5 Investasi untuk Pemula yang Mudah, Aman dan Pasti Cuan

5 Investasi untuk Pemula yang Mudah, Aman dan Pasti Cuan

Sobat WE+, seperti yang kita tahu salah satu cara untuk mengelola keuangan kita adalah dengan menanamkannya di suatu jenis instrumen investasi. Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa dipilih seperti saham, reksadana, obligasi, dan bahkan emas. Bagi para pemula yang masih sangat baru di dunia investasi, juga tidak perlu takut dan khawatir. Sebab, ada berbagai investasi untuk pemula yang bisa dipilih. 

5 Jenis Investasi untuk Pemula Aman dan Minim Risiko

Memilih jenis investasi untuk pemula yang tepat adalah hal penting yang harus dilakukan. Sebab, para investor pemula ini cenderung belum siap menghadapi resiko investasi yang besar. Inilah beberapa jenis investasi untuk pemula yang mudah, aman, dan pasti cuan:

1. Emas

Emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan namun dapat juga digunakan untuk berinvestasi. Emas sangat cocok bagi kamu para pemula yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek. Selain itu investasi melalui emas memiliki tingkat risiko yang rendah karena harga emas cenderung naik dan stabil setiap tahunnya. Emas memang dikenal sebagai alat investasi sejak jaman dahulu karena dinilai menjadi lambang kekayaan seseorang. 

Sehingga banyak menjadikan emas sebagai investasi favorit. Jika dulu orang harus membeli emas di penjual ritel berbeda dengan sekarang karena di era serba modern ini segala hal dapat dilakukan secara virtual. Kini banyak platform terpercaya yang menyediakan jasa pembelian atau tabungan emas secara virtual yang dapat dibeli mulai dari Rp 10.000, jadi sangat mudah dilakukan dan praktis serta dalam memulainya tidak memerlukan uang yang besar.

2. Deposito

Investasi untuk pemula selanjutnya yaitu deposito yang juga sesuai untuk kamu yang ingin investasi dalam jangka pendek. Deposito juga dapat disebut sebagai tabungan berjangka karena memiliki sistem yang mirip seperti menabung namun dalam jangka waktu tertentu tabungan tersebut tidak dapat dicairkan. Dalam memilih jangka waktu pada deposito ada beberapa pilihan biasanya pihak bank akan menawarkan mulai dari tiga bulan hingga satu tahun.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Ketika kamu menginvestasikan uang pada jenis tabungan berjangka ini, biasanya pihak bank akan menawarkan keuntungan mulai dari lima hingga delapan persen per tahunnya. Uang yang sudah kamu ajukan sebagai deposito tidak dapat ditarik hingga jangka waktu yang telah kamu pilih sebelumnya memasuki tanggal jatuh tempo. Deposito juga memiliki banyak penggemar terutama bagi kalangan pemula karena memiliki risiko investasi yang sangat rendah.

3. Reksadana Pasar Uang

Investasi untuk pemula selanjutnya yang cukup mudah dan praktis karena dapat dilakukan hanya melalui smartphone yaitu reksadana pasar uang. Selain mudah dilakukan, reksadana pasar uang memiliki tingkat risiko yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk kamu para pemula yang ingin memulai berinvestasi. Kamu tidak perlu ragu dalam berinvestasi di reksadana pasar uang karena ada manajer investasi yang akan membantu mengelola dana para investornya.

4. Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Investasi untuk pemula yang cocok dilakukan untuk para milenial selanjutnya yaitu P2P Lending. Jenis investasi ini memiliki konsep mempertemukan antara pencari modal dengan pemberi modal yang dilakukan secara online melalui sebuah platform. Saat ini banyak tersedia juga platform P2P Lending berbasis syariah sehingga sangat memudahkan masyarakat muslim yang ingin berinvestasi tanpa riba.

5. Mata Uang Asing

Kebanyakan mata uang asing yang menjadi favorit para investor adalah dolar AS karena memiliki harga yang terbilang cukup stabil. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya risiko kerugian yang cukup besar. Selain itu berinvestasi pada mata uang asing juga cocok untuk kamu yang ingin mewujudkan traveling keliling dunia. 

Nah itulah tadi beberapa investasi untuk pemula yang aman dan pastinya memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan. Berinvestasi itu sangat penting terutama untuk kalangan milenial dalam menata masa depan dan juga membantu mempercepat mewujudkan impian-impian yang kamu rencanakan. Yuk, mulai investasi mu sekarang juga ya sobat WE+. 

Penulis: Raka 18 Jan 2021 38