5 Alasan Utama Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

5 Alasan Utama Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

5 Alasan Utama Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Halo Sobat WE+, di zaman yang telah berkembang seperti sekarang. Tentunya terdapat perubahan yang terjadi, termasuk dalam hal mendidik anak. Di masa sekarang sudah banyak orang tua yang sadar akan pentingnya pendidikan anak di usia dini. Maka tidak heran jika banyak sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) seperti preschool atau kelompok bermain. 

Tidak hanya preschool, ada juga childcare  yang menjadi pilihan alternatif untuk para orang tua yang sibuk bekerja. Di sana anak-anak akan mendapatkan perhatian dan pengasuhan yang dibutuhkan mereka selama orang tuanya bekerja. Dengan begitu, tahap pertumbuhan dan perkembangan anak tetap bisa diawasi dan diarahkan secara optimal. 

Alasan yang Wajib Diketahui Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Sobat WE+, inilah beberapa alasan pentingnya pendidikan anak usia dini:

  1. Membangun Dasar Kepribadian Anak

Di usia keemasan, perkembangan otak anak-anak akan berjalan sangat pesat. Pengalaman yang akan dilalui anak selama di usia dini akan membentuk dasar kepribadian dan mempengaruhi karakternya saat dia dewasa nanti. 

Untuk itu penting sekali memberikan contoh dan pengalaman yang positif untuk si kecil karena dia akan mempraktekkan dalam kehidupannya. Salah satunya dengan mengikutsertakan anak dalam PAUD untuk membuat mereka mendapat pengalaman yang menyenangkan yang akan diingatnya.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Mengasah Kemampuan Motorik Anak

Dengan melakukan berbagai aktivitas positif anak dapat mulai mengembangkan kemampuan motoriknya. Kegiatan belajar sambil bermain yang ada di dalam PAUD dapat membantu mengasah kemampuan motorik si kecil. Jika kamu termasuk orang tua yang tidak disibukkan dengan banyak aktivitas pekerjaan. Kamu dapat memberikan si kecil beberapa stimulasi untuk mulai membangun kemampuan motoriknya. 

Untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar kamu bisa mengajaknya melakukan aktivitas fisik seperti melakukan olahraga atau sekedar jalan-jalan di kompleks rumah. Melatih motorik halus si kecil juga perlu dilakukan. Contohnya dengan mengajaknya bermain puzzle atau permainan lain yang melibatkan motorik halus si anak.

  1. Agar Anak Bisa Bersosialisasi Sejak Dini

Melalui pendidikan anak usia dini (PAUD) anak akan belajar bersosialisasi dengan bertemu teman-temannya. Kemampuan bersosialisasi menjadi hal penting yang harus dimiliki anak. Semakin cepat anak belajar bersosialisasi maka akan semakin cepat pula dia memiliki rasa kepercayaan diri dan dapat mengatasi rasa pemalunya. Jika rasa pemalu dan tidak percaya diri pada anak dibiarkan begitu saja akan menghambat perkembangan sosialnya.

  1. Menumbuhkan Rasa Hormat Anak Kepada Orang yang Lebih Tua

Selama si kecil berada di PAUD, dia akan diajarkan untuk menghargai dan bersikap hormat terhadap gurunya setiap hari. Hal tersebut dapat membuat dia menjadi terbiasa untuk menghargai dan menghormati orang lain yang lebih tua. Dengan begitu dapat membentuk karakter yang sopan dan patuh terhadap orang tua.

  1. Melatih Kesabaran Anak Sejak Dini

Di usia dini kesabaran anak juga sudah di uji. Selama anak berada di PAUD dia akan banyak terlibat dengan pengalaman sosial. Pada waktu tersebut anak bisa mengeksplorasi dan melatih kesabarannya. Di PAUD anak akan diajarkan untuk disiplin menunggu giliran ketika hendak melakukan sesuatu. Atau dalam kegiatan mengantri makan siang yang akan menimbulkan dan melatih kesabaran si kecil.

Bagaimana? Apakah Sobat WE+ sudah siap mendidik si kecil di masa keemasannya? Pendidikan anak usia dini memang penting sebagai pondasi kepribadian anak nantinya. Sebagai orang tua juga harus belajar cara mendidik anak yang baik dan benar. Agar dia dapat tumbuh menjadi seorang yang hebat dan membanggakan di masa depan! 

Penulis: Raka 09 Jun 2021 11