Siapkan Tabungan Hari Tua Mulai Sekarang!

Siapkan Tabungan Hari Tua Mulai Sekarang!

Tabungan hari tua merupakan bagian dari kegiatan pengelolaan keuangan seseorang. Adanya tabungan ini sangat penting karena tidak selamanya orang mampu bekerja mencari penghasilan. Ketika fisik sudah tidak memungkinkan lagi diajak bekerja, maka tidak akan ada lagi penghasilan. Saat itu dibutuhkan tabungan di hari tua. Inilah alasan dan tips menyiapkan tabungan hari tua yang bisa Sobat WE+ jadikan referensi. 

Alasan Menyiapkan Tabungan Hari Tua

Tabungan untuk menyambut hari tua sangat krusial sekarang ini. Sebab usia produktif tidak dapat diprediksi sampai kapan melihat banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Alasan utama mengapa seseorang harus mempersiapkan tabungan dalam menyambut hari tua karena saat hari tua itu tiba maka tidak akan ada penghasilan rutin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Tabungan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan kesehatan juga memenuhi kebutuhan sehari-hari saat sudah tidak ada lagi penghasilan yang datang. Selain itu, alasan pentingnya tabungan hari tua ini juga untuk kebutuhan sosial, misalnya untuk memberi cucu uang saku, sumbangan, merayakan hari besar, dan lain sebagainya. Pada intinya alasan menyiapkan tabungan di masa tua adalah untuk memenuhi kebutuhan tanpa merepotkan orang lain meski sudah tidak berpenghasilan lagi. 

Tips Menyiapkan Tabungan Hari Tua

Untuk bisa memiliki investasi maupun tabungan untuk hari tua perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum masa tua itu datang. Inilah beberapa tips yang bisa sobat WE+ ikuti: 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Awali dengan Membuka Rekening Khusus

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menabung. Bukalah rekening baru khusus untuk menabung. Bila perlu buat rekening yang tidak mudah untuk diambil uangnya, misalnya tidak memakai kartu ATM dan M-banking. Rutinkan pengisian rekening tabungan tersebut setiap bulan, tepatnya setelah menerima gaji bulanan. 

Tabungan yang sudah diniatkan untuk hari tua, baiknya lakukan dengan mindset jangan pernah menggunakan tabungan tersebut untuk kepentingan apapun sampai masa tua datang. Hal ini juga berlaku pada saat melakukan investasi yang memang nantinya digunakan untuk masa tua. Ambil hasilnya jika memang hari tua sudah tiba. 

  1. Merencanakan Keuangan Sederhana

Membuat perencanaan keuangan juga penting dalam mempersiapkan tabungan untuk masa tua. Perencanaan tersebut tidak perlu dibuat rumit, cukup membuat rencana keuangan yang sederhana asalkan bisa mengetahui arus pengeluaran dan pemasukan uang, itu sudah baik. Guna dari perencanaan ini adalah untuk menghindari atau menekan resiko adanya penumpukan hutang di masa tua. 

Paling mudah membuat rencana keuangan dengan menerapkan metode 50/30/20 agar bisa lebih mudah mengatur keuangan bulanan. Catat setiap pengeluaran sekecil apapun agar bisa terlihat lebih jelas lagi alur keuangan. Apalagi sekarang ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu pencatatan pemasukan dan pengeluaran pribadi dengan mudah dan praktis. 

  1. Lunasi dan Selesaikan Semua Hutang

Agar memiliki tabungan hari tua maka harus bisa menghindarkan diri dari utang. Tabungan tidak akan bisa terisi jika banyak utang yang harus dilunasi. Meski sudah mempersiapkan tabungan untuk masa tua, namun masih ada utang yang belum diselesaikan di masa usia produktif, nanti pada akhirnya tabungan masa tua malah terpakai untuk melunasi hutang yang menumpuk. Jadi, saat masih bekerja dan ada penghasilan, lunasi dan bebaskan diri dari hutang secepat mungkin. 

Cara agar lebih cepat terbebas dari hutang adalah dengan menerapkan hidup hemat, lebih bijak dalam mengeluarkan uang, serta mendahulukan pelunasan hutang daripada memenuhi keinginan seperti shopping atau pergi ke café. Hindari gali lubang tutup lubang, jangan sampai berhutang lagi jika sudah bisa terbebas dari hutang itu sendiri. Serta lebih baik hindari menggunakan kartu kredit karena hal tersebut cenderung membuat orang boros tanpa sadar.

Nah sobat WE+ itulah alasan dan tips untuk menyiapkan tabungan hari tua. Pada intinya untuk menyiapkan tabungan hari tua, harus merencanakan keuangan dengan baik supaya bisa menjaga kondisi keuangan selalu stabil, terhindar dari hutang, dan paling utama adalah menabung serta berinvestasi untuk masa tua. 

Penulis: Raka 13 Feb 2022 199