5 Langkah Mudah Belajar Bahasa Mandarin Sampai Lancar

5 Langkah Mudah Belajar Bahasa Mandarin Sampai Lancar

Halo Sobat We+, seperti yang kita tahu bahwa belajar bahasa mandarin cukup berbeda dengan belajar bahasa asing lainnya. Selain belajar arti kata serta pengucapan yang benar, kamu juga harus mempelajari aksara non-latin dan huruf latin. Namun bukan hal yang mustahil kamu belajar bahasa Mandarin secara otodidak, selama cara yang kamu gunakan benar. Lalu, bagaimana cara belajar bahasa Mandarin yang tepat supaya cepat menguasainya? 

Langkah Mudah Belajar Bahasa Mandarin

  1. Mempelajari Pinyin

Hal pertama yang wajib kamu pelajari dalam bahasa Mandarin adalah Hanyu Pinyin atau Pinyin. Pinyin jika diartikan secara harfiah adalah bunyi bersama bahasa. Pinyin adalah bentuk romanisasi dalam bahasa Mandarin yang akan sangat memudahkan pemula untuk belajar bahasa Mandarin. 

Mempelajari pinyin sangat penting bagi pemula supaya dapat melafalkan kata dalam bahasa mandarin dengan intonasi yang tepat. Sehingga kamu akan terhindar dari kesalahan dalam pelafalan ketika mempelajari bahasa Mandarin dasar. 

  1. Mempelajari Intonasi

Berbeda dari bahasa asing lainnya, dalam bahasa mandarin setiap kata memiliki intonasi yang dapat membedakan artinya. Kata yang sama dengan intonasi yang berbeda tentu akan menghasilkan arti yang berbeda pula. Perbedaan arti kata terletak pada intonasinya. 

Intonasi dalam bahasa Mandarin ada 4 jenis, yaitu intonasi datar (ping), intonasi naik (shang), intonasi memantul (qu), dan intonasi agak menghentak (ru). Intonasi ini akan terlihat dalam penulisan pinyin.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Melatih Pendengaran dengan Bahasa Mandarin 

Bagi pemula tentu kamu akan merasa belum familiar dengan bahasa Mandarin. Untuk itu kalau memang ingin mempelajarinya dengan serius, kamu juga harus mulai melatih pendengaran dengan audio berbahasa Mandarin. Bisa dari lagu, film, audio novel, maupun rekaman percakapan dalam bahasa Mandarin. 

Dengan membiasakan diri melatih pendengaran, maka kamu akan semakin familiar dengan bahasa Mandarin sehingga akan membuat kamu lebih mudah mempelajarinya. Bisa karena terbiasa. Dengan melatih pendengaran juga kamu akan semakin mudah menguasai pinyin beserta intonasinya secara tepat. 

  1. Latihan Menulis

Selain dari membaca pinyin, belajar intonasi dan melatih pendengaran, kamu juga harus mulai latihan menulis. Bagian dari belajar bahasa Mandarin yang terpenting adalah kemampuan menulismu. Latihlah dirimu untuk menulis semua huruf Mandarin. Lakukan secara bertahap sekaligus mencari artinya serta bagaimana penggunaannya dalam setiap kalimat.

Take a baby step. Setidaknya dalam sehari kamu latihan menulis 5 hingga 10 kata dalam bahasa Mandarin. Jangan hanya sebagai latihan menulis saja, tapi juga sekaligus memahami arti dan penggunaannya dalam kalimat, bagaimana intonasinya, dan hafalkan. Jika sehari saja kamu menulis 5-10 kata, maka dalam 1 bulan kamu sudah berhasil menguasai 150 sampai 300 kata dalam bahasa Mandarin. 

  1. Menggunakan Bahasa Mandarin dalam Kehidupan Sehari-hari

Belajar bahasa asing harus dilakukan setiap hari dan secara konsisten. Salah satu supaya kamu cepat menguasai bahasa Mandarin adalah dengan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Akan lebih efektif lagi kalau kamu memiliki teman yang juga memiliki minat dalam bahasa Mandarin atau native speaker yang akan membantumu latihan bercakap-cakap menggunakan bahasa Mandarin. 

Demikian penjelasan mengenai 5 langkah mudah belajar bahasa Mandarin sampai lancar. Semoga dengan tips ini, sobat WE+ bisa terbantu untuk menguasai bahasa yang satu ini ya! 

Penulis: Raka 09 Aug 2021 72