9 Jenis Olahraga di Rumah yang Ringan dan Simpel

9 Jenis Olahraga di Rumah yang Ringan dan Simpel

Ingin tetap bugar dan tubuh terjaga tapi bingung olahraga di rumah apa yang bisa dikerjakan? Masa pandemi membuat banyak orang berada di rumah dan melakukan semuanya dari rumah.

Termasuk kamu kan? Enak ya tinggal makan, tidur, nongkrong di depan laptop buat kerja? Tapi masalahnya tidak sesepele itu, Sobat! Terlalu rebahan bisa bikin badan melar. Akhirnya teman-teman pangling melihat tubuhmu yang berubah saat keluar.

Untuk itu, imbangi dengan olahraga agar lemak dari tubuh minggat. Kalau bingung olahraga apa, di sini ada beberpa olahraga yang cocok dilakukan di rumah.

Jadi, kamu tetap mematuhi aturan social distancing yang ditetapkan. Yuk simak ada olahraga apa saja!

 

1. Jalan Santai atau Naik Turun Tangga

Jangan kira untuk jalan-jalan harus keluar rumah. Tidak harus.

Kamu bisa memulai jalan santai dengan memutari rumah hingga beberapa putaran.

Atau jika rumahmu memiliki tangga, manfaatkan saja dengan naik turun tangga.

 

2. Jumping Jack

Mudah dan praktis.

Olahraga ini termasuk dalam latihan kardio yang cocok dilakukan untuk pemanasan. Kalau bingung dengan gerakannya, manfaatkan aplikasi YouTube ya.

Gerakannya membuat seluruh anggota tubuh bergerak sehingga pembakaran lemak terjadi secara maksimal.

Tubuh ideal yang menjadi dambaan bukan lagi khayalan.

 

3. Push Up

Tidak punya alat olahraga apa pun di rumah? Tenang, banyak olahraga di rumah tanpa harus menggunakan bantuan alat.

Push up termasuk di dalamnya.

Bukan hanya otot lengan tetapi push up juga melatih area kaki, pantat, dan perut. Ada push up dengan gerakan yang simpel hingga bervariasi.

Pilih yang simpel saja dan biasa kamu lihat biar tidak cedera. Kalau sudah terbiasa boleh ganti gaya lainnya.

Terpenting, tetap aman ya!

 

4. Sit Up atau Crunch

Mirip dengan push up, tapi beda. Gerakan dalam olahraga ini bisa membuat perut buncit menjadi singset lagi.

Selain itu, otot-otot perut juga makin kuat. Buat kamu yang merasa otot perutnya kendur, pakai cara ini saja. Dijamin efektif!

Kalau tidak kuat melakukan sit up, lakukan crunch saja. Yaitu menaikkan setengah  badan.

 

5. Angkat Beban

Jangan merasa kalau olahraga angkat beban harus di gym dengan barbel atau dumbel.

Di rumah juga bisa, manfaatkan saja ember yang diisi air atau botol.

 

6. Stretching

Sederhana sih kedengarannya.

Tapi kalau dilakukan dengan benar, otot-ototmu akan lentur dan rileks.

Hasilnya otot akan bekerja dengan baik dan maksimal.

 

7. Plank

Kamu tahu apa manfaat olahraga plank? Bisa dibilang, manfaatnya bisa dirasakan untuk seluruh tubuhmu.

Di sini, kamu harus menahan perut dan pantat tak lupa kaki dan tangan pun turut bekerja.

Untuk pemula, lakukan beberapa detik saja jangan terlalu lama. Kalau sudah mulai bisa dan terbiasa, naikkan durasi olahraganya.

 

8. Squat

Apakah kamu merasa paha dan bokongmu cukup  besar hingga terlihat aneh? Coba langsingkan dengan olahraga squat agar makin seksi.

Tapi hati-hati ya, jangan salah teknik.

Bukannya sukses malah sia-sia karena tidak ada hasil. Kalau bingung, bisa dilakukan dengan berdiri dan duduk di kursi.

Selanjutnya lakukan sendiri tanpa bantuan kursi.

 

9. Yoga

Selanjutnya ada yoga.

Simpel saja posisinya, seperti pose biksu bertapa, pose kobra, atau child pose. Lakukan tiga menit dan dapatkan relaksasi untuk tubuh.

Yoga juga membantu membentuk tubuh menjadi indah. Jangan melakukan yoga yang rumit jika di rumah.

 

Sembilan aktivitas di atas tidak harus kamu lakukan setiap hari kok.

Bisa bergantian saat ingin melakukannya. Atau kombinasikan yang menurutmu sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Olahraga tidak harus ke gym atau di luar ruangan. Kegiatan olahraga di rumah di atas tidak kalah menyenangkan. Betul tidak?

 

RELATED ARTICLES:

 

Design photo created by pressfoto - freepik

Penulis: Raka 12 Jun 707 127