Suka Teh? Ini 5 Jenis-jenis Teh Terbaik yang Perlu Diketahui

Suka Teh? Ini 5 Jenis-jenis Teh Terbaik yang Perlu Diketahui

Menikmati secangkir teh saat suasana hujan atau dikala sore dan pagi hari memang sangat menyenangkan, Begitu juga saat cuaca panas, tinggal campur es batu sudah menjadi sajian yang menyegarkan. Siapa sangka, jika minuman yang identik dengan budaya Indonesia ini memiliki banyak varian. Jenis-jenis teh tersebut juga ada yang berasal dari luar negeri, lho sobat WE+.

Selain cocok dalam segala suasana, teh ternyata juga memiliki ragam manfaat bagi tubuh. Mulai dari efek menenangkan, mengurangi kadar kolesterol, hingga menekan risiko terkena penyakit jantung. Meski beberapa khasiat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi teh tetap menjadi teman setia. 

Jenis-jenis Teh Terbaik di Dunia

Usut punya usut, tradisi minum teh ternyata tidak hanya dimiliki oleh Indonesia saja, lho. Jepang memiliki tradisi yang biasa disebut dengan ‘Sadou’ untuk menjamu tamu bangsawan. Sementara Inggris menyebutnya dengan ‘Afternoon Tea’, yaitu tradisi minum teh pada sore hari untuk kalangan bangsawan juga. Namun, yang satu ini lebih ke arah gaya hidup bukan perjamuan. Nah, berikut adalah jenis-jenis teh terbaik di seluruh dunia:

1. Rooibos Tea dari Afrika Selatan

Rooibos Tea merupakan teh yang berasal dari daun red bush yang konon hanya tumbuh di daerah pegunungan Cedarberg, Afrika Selatan. Teh ini termasuk salah satu jenis teh herbal yang tidak mengandung kafein, sehingga banyak diminati oleh pecinta teh. Tak hanya itu, sensasi rasanya yang agak flowery membuat teh ini semakin diburu. 

2. Mate Tea dari Argentina

Sama seperti poin sebelumnya, Mate Tea atau Yerba Mate juga termasuk dalam kategori teh herbal. Hanya saja, teh yang satu ini berasal dari benua Amerika, tepatnya Argentina. Namun, tanaman Mate ini juga bisa tumbuh subur di hutan hujan Peru, Uruguay, Paraguay, Chile, dan Brazil. Sensasi rasanya sendiri cenderung ke strong dan pahit, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pengganti kopi, karena kadar kafeinnya lebih rendah.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. White Tea dari Fujian, China

Teh kok berwarna putih? Yup, teh putih atau White Tea termasuk salah satu jenis teh terbaik yang ada di dunia dan berasal dari Fujian, China. Hal ini dikarenakan teh putih tidak melalui proses produksi yang panjang alias tidak ribet. Di mana pucuk daun teh termuda, setelah dipanen akan langsung masuk fase pengeringan, lalu dijual. Saat proses pengeringan inilah, muncul bulu-bulu putih dengan ukuran sangat halus, sehingga dinamakan teh putih.

4. Teh Sencha dari Jepang

Teh Sencha atau biasa disebut dengan Green Tea termasuk jenis-jenis teh yang sangat populer. Teh yang identik dengan program diet ini memiliki aroma seperti seaweed dan earthy, lengkap dengan sensasi rasa yang segar. Teh hijau juga digadang-gadang kaya antioksidan yang sangat bagus untuk proses metabolisme tubuh. 

5. Teh Hitam dari Kayu Aro, Indonesia

Jenis teh terakhir yang patut untuk dibanggakan adalah teh hitam Kayu Aro, Jambi. Jangan salah, teh asli Indonesia ini menjadi favorit para bangsawan di Eropa dan ratu Belanda, lho. Wajar, jika teh yang berasal dari pegunungan Kerinci ini termasuk teh premium alias terbaik di dunia. 

Dengan luas mencapai 3020 hektare, kebun teh satu ini termasuk salah satu perkebunan tertua di Indonesia. Sebab, perkebunan dan tempat produksi teh hitam ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Tak hanya sensasi rasa yang sangat nikmat, dari aroma sendiri teh hitam Kayu Aro ini juga sangat tas.

Demikian jenis-jenis teh terbaik di dunia yang wajib untuk kamu icip-icip. Ingat, jangan mengkonsumsi teh secara berlebihan. Pastikan masih dalam batas normal dan imbangi dengan air putih yang cukup, terutama buat kamu yang banyak aktivitas ya sobat WE+.

Penulis: Raka 22 Jan 2021 155

Penulis: Raka
10 Nov 909
439