Jangan Ragu Mencoba, Ini 6 Cara Menurunkan Berat Badan

Jangan Ragu Mencoba, Ini 6 Cara Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebih selain kurang bagus untuk penampilan juga rawan dengan beberapa penyakit berbahaya seperti jantung. Sayangnya masih banyak orang yang melakukan cara menurunkan berat badan tanpa mempertimbangkan faktor kesehatannya. Akibatnya tidak sedikit orang yang malah sakit karena melakukan diet yang salah. Sobat We+ sebaiknya memilih cara untuk menurunkan berat badan yang aman bagi kesehatan seperti berikut ini.

6 Cara Aman untuk Menurunkan Berat Badan

1. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Kebanyakan orang terbiasa mengunyah makanan secara tergesa-gesa tanpa menyadari hal tersebut bisa membuat berat badan bertambah. Mengunyah makanan pelan-pelan akan membantu otak untuk menyadari bahwa kamu sedang makan dan merangsang datangnya rasa kenyang. 

Kebiasaan salah yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah makan sambil melakukan aktivitas lainnya seperti membaca, ngobrol dan lainnya. Tindakan seperti itu akan membuat otak kurang sensitif dan lama memproses munculnya rasa kenyang. Akibatnya porsi makanan yang kita konsumsi menjadi lebih banyak dari seharusnya.

2. Hindari Junk Food

Makanan yang cukup banyak menyumbangkan kalori untuk tubuh adalah junk food atau makanan cepat saji. Padahal sekarang di berbagai tempat jenis makanan tersebut banyak dijual dan selalu digemari orang. Makanan cepat saji pada umumnya mengandung garam dan kalori tinggi sehingga cepat menaikan timbangan.

Kamu bisa mengganti jenis makanan cepat saji tersebut dengan yang lebih sehat seperti daging ayam tanpa lemak. Atau bisa juga memilih ikan sebagai menu yang menyehatkan. Tambahkan bumbu yang menggugah selera saat mengolahnya kalau kamu memang rindu makanan cepat saji.

3. Gunakan Piring Kecil

Tahukah Sobat We+ bahwa persepsi juga akan berpengaruh pada jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang. Biasanya orang akan merasa lebih cepat kenyang kalau melihat makanannya penuh di dalam piring. Oleh sebab itu gantilah wadah makan dengan piring berukuran lebih kecil agar jumlah makanannya berkurang walaupun terlihat penuh.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Otak akan mengatakan pada kita bahwa makanan yang dimakan sudah banyak karena penuh pada wadahnya. Namun Sobat WE+ juga bisa melakukan cara sebaliknya ketika makan jenis makanan sehat. Tujuannya agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

4. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk bisa mencerna makanan dengan lebih baik. Kekurangan serat bisa membuat kamu sembelit dan susah BAB. Makanan yang tidak tercerna dengan sempurna akan ditimbun menjadi lemak di dalam tubuh dan inilah yang membuat orang gemuk.

Cukupi kebutuhan serat tubuh karena banyak manfaat yang akan didapatkan. Serat akan memperlambat pengosongan lambung sehingga tidak cepat lapar. Contoh makanan tinggi serat antara lain buah, sayur, kacang-kacangan dan sereal.

5. Perbanyak Aktivitas Fisik

Kalau pada orang yang berat badannya kurang jumlah kalori yang dibakar lebih kecil daripada asupan yang masuk maka pada orang gemuk sebaliknya. Jumlah kalori yang dikonsumsi lebih besar daripada yang dibutuhkan tubuh untuk pembakaran sehingga menjadi lemak yang disimpan. 

Cara untuk mengatasinya adalah tingkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh dengan melakukan gerakan fisik lebih banyak. Semakin banyak bergerak maka pembakaran di dalam tubuh akan semakin sering terjadi sehingga jumlah kalori tidak berlebihan.

6. Kurangi Begadang

Tahukah Sobat We+ bahwa kebiasaan begadang bisa membuat tubuh gemuk? Biasanya ketika hari semakin larut perut juga akan semakin merasa lapar sehingga membuat orang cenderung makan dan ngemil. Padahal di malam hari manusia sudah tidak melakukan aktivitas fisik yang bisa membakar kalori.

Cara menurunkan berat badan yang benar akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya. Jangan sampai terlalu terobsesi untuk kurus tanpa memikirkan kesehatan jangka panjang. Sobat WE+ bisa mencoba berbagai cara ini agar proses menurunkan berat badan bisa berjalan lancar dan tetap aman untuk kesehatan. 

Penulis: Raka 20 Jan 2021 94