Liburan Keluarga Enaknya Kemana atau Ngapain Ya?

Liburan Keluarga Enaknya Kemana atau Ngapain Ya?

Halo Sobat WE+, hal paling menyenangkan saat waktu liburan tiba yaitu menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang. Sebelum adanya pandemi liburan keluarga biasanya diisi dengan kegiatan di luar ruangan. Contohnya seperti pergi ke pantai, berkemah di pegunungan, mengajak anak-anak ke taman bermain, pergi ke pusat perbelanjaan, atau menonton film di bioskop, dan lain-lain. Namun, kegiatan-kegiatan menyenangkan tersebut saat ini sangat perlu dibatasi mengingat pandemi virus Corona di Indonesia belum kunjung usai.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir meskipun kegiatan berlibur di luar rumah memang lebih menyenangkan daripada berdiam diri di rumah. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan produktif lainnya untuk mengisi waktu liburan dengan menghabiskan waktu liburan di rumah saja. Kamu turut melindungi orang lain dan orang-orang tersayang dengan membatasi diri melakukan kegiatan di luar rumah. Ada beberapa kegiatan yang bisa mengisi waktu liburan bersama keluarga supaya tidak merasa bosan, berikut ini kegiatan yang bisa kamu lakukan!

Kegiatan untuk Mengisi Liburan Keluarga di Rumah

  1. Memasak Bersama

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga ini cocok dilakukan ibu bersama dengan anak-anaknya. Dengan melakukan kegiatan tersebut, para ibu muda bisa meningkatkan bonding dengan anak-anaknya, memasak juga dapat dijadikan media untuk mengajarkan si kecil agar lebih menghargai makanan. Para ibu bisa menjelaskan bahwa sebuah makanan dibuat  dengan penuh kasih sayang dan tidak boleh disia-siakan begitu saja karena itu sama saja dengan menyia-nyiakan kasih sayang ibu.

Hal tersebut bisa diterapkan bagi ibu-ibu muda yang bingung cara mengatasi si kecil yang suka pilih-pilih makanan, memasak bersama keluarga memang ide kegiatan yang sederhana. Namun, memiliki pengaruh yang kuat dalam meningkatkan jalinan kasih antara anggota keluarga. Kamu bisa membuat masakan favorit atau mencoba resep masakan baru yang bisa didapatkan dengan mudah di internet.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Maraton Serial Drama Favorit

Jika biasanya kamu disibukkan dengan rutinitas kerja yang padat dan tidak sempat menonton serial drama favoritmu, di waktu liburan ini kamu bisa mengisinya dengan  maraton serial drama kesayangan bersama keluarga di rumah. Jika selera film tiap anggota keluarga berbeda kamu bisa mencari serial drama atau TV series yang lain agar tetap bisa menonton film bersama keluarga. 

Kegiatan ini memang bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu waktu liburan. Akan tetapi akan lebih baik jika dalam kondisi pandemi seperti sekarang kamu menghabiskan waktu liburan dengan menonton serial drama di rumah daripada pergi berkerumun di luar.

  1. Membaca Buku

Saat ini banyak kalangan anak muda yang mulai tidak tertarik membaca buku dan lebih memilih bermain game, menonton Youtube, dan bermain media sosial. Maka dari itu, bagi para ibu-ibu muda sebaiknya ajarkan si kecil untuk membaca beberapa buku bacaan, jangan memulainya dengan buku-buku ilmiah atau buku akademis lainnya. 

Biarkan mereka memulainya dengan membaca buku dongeng, buku cerita bergambar, dan buku dengan topik ringan dan disukai anak-anak. Nanti, lambat laun mereka akan terbiasa membaca buku dan ketika di beranjak remaja akan terbawa dengan kebiasaannya yang suka membaca.

  1. Berkebun

Mengajarkan kasih sayang kepada sesama makhluk hidup tidak hanya dengan merawat hewan peliharaan, tapi para orang tua juga bisa dengan mengajak anak-anaknya berkebun. Dengan merawat tanaman orang tua bisa mengajarkan pentingnya tanggung jawab dan rasa kasih sayang dalam merawat tanaman kepada anak-anak. Memang terlihat simpel namun kegiatan ini bisa menjadi pengisi waktu liburan sekaligus waktu untuk mendidik anak dengan baik.

Nah, setelah membaca pembahasan di atas, sekarang Sobat WE+ lebih memilih liburan keluarga dengan melakukan kegiatan apa? Jika kamu memutuskan untuk berlibur ke luar sebaiknya pastikan kondisi anggota keluarga dalam keadaan baik dan selalu patuhi protokol kesehatan ya.

Penulis: Raka 18 Oct 2021 61