6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Melakukan perjalanan jauh jalur darat atau road trip merupakan salah satu kegiatan yang dinantikan saat momen liburan. Berkendara menggunakan mobil sambil menikmati pemandangan sepanjang jalan akan terasa menyenangkan pada awalnya.

Namun, terkadang ada beberapa kejadian darurat yang membuat Sobat WE+ merasa khawatir, sehingga perjalananmu jadi tidak nyaman. Meskipun demikian, kamu bisa mengantisipasi hal-hal tersebut dengan mempersiapkan beberapa hal sebelum melakukan perjalanan. Apa saja yang perlu disiapkan? Simak tipsnya berikut ini!

1. Membawa Uang Tunai

Di era modern saat ini, sobat WE+ mungkin sudah terbiasa menggunakan uang elektronik atau menggesek kartu saat melakukan transaksi, bukan? Namun, pada kenyataannya masih ada beberapa tempat yang tidak dapat menerima pembayaran non-tunai (cashless), terutama jika kamu bepergian ke kota-kota kecil dan melewati rute perjalanan yang jauh dari pusat kota. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan sejumlah uang tunai untuk berjaga-jaga, sobat WE+.

2. Siapkan Hiburan dalam Perjalanan

Melakukan perjalanan jauh dengan suasana hening tentu membosankan. Belum lagi jika kamu bertemu dengan kondisi jalanan yang macet. Tetapi, jangan jadikan hal ini sebagai halangan untuk kamu tetap bepergian dengan asyik ya, sobat WE+.

Suasana membosankan bisa diatasi dengan beberapa hal, salah satunya adalah mengunduh lagu-lagu favorit dan menyatukannya dalam sebuah playlist. Melansir Huff Post, seorang travel blogger, Angella Jensen, mengatakan bahwa kumpulan lagu yang ceria dan menyenangkan akan membuat energi dan mood tetap dalam keadaan baik. Selain itu, kamu juga dapat mengunduh berbagai permainan menarik, membawa mini game board atau buku kesukaan.

3. Siapkan Makanan dan Minuman Ringan

Meskipun terkadang tujuan bepergian adalah menikmati kuliner sepanjang jalan, tidak ada salahnya jika kamu tetap membawa persediaan makanan atau minuman ringan sebagai camilan. Melansir Huff Post, seorang penulis web travel, Paul Johnson, menyarankan agar menyediakan buah, protein bar, sayuran, dan jangan lupa untuk minum air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi, karena dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan mudah tersinggung. Tentu kamu tidak mau perjalanan terganggu karena hal ini, bukan?

4. Antisipasi Keadaan Darurat 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Ketika sudah merencanakan perjalanan dengan baik, kamu tetap perlu mengantisipasi kondisi darurat, seperti perubahan cuaca ekstrem, mobil mogok, dan ban kempes. Hadir menjadi solusi, kini aplikasi WE+ menyediakan Layanan Darurat Perjalanan yang siaga 24 jam untuk membantu Sobat WE+ mengatasi kondisi darurat di perjalanan, mulai dari layanan derek, battery boosting atau battery jump starting, layanan pengiriman bensin, layanan mengganti ban, hingga layanan tukang kunci.

Kamu cukup membuka aplikasi WE+ dan klik banner Layanan Darurat Perjalanan di halaman utama, kemudian ikuti petunjuk pembelian hingga layanan daruratmu aktif. Seluruh layanan darurat perjalanan ini akan dikerjakan oleh teknisi yang tersertifikasi, sehingga kamu tidak perlu repot dan khawatir lagi tentang kenyamanan perjalanan.

5. Berangkat Lebih Awal

Jika kamu ingin menghindari kondisi jalan yang ramai dan macet, mulailah perjalanan saat pagi hari bahkan saat matahari belum terbit. Berkendara di pagi hari juga membuat kamu bisa lebih cepat sampai tujuan dan tidak perlu melakukan perjalanan di malam hari, karena hal itu cukup berbahaya bagi keselamatanmu. Tetapi, pastikan malam sebelumnya kamu mendapatkan istirahat yang cukup, ya!

6. Mengunduh Aplikasi Bantuan Perjalanan Darat

Terdapat berbagai aplikasi bantuan yang bisa mempermudah perjalananmu untuk menemukan tempat sesuai kebutuhan. Kini, aplikasi WE+ hadir dengan fitur direktori yang terhubung langsung dengan Google Map, untuk melengkapi perjalananmu, mulai dari petunjuk lokasi rest area, pengisian bahan bakar, rumah sakit, bengkel, hingga lokasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di berbagai negara.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa membantu kamu ketika akan melakukan perjalanan jauh. Bagaimana, Sobat WE+? Sudah siap merencanakan perjalananmu? Kemana pun tujuannya, jangan lupa dipersiapkan dengan baik dan hati-hati di jalan!

 

WE+ Smart Insurance Marketplace

Bella Barliana

Penulis: Raka 10 Apr 2023 957