Wajib Baca, Ini 5 Gejala Sakit Ginjal yang Harus Diketahui

Wajib Baca, Ini 5 Gejala Sakit Ginjal yang Harus Diketahui

Mengetahui beberapa gejala sakit ginjal adalah hal penting yang harus dilakukan. Sebab, ginjal adalah organ yang memiliki fungsi penting untuk tubuh, yaitu untuk menyaring dan membuang limbah dari dalam tubuh berupa urin. Selain itu, ginjal juga mengeluarkan hormon yang berfungsi mengatur produksi sel darah merah. Jika terganggu fungsinya, risiko fatal berupa kematian dapat terjadi. Jadi, sebaiknya kamu mulai mewaspadai gejala sakit ginjal yang mungkin terjadi ya.

Gejala Sakit Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan

Secara umum, tubuh manusia memerlukan konsumsi air putih sebanyak dua liter per hari, atau sekitar delapan gelas. Namun, kebutuhan ini dapat juga berbeda tergantung kondisi masing-masing. Jika kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi, dapat mengakibatkan gangguan pada ginjal, lho. berikut ini beberapa gejala terjadinya gangguan pada ginjal.

1. Penurunan Volume Urin

Akibat kurangnya cairan tubuh, gejala yang sering terjadi adalah menurunnya volume urin. Akan tetapi, pada beberapa kasus, penderita lebih sering merasakan ingin buang air kecil. Hal ini terutama terjadi pada malam hari. Umumnya urin keluar sedikit dan muncul nyeri pada perut atau punggung bagian bawah.

2. Pembengkakan Pada Tungkai

Pernahkah kamu mengalami pembengkakan pada tungkai? Harus waspada, ya. Sebab bisa jadi itu merupakan gejala sakit ginjal. Hal ini disebabkan karena menumpuknya cairan akibat berkurangnya kemampuan ginjal untuk mengeluarkannya dari tubuh. Selain bengkak, kaki juga sering mengalami kesemutan.

3. Urin Mengandung Darah

Akibat menurunnya kemampuan ginjal untuk menyaring cairan, maka sel-sel darah dapat bocor dan terbuang bersama urin. Selain itu, adanya darah dalam urin juga mengindikasikan gangguan lain. Beberapa kemungkinan yang terjadi adalah tumor, kista pada organ ini, batu ginjal, dan terjadinya infeksi. Gejala lain adalah busa pada urin yang diakibatkan bocornya protein.

4. Sering Kelelahan

Rasa lelah yang amat sangat, terutama saat kegiatan sehari-hari yang ringan, juga patut diwaspadai, lho. Sebab ini merupakan indikasi kurangnya suplai darah pada tubuh. Beberapa penyakit memiliki gejala ini, salah satunya adalah penyakit ginjal. Hal ini disebabkan karena ginjal tidak mampu mengeluarkan hormon yang mengatur produksi sel darah merah.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

5. Rasa Mual dan Menurunnya Nafsu Makan

Menumpuknya limbah di tubuh dapat terjadi akibat ginjal tidak mampu mengeluarkannya dari tubuh. Kondisi ini dapat membuat timbulnya bau mulut yang tak sedap. Pada kasus yang sudah parah, akan mengakibatkan muncul rasa logam di mulut. Selain itu, penderita akan merasa mual dan tidak nafsu makan. 

Beberapa gejala tersebut dapat terjadi seketika ataupun bertahap. Jadi, ada baiknya waspada jika mengalaminya, ya. Sebaiknya segera konsultasikan pada dokter agar dapat memastikan sakit yang diderita dan mendapatkan penanganan dengan segera. Sebab, akan sulit menangani kondisi ginjal yang terlanjur rusak.

Pengobatan Pada Gejala Sakit Ginjal

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya gangguan pada ginjal adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh per hari. Minum air putih jauh lebih baik dibandingkan minuman berwarna. Kurang minum air putih dapat mengakibatkan dehidrasi. Waspada jika urin berwarna kuning gelap, artinya kamu mengalami dehidrasi.

Orang yang mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Pengobatan pada sakit ginjal ditujukan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya komplikasi. Tindakan ini disesuaikan dengan tingkat keparahan yang dialami penderita dan jenis gangguan pada ginjal.

Selain pemberian obat, penderita dianjurkan mengubah pola makan dengan mengurangi garam, gula, dan kolesterol. Jika ginjal terlanjur rusak, fungsinya akan dibantu dengan melakukan cuci darah. Pada kasus yang parah, perlu dilakukan operasi transplantasi untuk mengganti dengan ginjal dari donor.

Nah sobat WE+, itulah beberapa gejala sakit ginjal. Untuk mencegah, sebaiknya mulai dari sekarang mengubah gaya hidup. Cukupi kebutuhan air putih harian. Perlu juga menghindari minuman berwarna, bersoda, dan beralkohol untuk meringankan kerja ginjal dan mencegah kerusakannya. 

Penulis: Raka 25 Aug 2021 36