Ingin Mengikuti Kelas Online? Ini 7 Hal yang Harus Dipertimbangkan

Ingin Mengikuti Kelas Online? Ini 7 Hal yang Harus Dipertimbangkan

Halo Sobat We+, di masa pandemi ini, kelas online banyak dipilih sebagai sarana mencari ilmu tanpa harus keluar rumah. Banyak sekali tawaran kelas online, baik mengenai pelajaran maupun keterampilan. Nah, bagi kamu Sobat We+ yang hendak mengikuti kelas online, di bawah ini 7 hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil kelas. Dengan pertimbangan yang matang, kelas online yang diikuti diharapkan bisa berjalan lancar. 

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengambil Kelas Online

  1. Memilih Materi Sesuai Target

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum mengikuti kelas online adalah materi kelas. Pilihan kelas online harus sesuai minat kamu Sobat We+ agar capaian ilmu juga lebih maksimal. Jangan sampai sekadar mengikuti kelas online tanpa tahu materinya apa. Jika kamu pergi ke sebuah lembaga kursus, tanyakan sedetail mungkin materi yang bakal kamu dapat ketika mengikuti kelas online yang sudah kamu pilih.

  1. Pastikan Memiliki Koneksi Internet Stabil

Koneksi adalah hal primer dalam mengikuti kelas online ya Sobat We+! Tanpa koneksi internet kamu tidak akan bisa mengikuti kelas online. Namanya saja kelas online, pasti butuh koneksi internet. Namun, tidak hanya koneksi internet saja ya, masih ada lanjutannya yaitu harus stabil.

Beberapa lembaga penyelenggara kelas online memberikan materi secara live streaming yang mengharuskan koneksi internet stabil. Jika tidak stabil, kamu akan kehilangan banyak materi sebab buffering saja. Ada pula penyelenggara kelas online yang memberikan materi berupa video untuk diunduh dan dipelajari sebelum materi berlangsung melalui chat grup. Apapun bentuk materinya, koneksi internet harus stabil ya!

  1. Materi Berkualitas dan Lengkap

Sobat We+, sebelum kamu benar-benar memutuskan mengikuti kelas online sesuai minat kamu, survei dulu penyelenggara kelas online yang kamu ketahui ya. Pada poin satu sudah dijelaskan bahwa kamu harus memilih materi sesuai target. 

Pada pon ketiga ini kamu disarankan agar selektif memilih materi ya! Sebab beberapa penyelenggara kelas online hanya memberi iming-iming materi yang super namun pada pengaplikasiannya malah zonk tidak sesuai ekspektasi.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Menentukan Tutor yang Seru dan Mudah Dimengerti 

Tutor adalah subjek paling intim yang berhubungan dengan murid. Tutor adalah guru yang mengajar materi pada kelas online yang kamu pilih. Melalui tutor lah suatu pelajaran akan sampai pada muridnya. Jika kamu salah memilih tutor, kamu akan merasa tidak nyaman. 

Alih-alih mendapat pelajaran, malah tidak masuk sama sekali dan membosankan. Carilah tutor yang seru ya sobat We+! Sebab kelas online sangat membosankan tanpa tutor yang dapat membawa suasana.

  1. Video atau Materi Interaktif

Saat kamu mengikuti kelas online, biasanya akan diberi video maupun materi juga. Biar kamu tidak bosan lagi, carilah kelas online yang menyediakan video atau materi yang interaktif. Artinya kamu tidak hanya membaca isi materi, namun secara tidak sadar kamu merasa berinteraksi dengan materi yang ada di dalamnya. 

  1. Testimoni Alumni

Sobat We+ pasti tidak asing dengan testimoni kan? Kamu wajib deh cari testimoni dari penyelenggara kelas online yang sedang kamu ikuti. Nah, biasanya di lembaga yang sudah eksis maupun terkenal akan menampilkan testimoni para alumni. Cermati ulasan dari berbagai alumni ya sobat We+! Kamu bakal tahu keunggulan dan kekurangan di sana.

  1. Cari kelas Online dengan Tutor yang Berpengalaman

Wah, membicarakan tutor tampaknya tak ada habisnya ya Sobat We+! Bagaimana tidak? Tutor adalah subjek inti pembelajaran. Oleh sebab itu, carilah tutor yang benar-benar berpengalaman dengan jam terbang yang sudah tinggi. Tidak perlu mencari tutor dari lulusan universitas saja, namun carilah yang berpengalaman dan sudah terbukti. Ini bisa kamu lihat di testimony juga ya Sobat We+!

Demikianlah 7 hal yang harus diperhatikan ketika kamu ingin mengikuti kelas online Sobat We+. Rencanakan terlebih dahulu minat yang akan kamu ambil dan budget yang sesuai kantongmu. Mahal ataupun murah kelas online, jika kamu belajar dengan sungguh-sungguh maka akan mendapat hasil maksimal! 

Penulis: Raka 21 Jun 2021 41