Ingin Kuliah? Kenali Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya

Ingin Kuliah? Kenali Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya

Salah satu pertanyaan mendasar bagi seorang yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah apa jurusan yang akan diambil dan apa pekerjaan yang cocok? Jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya adalah dua hal penting yang harus diketahui oleh calon mahasiswa.

Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya

Banyaknya jurusan kuliah terkadang justru membuat Sobat bingung untuk menentukan pilihannya. Berikut beberapa jurusan beserta pekerjaannya yang bisa menjadi referensi kamu.

  • Akuntansi

Bisa jadi ini salah satu jenis jurusan kuliah populer di perguruan tinggi, mengingat prospeknya yang sangat bagus. Boleh dibilang, lapangan kerja bidang akuntansi “tidak ada matinya”. Selagi sistem keuangan masih berputar, sampai kapanpun ahli akuntansi terus dibutuhkan.

Bagaimana dengan prospek kerjanya setelah lulus dari jurusan akuntansi? Selain berprofesi sebagai akuntan, sobat bisa melamar kerja menjadi manajer, pegawai bank, auditor, atau seorang konsultan. 

  • Teknik Informatika

Saat ini, hampir semua lapangan pekerjaan tidak bisa lepas dari peran komputer. Bahkan, ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa berjalan tanpa perangkat komputer. Itu artinya, jurusan kuliah yang berkenaan dengan komputer punya lapangan kerja yang kinclong.

Jika Sobat suka dengan dunia komputer dengan segala aplikasi dan perangkat lunaknya, jurusan teknik informatika cukup recommended. Jenis program studi di perguruan tinggi ini punya prospek kerja yang bagus. Kamu bisa jadi programmer, game developer, atau bekerja di lembaga pemerintah/swasta.

  • Arsitektur

Arsitektur termasuk program jurusan kuliah yang cukup bergengsi dengan prospek pekerjaan yang sangat bagus pula. Di negara berkembang, termasuk Indonesia, ilmu teknik arsitektur sangat dibutuhkan. Jurusan ini mempelajari bagaimana membuat konstruksi suatu bangunan.

Bagaimana dengan lapangan kerja untuk alumni jurusan teknik arsitektur? Jangan khawatir, Sobat yang lulus sebagai insinyur bisa bekerja sebagai pengembang atau kontraktor. Atau, berprofesi sebagai konsultan di instansi pemerintah dan perusahaan swasta.

  • Kedokteran

Satu-satunya jenis jurusan di bangku kuliah yang punya misi sosial, selain urusan pekerjaan adalah kedokteran. Ilmu kedokteran akan terus dibutuhkan, selagi masih ada kehidupan di dunia ini. Menjadi dokter juga pekerjaan yang sangat mulia.

Untuk itu, Sobat tak perlu khawatir soal pekerjaan setelah lulus jadi dokter, karena banyak lapangan kerja menanti kamu. Seorang dokter tidak harus bekerja di rumah sakit atau klinik. Untuk kamu yang tidak ingin terikat pekerjaan juga bisa membuka klinik sendiri.

  • Kimia

Untuk masuk jurusan kuliah ini tidak mudah. Sobat harus bisa menghafal berbagai teori, rumus, atau simbol-simbol kimia. Berbeda dengan pelajaran kimia di SMA yang hanya mempelajari teori kimia dasar. Di perguruan tinggi, kamu akan belajar tentang kimia analitis dan organik.

Oleh karena untuk menguasai ilmu kimia butuh skill yang tinggi. Maka, sebagai kompensasinya, pekerjaan yang ditawarkan pun punya gaji tinggi. Untuk alumni jurusan kimia bisa bekerja di berbagai sektor industri, mulai industri makanan dan minuman, tekstil, kulit dan alas kaki, dan lain-lain.

  • Administrasi Perkantoran

Sobat yang masuk di jurusan ini akan didik bagaimana menguasai ilmu administrasi suatu perusahaan. Setelah lulus, kamu bisa bekerja di kantor-kantor pemerintah maupun swasta. Pekerjaan yang digelutinya bisa menjadi staf administrasi atau sebagai sekretaris.

  • Pemasaran

Jurusan manajemen pemasaran juga menjadi salah satu jenis jurusan kuliah favorit di perguruan tinggi. Kenapa? Karena jurusan ini punya prospek pekerjaan yang bagus. Sobat bisa berprofesi sebagai ahli marketing di perusahaan-perusahaan pemerintah/swasta.

Banyak perusahaan saat ini yang membutuhkan tenaga marketing yang skilled dan kreatif untuk mendongkrak penjualan. Bahkan, jika tidak ingin bekerja pada orang lain, seorang lulusan manajemen pemasaran sudah dibekali ilmu cara berbisnis, sehingga bisa membuka usaha sendiri.

Setiap jurusan memiliki prospek pekerjaan masing-masing. Jadi, yakinlah jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya harus benar-benar sobat ketahui sebelum mengambilnya.

RELATED ARTICLES:

 

School photo created by drobotdean - freepik

 

Penulis: Raka 06 Jul 2020 139