5 Manfaat Kopi Hitam Bagi Pria Berikut Ini

5 Manfaat Kopi Hitam Bagi Pria Berikut Ini

Kopi hitam menjadi andalan banyak kaum pekerja milenial yang ingin memulai hari-hari produktif mereka, mungkin kamu salah satu di antaranya. Meskipun terasa cenderung pahit, ada banyak sekali manfaat kopi hitam bagi pria yang rutin meminumnya. 

Kopi hitam pada dasarnya adalah minuman kopi murni yang disajikan tanpa tambahan pemanis, susu, dan krimer. Penikmat kopi sejati cenderung memilih kopi hitam bila dibandingkan kopi-kopi kekinian dengan banyak kreasi. Ketahui yuk manfaat apa saja yang bisa kamu raih dengan rutin meminum kopi hitam ini.

Manfaat Kopi Hitam

Minuman kopi hitam memiliki kadar kalori mendekati nol sehingga termasuk minuman berisiko rendah bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ada juga yang menyebutkan manfaat kopi untuk kejantanan pria. Berdasarkan kajian ilmiah, berikut manfaat kopi hitam bagi kaum pria yang kamu perlu tahu.

 

  • Menghindarkan Diri dari Disfungsi Ereksi

 

Sebuah studi di University of Texas mengungkapkan bahwa pria yang mengonsumsi sedikitnya dua gelas kopi hitam per hari akan terhindar dari disfungsi ereksi. Para peneliti percaya bahwa kandungan kafein akan memicu reaksi kimia yang akan melancarkan aliran darah ke organ reproduksi pria.

Menariknya lagi, pria dengan riwayat obesitas dan hipertensi pun dapat meraup keuntungan kopi untuk tahan lama berhubungan. Sayangnya, hal ini tidak cukup efektif bagi pria yang telah didiagnosis diabetes dan tengah menjalani terapi hormon insulin.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu yang tidak memiliki riwayat penyakit akan memperoleh manfaat lebih besar dengan mengonsumsi kopi hitam berlebihan. Justru efek ini akan semakin berkurang dengan konsumsi melewati batas rekomendasi.

 

  • Mengurangi Gejala Encok dan Asam Urat

 

Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Arthritis and Rheumatism menemukan bahwa konsumsi kopi hitam dapat menggurangi gejala terbentuknya asam urat. 

Peneliti mengungkapkan, pria yang mengonsumsi empat cangkir kopi hitam dalam sehari memiliki risiko asam urat 40% lebih rendah dari yang tidak mengonsumsi. Meskipun empat cangkir sering dinilai berlebih, namun sejauh ini tidak ditemukan bahaya kopi hitam yang berarti. Justru kebiasaan ini bermanfaat mengatasi encok.

Hal ini dimungkinkan karena kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi akan menurunkan kadar insulin. Dengan insulin yang semakin rendah maka tingkat keasaman urin yang menjadi penyebab asam urat juga semakin berkurang.

 

  • Menjaga Kesehatan Liver

 

Berbeda dengan minuman beralkohol yang memiliki efek toxic, efek samping minum kopi hitam justru nyaris tidak ada. Kopi hitam bahkan memiliki manfaat luar biasa dalam menunjang kesehatan liver kamu. 

Studi ilmiah telah membuktikan bahwa pria yang mengonsumsi kopi hitam setiap pagi memiliki risiko terkena sirosis hati 80% lebih rendah. Tidak hanya itu, riset yang sama juga menemukan bahwa penikmat kopi hitam memiliki risiko yang rendah untuk terkena kanker liver.

 

  • Mengurangi Inflamasi pada Tubuh

 

Siapa sangka jika kopi hitam memberikan kebaikan luar biasa untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi inflamasi.  Kandungan kafein ternyata memiliki kemampuan untuk menahan produksi molekul-molekul inflamasi di tubuh. Tidak heran jika ini akan menghindarkanmu dari risiko terkena penyakit degeneratif. 

Meskipun demikian, kamu tetap perlu mengimbangi cara minum kopi hitam ini dengan pola hidup sehat ya, seperti olahraga teratur, tidur cukup, dan konsumsi makanan bernutrisi.

 

  • Mengurangi Stress dan Gejala Depresi

 

Stress memiliki dampak yang begitu negatif pada kesehatan fisik dan psikis pria. Jika tidak dikelola dengan baik, stress kronis bisa mengarah pada munculnya depresi yang dapat menurunkan kualitas hidup secara signifikan.

Bagi kamu yang rentan stress, meminum kopi hitam bisa menjadi cara efektif untuk membuat moodmu lebih baik lagi. Kandungan kafeinnya juga dapat menstimulasi sistem syaraf di otak untuk memproduksi endorfin atau hormon kebahagiaan.

Dari sekian banyak manfaat kopi hitam bagi pria ini, mana yang paling menarik untukmu? Terlepas dari banyak keuntungan ini, konsumsi kopi hitam secukupnya saja ya supaya kamu tidak mengalami gangguan tidur di malam hari. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

RELATED ARTICLES:

Penulis: Raka 06 Jul 2020 170