7 Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia Tahun 2020

7 Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia Tahun 2020

Perguruan tinggi merupakan salah satu institusi pendidikan yang keberadaannya begitu disanjung tinggi, karena dianggap bisa meningkatkan taraf pendidikan anak bangsa. Dan di negara kita, sangat banyak perguruan tinggi atau universitas terbaik yang bisa dijadikan tempat menuntut ilmu dan meraih gelar sarjana. Dan berbagai universitas terbaik di Indonesia tersebut seringkali dijadikan incaran calon mahasiswa baru.  

Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia

Dari semua perguruan tinggi yang ada di negara kita, ada beberapa yang memiliki ranking teratas berdasarkan hasil penilaian sejumlah pihak, seperti Kemenristekdikti. Berbagai universitas terbaik Indonesia tersebut banyak menyita perhatian para akademisi di negara kita dengan sejumlah prestasinya. Apa sajakah universitas tersebut, berikut ini diantaranya :

  1.   Institut Teknologi Bandung (ITB)

Pernah nggak Sobat WE+ memperhatikan, kalau ITB dahulu sering berada di jajaran 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia? Hebatnya, sejak kuartal akhir tahun 2019 lalu ITB melesat menduduki singgasana universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Tidak hanya terakreditasi secara nasional, bahkan 27 prodi ITB sudah diakui di tingkat internasional, lho!

  1.   Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada memang sering nangkring di jajaran atas perguruan tinggi terbaik nasional, jadi tidak heran jika keluarga UGM termasuk yang terbaik. UGM terletak di kota Jogja, dan merupakan universitas tertua di Pulau Jawa sekaligus Indonesia. Prestasi dari anak UGM tidak perlu diragukan lagi, Sobat WE+, mereka bahkan sudah go international!

  1.   Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut pertanian yang sudah go internasional ini juga layak untuk dipertimbangkan. IPB adalah salah satu universitas terbaik tahun 2020 sesuai dengan penilaian dari Menristekdikti.  Banyak sekali mahasiswa IPB yang mengadakan penelitian dan publikasi ilmiah yang tentunya berkontribusi penting bagi masyarakat, hebat!

  1.   Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi terbaik tahun 2020 yang direkomendasikan bagi anak bangsa yang ingin meningkatkan taraf pendidikannya. Menurut Menristekdikti, UI menempati urutan ke-4 dari 10 perguruan tinggi terbaik tahun 2020. UI merupakan universitas yang sudah dikenal baik di kancah nasional maupun internasional.

  1.   Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Beralih ke Jawa Timur, ada ITS yang terletak di kota Surabaya menjadi universitas dengan ranking terbaik ke-5 se-Indonesia. Sudah lebih dari 50 tahun ITS didirikan, dan kini kiprahnya di dunia akademis tidak diragukan lagi. ITS hingga sekarang sering dipandang sebagai kampus yang penuh dengan inovasi lho, Sobat WE+!

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1.   Universitas Brawijaya (UB)

Salah satu universitas terbaik di Jawa dan Indonesia keenam ini juga sangat direkomendasikan bagi putra putri bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan. UB dikenal sebagai perguruan tinggi dengan suasana kuliah yang nyaman dan kondusif, karena ketersediaan fasilitas belajar yang memadai. Jika kamu mencari kampus dengan suasana yang nyaman dan asri, UB menjadi salah satu pilihannya.

  1.   Universitas Padjadjaran (Unpad)

Universitas Padjadjaran juga menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia menurut Menristekdikti, dan ditempatkan pada urutan nomor 7 sejak akhir tahun 2019. Tidak seperti berbagai universitas elit lainnya, Unpad cenderung membebankan biaya kuliah yang cukup ringan bagi para mahasiswanya. Inilah mengapa Unpad banyak sekali diincar oleh calon mahasiswa baru sebagai lingkungan belajar mereka selama beberapa tahun kedepan.

Itulah beberapa universitas terbaik di Indonesia menurut hasil riset dan penilaian dari Menristekdikti pada Oktober tahun 2019 kemarin. Jika Sobat WE+ disuruh memilih salah satu di antaranya, manakah yang paling ingin kamu masuki?

RELATED ARTICLES:

 

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Penulis: Raka 06 Jul 2020 1504

Penulis: Raka
20 Sep 2021
1227
Penulis: Raka
06 Aug 2022
788