Tempat-Tempat Rahasia Tempat Orang Menyimpan Uang Pada Zaman Dahulu

Tempat-Tempat Rahasia Tempat Orang Menyimpan Uang Pada Zaman Dahulu

Zaman dahulu, orang-orang memiliki perilaku unik dalam menyimpan uangnya. Penyebabnya adalah belum adanya sistem penyimpanan modern seperti bank dan sebagainya. Lantas, di mana saja tempat menyimpan uang zaman dahulu?

7 Tempat Menyimpan Uang Zaman Dahulu yang Unik

Keberadaan uang memang sangat penting dalam kehidupan. Itulah sebabnya, manusia selalu memiliki keinginan untuk menyimpannya. Uniknya, sebelum layanan bank menjangkau pelosok, di tempat-tempat inilah orang zaman dahulu menyimpan uang:

1. Menyelipkannya Pada Sisi Kopiah

Unik, karena zaman dahulu, kebanyakan orang terbiasa memakai kopiah yang rata-rata berwarna hitam tersebut. Di bagian tepinya memang ada ruang yang cukup untuk menyelipkan uang. Jadi, kopiah tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap pakaian saat shalat saja, melainkan juga menjadi serupa dompet. 

2. Di Dalam Sarung Bantal

Ada lagi tempat rahasia orang zaman dahulu dalam menyimpan uangnya, yaitu di dalam sarung bantal. Fungsinya adalah sebagai tabungan, sehingga tidak ketahuan orang lain. Sayangnya, kebiasaan ini seolah menjadi rahasia umum, sehingga justru rawan mengalami pencurian.

3. Menabung Pada Lubang Batang Bambu

Zaman dahulu, rumah tradisional yang memiliki tiang bambu. Itulah sebabnya, banyak orang memanfaatkan karakteristik bambu yang memiliki rongga di bagian tengah. Mereka melubanginya dan memasukkan uang logam.

Jadi, tiang-tiang bambu tersebut berfungsi ganda, yaitu sebagai penyangga rumah, sekaligus tempat menabung. Nantinya, jika ingin mengambil tabungannya, cukup melubangi bagian bawah ruas dan mengorek keluar uang logam tersebut.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Cara ini tergolong rahasia, karena hanya pemilik tabungan yang mengetahui di ruas batang bambu mana tabungannya berada. Meskipun demikian, jika ada orang yang memang berniat mencurinya, bisa saja mengerahkan ketelitian untuk mencarinya.

4. Menyimpan Lembaran Uang di Sela-Sela Buku

Tempat menyimpan uang zaman dahulu yang selanjutnya adalah menyelipkannya di sela-sela lembaran buku. Biasanya anak sekolah yang melakukan hal ini. Sayangnya, cara ini juga memiliki risiko yang tinggi. Tidak hanya hilang akibat pencurian, melainkan karena terjatuh juga.

5. Memasukkannya di Kaleng Bumbu

Cara ini tergolong favorit ibu-ibu zaman dahulu sebagai tempat rahasia menyimpan uangnya. Mereka mengumpulkan uang sisa belanja dan memasukkannya ke dalam kaleng bumbu. Harapannya, tidak ada yang menduga ada ‘harta karun’ di dapur. Namun, tidak jarang, uangnya tetap hilang juga.

6. Menyimpan Uang di Tas Atau Dompet Tua

Ada juga tempat rahasia lainnya, yaitu menyimpan uang di tas dan dompet tua. Siapa yang sangka bahwa dalam kedua benda lapuk tersebut terdapat simpanan uang? Apalagi jika menempatkannya pada sudut lemari. Sayangnya, masih ada risiko uang tersebut terlupa dan ikut terbuang ketika tas atau dompet tua tersebut disingkirkan.

7. Di Balik Foto Dalam Bingkai

Masih ada lagi tempat menyimpan uang zaman dahulu yang unik. Caranya adalah dengan membongkar pigura dan menyisipkan uang di balik fotonya. Biasanya orang melakukannya ketika menyimpan uang yang mereka sisihkan untuk keperluan khusus. Misalnya menabung untuk dana darurat.

Nah sobat WE+, itulah berbagai tempat menyimpan uang zaman dahulu yang sangat unik. Meski terdengar asing dan keamanannya belum maksimal, namun pada masa dahulu tempat-tempat itulah yang memang menjadi tempat penyimpanan terbaik dan paling mudah untuk masyarakat akses. Kini, cara penyimpanan seperti ini tentu sudah ditinggalkan. Menyimpan uang di bank menjadi opsi terbaik untuk diambil karena jelas jauh lebih aman dari resiko kehilangan. 

Penulis: Raka 14 Mar 2022 591