Wisata Banyuwangi yang Asik Dimana Ya? Ini Daftarnya!

Wisata Banyuwangi yang Asik Dimana Ya? Ini Daftarnya!

Halo Sobat WE+, menjelang musim liburan memang paling asik pergi berlibur ke destinasi wisata yang keren. Terletak berdekatan dengan pulau Bali, Banyuwangi menjadi daerah di Jawa Timur yang dikenal memiliki banyak destinasi wisata. Wisata Banyuwangi terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah dan mengagumkan. Tak kalah dengan pulau Bali, Banyuwangi memiliki keindahan pantai yang sangat eksotis, beberapa pantai tersebut seperti Pantai Pulau Merah dan Pantai Plengkung.

Tak hanya pantai, beberapa wisata alam lainnya seperti gunung, air terjun, dan lain-lain. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba berkunjung ke Banyuwangi untuk pergi berlibur alih-alih memilih ke Bali yang pastinya sangat ramai saat musim liburan tiba. Bagi kamu yang berencana mengunjungi Banyuwangi sebaiknya mampir ke destinasi wisata berikut ini.

Destinasi Wisata di Banyuwangi 

  1. Pantai Pulau Merah

Asal usul nama pantai ini diambil dari pulau kecil yang memiliki bukit yang tidak jauh dari bibir pantai dan uniknya pulau tersebut memiliki warna tanah berwarna kemerahan. Saat air laut sedang surut kamu bisa menuju ke pulau kecil tersebut dengan mudah yakni hanya dengan berjalan kaki. Pantai Pulau Merah juga dikenal memiliki pasir pantai yang halus dan memudahkan pengunjung terutama untuk kalangan anak-anak saat bermain pasir pantai. Tidak hanya itu, Pantai Pulau Merah juga memiliki gulungan ombak yang indah sehingga menjadi surganya para penggemar surfing atau selancar.

Gulungan ombak di Pantai Pulau Merah tergolong aman untuk peselancar pemula, di sana kamu tidak perlu khawatir karena tersedia tempat persewaan papan surfing. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membawa papan surfing saat pergi ke Pantai Pulau Merah ya Sobat WE+. Untuk lokasinya terletak di Dusun Pancer, Sumberagung  Pesanggaran, Banyuwangi Regency, Jawa Timur atau terletak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi dengan rata-rata waktu tempuh sekitar dua jam.

  1. Kawah Ijen

Wisata Banyuwangi satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi pecinta traveling, keindahan Kawah Ijen sudah banyak diketahui wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawah Ijen terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso, tidak hanya keindahan kawahnya yang berwarna kehijauan disini juga terdapat tambang belerang yang ikonik dan menjadikannya sebagai daya tarik bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

 Adanya fenomena blue fire atau api berwarna biru di Kawah Ijen menjadikan wisata alam ini menjadi destinasi kebanggaan Banyuwangi. Api tersebut muncul karena terbakarnya gas sulfur yang muncul dari retakan Gunung Ijen, blue fire yang ada di Kawah Ijen menjadi fenomena blue fire terbesar di dunia. 

Untuk menikmati keindahan Kawah Ijen, kamu mendaki dengan jarak tempuh sekitar tiga kilometer untuk pergi ke sana kamu harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Banyuwangi tepatnya ke Kecamatan Licin selanjutnya menuju pos pertama pendakian yang disebut Paltuding.

  1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Banyuwangi yang tidak boleh dilewatkan. Saat berkunjung ke Banyuwangi sempatkan waktu singgah ke Taman Nasional Baluran karena kamu akan mendapati pemandangan bak di film-film dan video klip. Pemandangan savana yang ada di Taman Nasional Baluran ini merupakan daya tarik utama yang akan membawamu seakan-akan berada di Afrika. 

Selain dapat menikmati indahnya savana disana kamu juga akan menjumpai satwa-satwa liar seperti rusa dan mengambil foto bersama rusa-rusa yang menggemaskan tersebut. Untuk lokasinya, Taman Nasional Baluran terletak di Randu Agung  Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur meskipun masuk ke wilayah Situbondo taman nasional ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Banyuwangi karena letaknya yang sangat dekat sekitar satu jam setengah dari pusat kota Banyuwangi.

 

Biar Sobat WE+ tidak terlalu bingung memilih, tiga rekomendasi wisata Banyuwangi di atas bisa kamu kunjungi saat pergi berlibur ke Banyuwangi bersama keluarga, sahabat, atau pasangan. Dijamin liburan kamu di Banyuwangi bisa berkesan dengan berbagai destinasi yang indah!

Penulis: Raka 25 Nov 2021 16