Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tumbuhan kelor sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. Ia berasal dari India utara dengan iklim sub tropis. Namun, sobat bisa menemukan tumbuhan kelor dengan mudah di Indonesia karena ia mampu beradaptasi dengan mudah di iklim tropis Indonesia. 

Zaman dahulu, tanaman tersebut sering diambil daunnya untuk dijadikan ritual ataupun pengobatan tradisional. Namun seiring berjalannya waktu, para pakar kesehatan menemukan khasiat daun kelor untuk kesehatan serta kecantikan. Berikut informasi lengkapnya. 

Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklaim bahwa tanaman kelor merupakan “Miracle Tree”. Daunnya memiliki banyak kandungan vitamin A, B1, B2, B3, C, protein, serat hingga karbohidrat. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan tersebut berpengaruh besar terhadap kesehatan sobat. Diantaranya:

  • Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol 

Keajaiban kelor yang pertama yakni mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal tersebut dipengaruhi oleh zat nitrile dan  hioccarbamate glikosida yang terkandung dalam daun kelor. Jika sobat memiliki tekanan darah tinggi, sering-seringlah konsumsi daun kelor minimal 4x seminggu. 

  • Mengobati Rematik 

Bagi sobat yang sering mengalami sakit pada bagian sendi atau rematik, cobalah mengonsumsi daun kelor secara rutin. Sudah banyak artikel yang menjelaskan tentang cara mengolah daun kelor untuk rematik di Internet. Sobat bisa coba mempraktekkan sendiri dirumah. Pegal linu juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun kelor, lho. 

  • Mengatasi Diabetes

Beberapa pakar kesehatan telah melakukan penelitian terhadap kandungan daun kelor untuk penyakit diabetes. Hasilnya, daun kelor mampu menormalkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Jika dikonsumsi secara teratur, pasien bisa sembuh total dari penyakit gula tersebut. 

Selain itu, daun kelor juga bisa berperan sebagai insulin alami alami. Tanpa mengkonsumi makanan-makanan manis, pasien diabetes tetap bisa berenergi dari daun kelor tersebut. Tak hanya untuk pasien diabetes, daun kelor juga wajib dikonsumsi orang-orang sehat untuk mencegah adanya penyakit tersebut. 

  • Menjaga Kesehatan Mata 

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Jika dikonsumsi secara rutin, para penderita mata minus, plus, silinder hingga katarak berkesempatan untuk mendapatkan pengelihatan normal kembali. Sobat yang tidak mengalami keluhan mata, tidak ada salahnya mengkonsumsi daun kelor untuk menjaga mata agar tetap sehat. 

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan 

Setelah mengetahui manfaat daun kelor untuk kesehatan, kini sobat harus tahu tentang manfaat daun kelor untuk wajah. Khasiat ini masih jarang diketahui oleh masyarakat luas. Padahal, sobat bisa memanfaatkan kandungan daun kelor untuk perawatan kecantikan alami. Berikut informasi lengkapnya

  • Memperlambat Penuaan 

Selain untuk kesehatan tubuh, sobat bisa memanfaatkan kandungan daun kelor untuk memperlambat penuaan. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin A pada daun kelor yang mampu membuat wajah sobat tetap awet muda meski sudah memasuki usia 30. 

  • Menghilangkan Flek Hitam

Khasiat selanjutnya yaitu untuk menghilangkan flek hitam. Cara mengolah daun kelor untuk menghilangkan flek hitam di wajah yaitu dengan menumbuknya sampai halus, kemudian oleskan secara merata di wajah. Diamkan selama beberapa menit, dan lakukan serutin mungkin. Minimal 3x seminggu. 

  • Menjaga Berat Badan 

Sudah tahu apa manfaat minum rebusan daun kelor? Ya, salah satunya adalah untuk menjaga  berat badan supaya tetap stabil. Jika sobat ingin memiliki tubuh ideal, masukkan ramuan daun kelor ini kedalam menu diet sehat sobat selama kurang lebih 3 bulan. 

Ya, kesehatan sangatlah penting untuk dijaga. Tak cukup dengan memanfaatkan khasiat daun kelor saja, sobat juga perlu memahami pentingnya asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, setidaknya sobat memiliki jaminan atas tubuh sobat sendiri. Tak perlu lagi khawatir soal kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi di masa depan. 

RELATED ARTICLE:

 

Penulis: Raka 06 Jul 2020 153

Penulis: Raka
10 Jun 707
278
Penulis: Raka
11 Jun 707
169
Penulis: Raka
17 Oct 909
329