baru dan pastikan berkualitas tinggi.

3. Overheat

Suhu mesin atau kompresor yang terlalu panas (overheat) dapat mempengaruhi cairan freon, sehingga ikut memanas. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka bukan tidak mungkin freon akan mengalami penurunan kualitas. Akibatnya, bukan hanya AC mobil yang tidak dingin, tetapi justru terasa lebih panas. Karena freon tidak bertindak sebagai pendingin, melainkan pemanas. Cara mengatasinya :

  1. Lakukan tune up pada mesin
  2. Lakukan penggantian oli mesin
  3. Ganti sparepart yang menyebabkan overheating
  4. Ganti freon dengan yang berkualitas dan tahan panas

4. Kerusakan pada Magnetic Clutch

Magnetic clutch adalah komponen pada mobil yang mengatur perputaran mesin, agar kompresor dapat bekerja dengan optimal. Dalam menjalankan tugasnya, komponen ini memerlukan daya magnetik. Jika rusak, maka kompresor tidak dapat bekerja dan AC mobil tidak dingin. 

Ada tiga penyebab kerusakan pada magnetic clutch, yaitu kualitas, daya listrik pada mobil yang kurang, atau overheating. Agar AC mobil yang tidak dingin ini dapat teratasi, segera ganti magnetic clutch dengan yang baru. Pastikan memilih komponen yang bagus, berkualitas, tahan panas, serta cocok untuk jenis mobil Sobat We.

5. Evaporator Kotor

Penyebab AC mobil yang tidak dingin yang terakhir adalah evaporator kotor. Jika komponen ini kotor, maka dapat menghambat aliran udara yang keluar dari freon. Jangan dibiarkan berlarut-larut, selain bau, udara yang dikeluarkan pun mengandung kuman penyakit. Sehingga hal ini dapat mempengaruhi kesehatan pengendara. Cara mengatasinya cukup dengan mencuci evaporator tersebut. Namun, lebih baik percayakan saja kepada mekanik di bengkel langganan.

Selain mengetahui penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin, pemilik juga harus memperhatikan perawatannya. Minimal, dengan rutin membersihkan interior dan kondensor yang ada di bagian depan atau belakang grill. Selain itu, meminimalisir penggunaan AC, jika tidak benar-benar dibutuhkan. 

Penulis: Raka 23 Oct 2020 84