Manfaat Bersepeda Setiap Hari, 5 Hal Ini Akan sobat WE+ Rasakan

Manfaat Bersepeda Setiap Hari, 5 Hal Ini Akan sobat WE+ Rasakan

Kegiatan bersepeda menjadi salah satu olahraga favorit akhir-akhir ini? Olahraga ini tidak hanya dilakukan saat car free day saja, tapi juga dapat dilakukan setiap hari. Manfaat bersepeda akan semakin terasa jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Tidak harus menempuh jarak yang jauh, berputar di sekitar lingkungan rumah sobat WE+ pun manfaatnya terasa maksimal.

Terlebih sejak masa pandemi berlangsung, banyak orang yang awalnya jarang bersepeda akhirnya ikut serta dalam kegiatan bersepeda karena melihat manfaatnya. Bahkan kini, bersepeda telah menjadi bagian gaya hidup sehat yang mudah untuk  dilakukan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, banyak yang mulai suka bersepeda setiap harinya.

5 Manfaat Bersepeda Dirasakan Jika Dilakukan Setiap Hari

Apapun yang dilakukan dengan kontinu pasti akan mendatangkan sesuatu yang baik. Begitu pula dengan olahraga sepeda ini. Besar sekali manfaat yang akan dirasakan. Penasaran apa saja manfaatnya? Bisa sobat WE+ simak secara detail seperti yang tertera di bawah ini;

1. Dapat Mengurangi Stres

Sobat WE+ yang sedang jenuh dan stres dengan aktivitas sehari-hari, dapat menjadikan olahraga bersepeda untuk menghilangkan stres tersebut. Melakukan aktivitas fisik bersepeda akan membuat tubuh dapat memproduksi hormon dopamin yang berguna untuk meningkatkan rasa bahagia. Akibatnya stres atau depresi yang dialami dapat berkurang.

2. Mengendalikan Berat Badan

Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan atau mengendalikan berat badan. Manfaat bersepeda bahkan dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak tubuh. Dengan bersepeda akan semakin besar pengeluaran energi dibandingkan dengan asupan energinya. 

Sebab pada saat itu, kalori tengah dibakar dengan optimal. Berat badan ideal akan semakin mudah didapatkan apabila sobat WE+ mengkombinasikan aktivitas bersepeda dengan pola makan yang sehat. Semakin rutin dan sering, maka kalori terbakar akan semakin banyak.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat bersepeda lain yang dapat dirasakan adalah dapat mengurangi risiko kanker. Perpaduan antara pola makan yang sehat dengan aktivitas bersepeda secara rutin akan sangat membantu. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, semakin bugar tubuh risiko terkena kanker akan semakin rendah walaupun umur sudah lanjut.

sobat WE+ pun dapat mempraktekkannya mulai dari sekarang jika ingin terhindar dari risiko kanker. Melakukannya secara perlahan hingga nantinya akan terbiasa dan bisa rutin bersepeda setiap harinya. Sesuatu yang baik akan semakin mudah dilakukan jika telah terbiasa.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat lain yang dapat dirasakan dengan bersepeda secara rutin adalah dapat merangsang dan memperbaiki jantung dan sirkulasi darah dengan baik. Disamping itu, dapat pula menghindarkan dari risiko penyakit kardiovaskuler.

Bersepeda secara teratur perlahan dapat mengurangi kadar lemak dalam darah dan memperkuat otot jantung. Jika sobat WE+ perhatikan dengan seksama, orang yang rutin melakukan aktivitas bersepeda umumnya akan terhindar dari penyakit jantung pada usia lanjut. Karena kadar lemak dalam darah telah dibakar setiap harinya.

5. Meningkatkan Keseimbangan, Koordinasi dan Kekuatan Otot Tubuh

Mengayuh sepeda setiap harinya pasti membutuhkan tenaga dan otot. Secara perlahan kekuatan otot akan terbentuk sehingga keseimbangan dan koordinasi tubuh dapat pula terbentuk dengan sendirinya.

Bahkan manfaat dari bersepeda ini dapat membantu sobat WE+ yang tengah mengalami patah tulang. Bersepeda pun diyakini sebagai salah satu bentuk latihan yang ideal bagi para penderita osteoporosis. Sebab bersepeda adalah latihan ringan yang lebih sedikit memberikan tekanan pada sendi.

Demikianlah manfaat bersepeda yang akan sobat WE+ rasakan apabila dilakukan secara rutin setiap harinya. Bersepeda kini telah menjadi olahraga kekinian yang semakin banyak diminati oleh anak muda yang peduli dengan kesehatan mereka untuk jangka waktu yang panjang.

Penulis: Raka 11 Jan 2021 157