Inilah Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Inilah Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Daun sirsak merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit. Khasiat daun sirsak ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Beberapa jenis penyakit mampu disembuhkan oleh tumbuhan di daerah tropis tersebut. Di balik buahnya yang lezat siapa sangka kandungan senyawa penting pada daunnya juga memiliki banyak manfaat.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa khasiat penting yang perlu kamu tahu:

  1. Mengatasi Penyakit Kanker

Khasiat utama dari daun sirsak yang paling populer adalah sebagai bahan alami anti kanker. Daun sirsak mengandung senyawa bernama acetogenin yang bersifat menghambat pertumbuhan adenosin triposfat dari sel kanker.

Pengobatan menggunakan daun secara alami ini konon disebut-sebut lebih cepat khasiatnya dibandingkan pengobatan kemoterapi.

Cara mengkonsumsinya cukup dengan merebus 10 lembar daun sirsak ke dalam 3 gelas air. Lalu biarkan mendidih hingga separuhnya. Dinginkan dan minum obat tersebut.

  1. Menyembuhkan Asam Urat

Kandungan senyawa daun sirsak cukup banyak, di antaranya annomuricin, asam gentisic, caclourin, annocatalin, dan asam linoleat beberapa senyawa tersebut berkhasiat membantu penyembuhan penyakit asam urat.

Cara mengkonsumsi daun sirsak untuk penyembuhan asam urat sama seperti pengobatan kanker di atas yakni dengan merebus 10 lembar daun sirsak dalam 3 gelas air lalu diamkan hingga tinggal separuhnya. Minumlah selagi kondisi hangat.

  1. Menyembuhkan Diabetes

Khasiat lainnya dari daun sirsak yang cukup penting bagi kesehatan adalah sebagai solusi herbal bagi penderita diabetes. Daun sirsak mengandung antioksidan di antaranya senyawa saponin, polifenol, dan bioflavonois yang membantu kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Tingginya kandungan antioksidan pada daun sirsak membuat bahan ini efektif melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sintesis sel kanker dan masalah penuaan dini pada kulit. Bila ingin menikmati air rebusan daun sirsak yang lebih berkhasiat, kamu bisa menambahkan madu asli pada air campurannya.

Waspada Efek Samping Daun Sirsak untuk Kesehatan

Walaupun memiliki banyak khasiat, efek samping daun sirsak tetap perlu kamu perhatikan. Bila kamu memiliki jenis penyakit komplikasi yang serius lalu ingin mengonsumsi rebusan daun sirsak sebaiknya berkonsultasi lebih dulu pada dokter. Sebab senyawa-senyawa lain dalam daun sirsak mungkin akan kontradiksi dengan penyakit kamu yang lainnya.

Salah satu efek samping yang perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin mengonsumsi air rebusan ini adalah risiko gangguan ginjal dan hati. Jangan berlebihan mengonsumsi air rebusan tersebut apalagi melakukannya tanpa konsultasi dengan dokter.

Menjaga dan Mengantisipasi Masalah Kesehatan

Sebagian orang mengonsumsi daun sirsak bahkan dilakukan dengan alasan menjaga kesehatan. Saat kamu tidak tahu bagaimana kondisi kesehatanmu saat ini, mengonsumsi sembarangan herbal alami mungkin saja malah memicu munculnya keluhan penyakit tertentu.

Mengantisipasi masalah kesehatan pun harus dilakukan dengan cara yang cerdas, tidak asal-asalan sehingga malah menyebabkan penyakit tertentu. Bila ingin mengantisipasi masalah kesehatan bisa kamu lakukan dengan tetap menjaga dan mengikuti asuransi kesehatan yang paling kamu percaya.

Usaha secara fisik dengan menjaga makanan yang sehat, nutrisi herbal dan sejenisnya bisa saja kamu lakukan, tetapi usaha dari segi biaya juga tetap diperhatikan. Sebab yang namanya penyakit kapan saja bisa terjadi walaupun kamu sudah menjaganya dengan pola hidup sehat.

Khasiat daun sirsak untuk kesehatan memang banyak, tetapi jika salah cara mengonsumsinya malah akan menyebabkan penyakit. Jaga kesehatan dirimu sejak dini, bergabunglah dengan asuransi kesehatan yang paling kamu percaya.

 

Gambar oleh Najib Zamri dari Pixabay

Penulis: Raka 06 Jul 2020 186