Apa Yang Harus Dilakukan Agar Hidup Sehat?

Apa Yang Harus Dilakukan Agar Hidup Sehat?

Hidup sehat merupakan hal yang semua orang harapkan. Dengan hidup sehat, seseorang bisa melakukan segala hal. Untuk mencapai hidup sehat, seseorang harus memperhatikan pola hidupnya. Nah, bagaimana pola hidup yang harus dilakukan agar hidup sehat? Berikut ini merupakan beberapa pola hidup sehat yang bisa kamu terapkan agar tetap sehat.

Hal yang Bisa Dilakukan Agar Hidup Sehat 

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Minum Air yang Cukup

Makanan sehat adalah makanan yang bisa memenuhi nutrisi tubuh seseorang sehingga gizi tubuhnya terpenuhi. Oleh sebab itu ada istilah makanan sehat berupa 4 sehat 5 sempurna yang dicetuskan oleh Prof. Poorwo Soedarmo pada tahun 1950. Di dalam makanan tersebut terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, antara lain karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Makanan 4 sehat meliputi nasi, lauk pauk, sayur mayur, dan buah-buahan. Sementara penyempurna adalah susu yang menjadi nomor lima. Selain menjaga makanan sehat, kamu perlu minum air putih yang cukup. Hal itu untuk menghidrasi tubuhnya agar tidak dehidrasi. Di dunia medis, kamu disarankan mengonsumsi kurang lebih 2 liter setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

  1. Berolahraga

Hal selanjutnya yang harus dilakukan agar hidup sehat adalah berolahraga. Rekomendasi total durasi berolahraga dari para ahli adalah 150 menit setiap hari. Kamu bisa membaginya setiap hari hingga mencapai jumlah tersebut dalam satu minggu. Olahraga yang bisa kamu lakukan tidak harus berat. Lakukan olahraga ringan yang mampu kamu lakukan. Misalnya berjalan kaki, bersepeda, yoga, lari-lari kecil, dan lain-lain.

  1. Menghentikan Kebiasan Buruk

Pada poin ini, kebiasaan buruk yang dimaksud adalah merokok, mengonsumsi alkohol, begadang, jarang makan, dan lain-lain. Mengonsumsi rokok dan alkohol membuat diri kamu ketagihan karena kandungan nikotin di dalamnya. Kandungan tersebut pula yang dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit dalam seperti paru-paru dan gangguan jantung.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Begadang dan jarang makan membuat daya tahan tubuh menurun. Akibatnya, tubuh kamu akan rentan terkena penyakit atau infeksi. Kesehatan kamu pun akhirnya mengalami gangguan. Pada umumnya, kamu memerlukan istirahat selama 7-8 jam setiap harinya.

Oleh sebab itu, mengurangi kebiasaan buruk dapat membantu kamu dalam mengupayakan hidup sehat. Memang untuk menghilangkannya sulit, namun dengan niat dan tekad yang kuat, kamu akan terbiasa.

  1. Mengelola Stres Dengan Baik

Stres bisa disebabkan oleh kurang tidur, pikiran negatif, memikirkan berbagai masalah, dan lain-lain. Pasalnya, jika stres dibiarkan akan menjadi masalah yang lebih serius seperti depresi atau gangguan mental lainnya. Hal itu tentu tidak baik dalam perjalanan kamu mengupayakan hidup sehat.

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti meditasi agar tubuh dan jiwa kamu rileks. Lakukan rutin setiap hari dan temukan perubahan dalam dirimu. Memang, masalah yang membuat kamu stres tidak akan hilang seketika. Namun, kamu akan dengan tenang mengatasinya perlahan-lahan.

  1. Mengetahui Riwayat Kesehatan 

Mengetahui riwayat kesehatan juga penting bagi kamu untuk mendeteksi apabila ada potensi penyakit baik karena bawaan genetik atau gaya hidup selama ini. Dengan mengetahui hal itu, kamu bisa mencegah sejak dini agar tidak benar-benar terjadi.

Demikianlah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar hidup sehat. Hidup yang sehat tidak hanya dipengaruhi oleh faktor fisik saja. Faktor psikologis juga berperan penting dalam hal ini. Jika kedua faktor tersebut sehat, maka tubuh kamu akan meresponnya dengan baik sehingga kamu selalu sehat.

Penulis: Raka 18 Oct 2021 55