Diet Keto Adalah Diet Populer Yang Sering Disalahpahami

Diet Keto Adalah Diet Populer Yang Sering Disalahpahami

Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan pastinya menginginkan proses diet yang strict dan begitu memberikan efek bagi penampilan. Diet keto menjadi jalan ninja bagi sebagian orang yang ingin tampil ramping. Diet Keto adalah jenis diet yang berfungsi untuk menurunkan berat badan secara cepat hanya dalam hitungan minggu.

Beberapa orang dan ahli kesehatan menyarankan penerapan diet ini pada kehidupan sehari-hari. Namun ada juga yang memiliki pendapat kontra terhadap penerapan diet keto secara berlebihan. Lalu apa saja pro kontra yang sering dialami para pegiat diet keto, ketahui selengkapnya yuk Sobat WE+!

Mengenal Diet Keto Lebih Dalam

Menurut ahli kesehatan nih, diet keto merupakan jenis diet yang harus diaplikasikan para penderita diabetes pada kesehariannya. Diet ini melarang para pasien diabetes untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebihan. 

Bahkan mereka dibatasi hanya boleh mengonsumsi makanan yang mengandung karbo sebanyak 30 gram saja per hari.

Namun bukan berarti ketika menjalankan diet keto kamu tidak boleh mengonsumsi makanan berat seperti nasi. Kamu tetap boleh, namun juga harus dalam batas wajar, serta diarahkan untuk selalu mengonsumsi makanan tinggi protein. 

Walaupun metode diet ini banyak direkomendasikan, ternyata banyak juga yang tidak setuju penerapan diet ini dilakukan dalam jangka panjang.

Pro Kontra Penerapan Diet Keto

Diet keto atau diet ketogenik merupakan salah satu diet paling populer setelah diet Mediterania (diet mengurangi jumlah makanan berlemak) di dunia. 

Diet yang satu ini akan membuat para aplikatornya mengurangi jumlah makanan yang mengandung karbohidrat. Berat badan yang mampu turun cepat bisa mereka peroleh.

Hanya saja, banyak yang menganggap jika diet keto memiliki efek yang cukup buruk bagi tubuh, yaitu mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. 

Pernyataan ini didasari pada berbagai penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan. Sehingga banyak orang tidak menyarankan aplikasi diet ini secara berlebihan.

Kesalahan Ketika Melakukan Diet Ketogenik

Menjalankan diet keto memang tidak mudah. Kamu harus ketat memakan makanan tinggi protein dan mengesampingkan kebutuhan karbohidrat yang biasa dijadikan sumber energi. 

Simpel-nya, kamu tidak boleh sering makan nasi jika ingin tampil ramping dengan metode ketogenik.

Nah, menjalankan diet keto tidak boleh sembarangan. Karena berbagai hal di bawah ini harus dihindari ketika kamu sedang ngeto (melakukan diet keto) :

  1.   Jarang minum

Kamu sedang ngeto tapi jarang minum, hello, perlu kamu tahu ya, tubuhmu nggak sekuat itu. Jika kamu sudah meminimalisir konsumsi karbo-mu, pastikan air menjadi penopang tubuh yang harus dikonsumsi setiap waktu.

  1.   Makan zero salt food

Tubuh yang diajak untuk menjalani diet keto pastinya agak lemah dan kehilangan beberapa porsi sodium dalam tubuh mereka. Inilah mengapa kamu harus tetap konsumsi makanan dengan garam agar keseimbangan tubuh terjaga. Makanan zero-salt, go away!

  1.   Sering begadang

Kamu orang yang betah banget begadang, sampai pagi hampir fajar? Sebaiknya hentikan diet keto-mu jika kamu terus-terusan begitu. Karena diet keto tanpa diimbangi porsi tidur yang cukup, akan menjadi percuma dan sia-sia.

Tips Sukses Diet Keto Lancar

Bagi kamu yang ingin mengetahui tips diet keto, kami hanya menyarankan jaga keseimbangan tubuh dengan konsumsi makanan yang direkomendasikan dokter. Selain itu, jaga kesehatan dan seringlah minum air putih.

Bagi kamu yang sudah menjalani diet keto namun kurang yakin akan kondisi kesehatan kamu di masa depan, jangan ragu memakai jasa asuransi kesehatan. 

Mereka bisa dijadikan pilihan terakhir di kala kesehatanmu memburuk (bukan maksud mendoakan). Dengan adanya asuransi kesehatan, kamu pun bisa tenang masalah biaya pemulihan kesehatan yang akan diperlukan di masa depan.

Dari berbagai informasi yang telah kami sajikan diatas, diet keto adalah jenis diet yang baik dilakukan namun dengan berbagai batasan tertentu. Jangan sampai diet yang kamu lakukan malah menjerumuskan pada hal-hal yang tidak baik. Selamat ngeto, Sobat WE+!

RELATED ARTICLES:

 

 

Photo by Jasmin Schreiber on Unsplash



Penulis: Raka 06 Jul 2020 161