Tips dan Cara Mengumpulkan Uang untuk Anak Milenial

Tips dan Cara Mengumpulkan Uang untuk Anak Milenial

Ditakdirkan menjadi generasi milenial itu gampang-gampang susah. Dengan segala kemajuan yang ada, sungguh menawarkan gaya hidup yang serba mudah. Hingga akhirnya, tak sedikit  anak muda yang terjebak dalam lingkaran gengsi dan kehidupan yang boros. Terlihat sepele memang, tetapi sering berdampak buruk bagi keuangan. Lantas, adakah cara mengumpulkan uang bagi anak milenial?

Cara Mengumpulkan Uang untuk Membeli Rumah

Siapa bilang, anak muda tak bisa sukses dan punya rumah? Meski banyak yang terbukti, tetapi hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Anak muda masa kini memiliki kesempatan yang sama besarnya dengan orang dewasa. Jadi, memiliki hunian sendiri tanpa bantuan orang tua, itu hal yang sangat mungkin dilakukan. 

Terutama jika sudah mengerti dan memahami cara mengumpulkan uang, impian itu semakin mudah diwujudkan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membeli rumah idaman :

1. Tentukan Goals atau Tujuan 

Cara mengumpulkan uang yang pertama adalah menentukan goals. Cari, tentukan, tulis, dan tempelkan goals itu di tempat yang mudah dilihat. Selain memiliki tujuan yang jelas, cara ini juga terbukti ampuh untuk mengingatkan generasi milenial, saat mulai keluar jalur.

2. Buat Pos Pengeluaran

Pos pengeluaran ini biasanya digunakan para ibu rumah tangga untuk mengatur keuangan keluarga. Namun, anak muda pun patut mencontohnya, karena cara mengumpulkan uang seperti ini cukup berfungsi. Caranya yaitu dengan membuat pos-pos pengeluaran yang diperlukan selama satu bulan. 

3. Monthly List

Setelah membuat pos-pos secara terperinci, cara mengumpulkan uang yang selanjutnya adalah membuat monthly list. Yaitu berupa catatan tentang kegiatan yang akan dilakukan selama sebulan, misal belanja bulanan, membayar tagihan, membeli skincare, nge-gym dan lain-lain. Cara ini bertujuan untuk membatasi aktivitas yang tidak diperlukan.

Boleh sesekali nongkrong, nonton, atau hangout bersama teman-teman, tetapi pastikan tercatat di monthly list dan gunakan uang yang sesuai dengan posnya. Ingat, jangan mengambil dana dari pos lain untuk memenuhi kebutuhan hiburan ini. 

4. Lunasi Utang dan Stop Kartu Kredit

Keberadaan utang ataupun tagihan kartu kredit dapat menambah pos pengeluaran. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk segera lunasi. Jangan melakukan pemborosan hanya karena gengsi, atau tujuan itu hanya akan menjadi impian. Dengan begitu, kamu pun dapat fokus untuk menerapkan cara untuk mengumpulkan uang.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Untuk mengoptimalkan proses mengumpulkan uang, maka carilah sumber penghasilan tambahan atau pekerjaan sampingan. Pilihlah sesuatu yang bisa dikerjakan sesuai passion atau hobi dan bisa dijadikan sampingan. Seperti jualan online, content writer, jasa fotografer, dan lain sebagainya. 

6. Investasi

Semakin lama, harga rumah akan semakin tinggi. Jika hanya menabung secara manual, maka setiap tahun jumlah anggaran yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. Hal ini tentu akan menyulitkan dan memperlambat itu sampai di batas akhir tabungan. Oleh karena itu, alokasikan dana tabungan dengan terjun ke dunia investasi. 

Pilihlah yang mudah dan minim resiko, seperti investasi logam mulia atau emas batangan. Cara mengumpulkan uang seperti ini perlu dicoba, mengingat keberadaan logam mulia yang jarang terkena inflasi. Keuntungannya, harga jual atau buy back-nya akan semakin tinggi. Sangat cocok untuk mengamankan tabungan untuk tenggat yang cukup lama.

Berbekal 6 cara mengumpulkan uang di atas, memiliki rumah impian bukan lagi suatu mimpi. Jika mampu untuk membeli secara cash atau tunai, maka lakukan cara tersebut. Karena selisih harga antara cash dengan cicilan terbilang cukup banyak. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai inspirasi.  

Penulis: Raka 26 Oct 2020 79