Ingin Turunkan Berat Badan? Berikut Beberapa Cara Diet Sehat!

Ingin Turunkan Berat Badan? Berikut Beberapa Cara Diet Sehat!

Diet merupakan salah satu cara yang digunakan oleh sebagian besar orang untuk menurunkan berat badan maupun menjaga berat badan tetap stabil. Tahu nggak sih? Belakangan ini muncul berbagai jenis diet yang belum tentu aman bagi tubuh. Untuk itu, sebelum menurunkan berat badan, sebaiknya kamu tahu apa saja cara diet sehat itu. 

Berat badan yang cenderung berlebih sedikit banyak akan berpengaruh terhadap tubuh, salah satunya obesitas. Untuk menghindari berbagai pengaruh buruk dari kelebihan berat badan, metode diet yang baik harus dilakukan. Nah, berikut ini adalah cara diet sehat dan benar agar kamu sukses menurunkan berat badan.

Pemula? Yuk, kurangi asupan karbohidrat harian

Mengurangi jumlah asupan karbohidrat dapat kamu pilih karena ini adalah salah satu cara diet sehat dan alami bagi pemula yang efektif. Karbohidrat yang selama ini dikonsumsi di dalam tubuh akan diubah menjadi kalori. Bagi pejuang diet, salah satu asupan yang dihindari adalah kalori jumlah tinggi.

Sudah ada berbagai penelitian yang menyebutkan jika orang dengan berat badan berlebih melakukan diet asupan karbohidrat harian, berat badannya cenderung mengalami penurunan yang signifikan. Karena itulah, jika kamu ingin sukses diet, jauhi kalori berlebih dengan cara mengurangi asupan karbohidrat harian. 

Konsumsi protein juga baik untuk pejuang diet, lho

Selain mengurangi asupan karbohidrat, rajin mengonsumsi protein dalam jumlah cukup dan dilakukan secara teratur juga bagus untuk diet. Sobat harus tahu jika diet bukan berarti tak mengonsumsi apa pun. Cara diet sehat dan cepat justru harus kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi.

Saat kamu mengonsumsi makanan protein tinggi dalam jumlah yang cukup, kamu akan merasa kenyang lebih cepat. Dengan mengonsumsi protein, kamu dapat mengurangi keinginan untuk makan dalam jumlah banyak. Tak hanya itu, dengan konsumsi protein kamu juga dapat membuang 80-100 kalori per hari.

Sedang diet, jangan biarkan perut kelaparan!

Cara pikir orang yang salah dalam melakukan diet adalah dengan membiarkan perut keroncongan tiap hari. Padahal, diet dengan metode ini justru mendatangkan keinginan untuk balas dendam. Kamu justru akan makan berlebihan di saat sore atau malam hari setelah diet lapar seharian.

Memang sudah tak dapat disangkal, banyak orang yang gagal saat melakukan diet dengan cara tak makan apa pun. Seperti yang kalian ketahui, diet cara ini justru akan membuat kalian semakin sulit untuk menahan nafsu makan. 

Air putih penting untuk kamu pejuang diet

Saat kalian melakukan diet, kalian harus memastikan tubuh selalu terhidrasi air. Air putih adalah salah satu unsur penting yang diperlukan tubuh. Kalian harus tahu, minum air putih dengan porsi yang cukup juga membantu proses diet sehatmu.

Kenyataannya, kebutuhan air tiap-tiap orang memang berbeda. Namun, bagi kalian pejuang diet, usahakan untuk minum air putih minimal dua liter per harinya.

Pejuang diet harus kurangi konsumsi garam dalam jumlah banyak

Mengurangi konsumsi garam sangat ampuh digunakan sebagai cara diet sehat dan cepat. Alasannya jelas, kandungan sodium dalam garam membuat tubuh sulit melakukan metabolisme lemak jenuh dalam tubuh. 

Alternatifnya, kamu bisa konsumsi garam laut asli karena kandungan yodiumnya lebih sedikit. Oh iya, mengurangi garam artinya bukan harus stop garam sama sekali, ya. Kamu harus ingat jika garam juga punya segudang manfaat bagi kesehatan. 

Selain untuk menurunkan berat badan, diet ternyata juga bisa kamu lakukan agar berat badanmu stabil. Dengan diet pula, gaya hidup cenderung berubah lebih sehat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah tadi beberapa cara diet sehat yang bagus dilakukan untuk kalian sebagai pejuang diet pemula. Diet yang kalian lakukan pasti akan berhasil jika kalian melakukan hal-hal yang sudah kita bahas di atas. Asalkan, kalian melakukannya secara teratur dan tetap dalam keinginan diet yang besar. 

 

RELATED ARTICLES:

 

 

Gambar oleh Gino Crescoli dari Pixabay

 

Penulis: Raka 11 Jun 707 264

Penulis: Raka
10 Jun 707
248
Penulis: Raka
06 Jul 2020
167
Penulis: Raka
17 Sep 2020
250