Jadi Gejala Covid-19, Ini Pengertian Malaise dan Pengobatan

Jadi Gejala Covid-19, Ini Pengertian Malaise dan Pengobatan

Sobat WE+ apakah pernah merasa kurang enak badan dan lelah, namun tidak tahu apa penyebabnya? Ternyata, gejala yang kamu alami tersebut memiliki istilah sendiri dalam dunia medis, yaitu malaise. Saat ini, malaise sudah jadi salah satu gejala terinfeksi virus Covid-19. Gejala malaise adalah demam, batuk, tenggorokan gatal, dan flu. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut yuk!

Apa itu Malaise?

Malaise adalah istilah dalam kedokteran yang menggambarkan suatu kondisi tubuh terasa lemas, pusing, dan tidak enak badan. Sobat WE+ pasti pernah mengalami malaise tersebut, terutama ketika sedang sakit. Hal ini karena malaise adalah sinyal yang diberikan jika tubuh sedang tidak fit.

Pada kasus yang terjadi baru-baru ini, panti jompo di Washington dilaporkan penghuninya mengidap Covid-19 dengan dan tanpa gejala. Beberapa penghuni panti jompo tersebut merasakan gejala malaise, berupa rasa tidak nyaman, sakit, atau gelisah secara umum. Pada kasus tertentu, Covid-19 dapat muncul dengan tanda disorientasi atau kelelahan disertai dengan beberapa kondisi lain berupa demam dan batuk.

Berdasarkan The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang yang merasakan malaise adalah ditandai dengan bibir biru, kesulitan bernapas, hingga nyeri dada dan harus segera mencari pertolongan medis. Beberapa kondisi kronis tertentu menyebabkan malaise seperti kondisi anemia berat, gagal jantung, penyakit paru obstruktif kronis, penyakit hati dan diabetes. Selain itu, kondisi kesehatan mental juga dapat mengakibatkan malaise, berupa depresi dan kecemasan. Akan tetapi, sulit menentukan malaise atau depresi yang terjadi lebih dahulu sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. 

Pengobatan Malaise

1. Istirahat yang Cukup

Gejala malaise yang sering terjadi adalah rasa lemas pada tubuh. Lemas ini  disebabkan karena tubuh kamu kurang beristirahat. Untuk itu, kurangi aktivitas begadang dan buatlah jadwal tidur yang cukup dan teratur, yaitu sekitar 8-10 jam setiap hari.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

2. Banyak Minum Air Putih

Lebih dari 50 persen tubuh Sobat WE+ diisi oleh cairan. Kekurangan cairan ini tentu akan membuat tubuh mengalami dehidrasi yang ditandai dengan malaise dengan tubuh letih dan pusing. Jika kamu merasakan gejala tersebut, rutinlah minum air putih 8-10 gelas setiap hari agar tubuh selalu bugar dan bertenaga.

3. Makan Makanan Bergizi

Tubuh yang lemah, mudah mengantuk, dan sering sakit kepala merupakan gejala malnutrisi. Mulai dari sekarang, Sobat WE+ harus perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi supaya tubuh bebas dari berbagai penyakit.

4. Rajin Olahraga

Olahraga dapat menjadi cara mencegah dan mengatasi malaise. Luangkan waktu Sobat WE+ setidaknya 30 menit setiap pagi untuk melakukan aktivitas olahraga, baik itu olahraga ringan seperti push-up, hingga olahraga berat seperti bersepeda atau berenang.

Rajin berolahraga akan membuat tubuh tetap bugar karena dengan berolahraga tubuh mengeluarkan keringat yang berisi racun-racun berbahaya, membuat aliran darah lancar dan otot-otot menjadi semakin kuat.

5. Rileks

Tingginya tekanan hidup terkadang membuat Sobat WE+ menjadi stres sehingga tubuh akan bereaksi dengan menunjukkan gejala malaise seperti pusing, lemas, dan puncaknya mengalami demam. Kamu yang sehari-harinya mempunyai kesibukan, saat merasa tekanan sudah berada pada titik tertinggi, segera ambil waktu sejenak untuk merelaksasikan diri, atau pergi berekreasi saat akhir pekan agar pikiran kembali rileks. 

Nah sobat WE+, itulah pengertian malaise. Dari informasi ini dapat kita tahu bahwa malaise adalah istilah dalam kedokteran yang menggambarkan suatu kondisi tubuh terasa lemas, pusing, dan tidak enak badan. Meski terkesan sepele, namun jika dibiarkan malaise bisa menjadi suatu kondisi kesehatan yang serius loh. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi dan sehat, serta istirahat dengan cukup ya sobat WE+.

Penulis: Raka 23 Dec 2020 50