Punya Penyakit Asma? Hindari Hal-hal Berikut!

Punya Penyakit Asma? Hindari Hal-hal Berikut!

Halo Sobat WE+, seperti yang kita tahu penyakit asma merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap remeh karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan secara total. Hingga saat ini belum ditemukan metode penyembuhannya. Pada dasarnya serangkaian pengobatan pada penderita asma saat ini ditujukan untuk pengobatan sementara yang bermaksud untuk mencegah asma kambuh dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. 

5 Hal yang Harus Dihindari Penderita Asma

Biasanya penderita asma tidak boleh mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan gejala kambuh seperti makanan yang mengandung sulfit (udang, acar, wine, jus anggur dan lemon dalam kemasan) dan gas (bawang putih, bawang bombay, kol, kacang-kacangan, minuman bersoda, gorengan). 

Bagi seseorang yang memiliki riwayat alergi pada makanan tertentu akan berisiko mengalami reaksi alergi yang serupa seperti asma, untuk itu tidak disarankan mengkonsumsinya makanan pemicu alergi seperti produk susu hewani, seafood, gandum, telur dan lain-lain. Inilah beberapa hal yang harus dihindari oleh penderita asma:

3. Menghirup Udara Berdebu

Menghirup udara berdebu adalah pantangan yang harus dihindari penderita asma. Ketika seseorang penderita asma menghirup banyak debu akan menimbulkan reaksi alergi sehingga memicu kambuhnya penyakit asma pada penderita. 

Oleh karena itu, penderita asma harus tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat agar terhindar dari paparan debu yang berlebihan. Penggunaan alat pelindung pernapasan seperti masker sangat dibutuhkan ketika penderita menjalani aktivitas di luar ruangan atau berada di tempat dengan kondisi yang sangat berdebu.

2. Memelihara Hewan yang Memiliki Bulu

Kucing dan anjing merupakan hewan yang tidak boleh dipelihara oleh pengidap asma karena bulu pada kucing dan anjing rentan mengalami rontok. Tidak hanya bulu hewan saja yang dapat mengganggu kondisi kesehatan, penderita asma juga rentan terhadap partikel kotor seperti air liur dan kulit binatang. Maka dari itu, sebaiknya penderita asma tidak memelihara hewan yang memiliki bulu yang mudah rontok.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Melakukan Olahraga Berat

Penderita asma juga tidak diperbolehkan melakukan olahraga yang terlalu berat. Itu karena dapat membuat nafas menjadi terengah-engah akibat aktivitas fisik yang yang melampaui kemampuan orang tersebut. Kondisi tersebut dapat memicu gejala kambuhnya asma pada penderita. Untuk itu sebaiknya melakukan olahraga ringan yang tidak terlalu membebani tubuh. 

Dapat juga melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter ahli untuk menentukan olahraga yang tepat. Beberapa olahraga yang cocok dilakukan oleh penderita asma yaitu jalan santai, yoga, berenang, dan gymnastic. Serta untuk olahraga yang harus dihindari yaitu berlari, basket, sepak bola, senam aerobik, menyelam, dan ski.

4. Berada Pada Kondisi Suhu Terlalu Panas dan Dingin

Perubahan suhu lingkungan yang terlalu ekstrim akibat perubahan cuaca dapat menyebabkan gangguan di saluran pernapasan pada penderita asma. Suhu yang terlalu dingin pada suatu lingkungan dapat membuat saluran pernapasan pada penderita asma mengalami penyempitan yang dapat menimbulkan kambuhnya penyakit asma. 

Sedangkan ketika berada di suhu lingkungan yang terlalu panas juga akan menimbulkan gangguan pernapasan sehingga juga dapat memicu serangan asma. Maka dari itu, penderita asma disarankan agar dapat menempatkan diri dan mengatur perlindungan ketika cuaca sedang sangat panas atau dingin, contohnya dengan menyediakan AC di dalam rumah untuk meredam udara panas yang mendominasi daerah tropis seperti di Indonesia.

5. Mengalami Emosi yang Terlalu Kuat

Mengalami emosi yang terlalu kuat juga dapat memicu kambuhnya penyakit asma. Ketika penderita asma mengalami rasa takut, cemas, dan gembira yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit asma cepat kambuh. Selain itu juga, tingkat stres yang tinggi akibat suatu masalah juga dapat menyebabkan asma kambuh. 

Kondisi tersebut terjadi karena ketika terjadi tekanan emosi yang terlalu kuat maka terjadi perubahan denyut jantung yang lebih kuat. Ketika denyut jantung mengalami perubahan maka sistem pernapasan juga juga mengalami perubahan sehingga dapat menimbulkan serangan asma. Untuk itu sebaiknya mencoba lebih bisa mengendalikan emosi agar tidak terlalu kuat agar tidak menimbulkan serangan asma.

Nah, itulah hal-hal yang harus dihindari oleh penderita asma. Bagi Sobat WE+ yang memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya lebih berhati-hati ya dan menjauhi pandangannya agar terhindar dari serangan asma.

Penulis: Raka 17 Jan 2021 54