Parkour Bersenang-senang di Tengah Bahaya

Parkour Bersenang-senang di Tengah Bahaya

Kenapa orang memilih olahraga ekstrem; mencari kesenangan atau mencari tantangan? Apapun alasannya, banyak orang yang menyukai stimulasi adrenalin yang dihasilkan dari olahraga ekstrem. Di era serba mudah dan praktis ini, orang-orang justru semakin antusias mencari ketegangan yang hanya bisa dihasilkan dari praktik olah tubuh yang berbahaya. 

Apa Itu Parkour?

Salah satu olahraga ekstrem yang sedang tren adalah Parkour. Apa itu parkour? Diambil dari istilah Prancis, yaitu parcours du combattant, yang artinya “latihan rintangan” (obstacle course). Latihan militer dengan metode rintangan ini pertama-tama dikembangkan oleh Georges Hébert. 
Beberapa saat kemudian, Raymond Belle mempraktekkan latihan rintangan dari George Hébert ini dan menamainya parcours, yang kemudian dilanjutkan oleh anaknya, David Belle. Saat David Belle menunjukkan kebolehannya, sutradara film Hubert Koundé mengusulkan namanya diganti menjadi Parkour, supaya terkesan lebih dinamis dan lebih kuat. 
Walaupun inti dari parkour sendiri adalah seni bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, orang-orang mulai menemukan kesenangan lain dalam melakukan parkour. Tentunya, lebih berbahaya. Untuk menaikkan tantangan, mereka kerap melakukannya di atas gedung tinggi. Yang paling unik dari parkour adalah ia tidak menggunakan peralatan pengamanan sama sekali. 

Filosofi Parkour

Menurut penelitian akademis, parkour memberikan cara baru dalam berinteraksi dengan lingkungan kota lewat pemanfaatan ruang kota, kehidupan metropolitan dan olah tubuh. Penemuan terbaru dari filosofi parkour ini menunjukkan adanya makna baru dari eksistensi kita sebagai manusia karena parkour mengajarkan kita untuk bergerak dengan cara yang natural.
Ada alasan di balik praktisi parkour tidak menggunakan peralatan pengamanan. Parkour sendiri memberikan filosofi kebebasan dan cara yang natural dalam seni menggerakkan tubuh. Di samping itu, parkour mengajarkan kita tentang cara mengatasi rintangan dalam mental psikologis kita, tidak hanya masalah rintangan fisik saja. 

Bagaimanapun, parkour adalah salah satu olahraga ekstrem yang berbahaya. Tidak hanya gerakannya yang bisa mencederai organ tubuh, tetapi tantangan seperti melakukan parkour di gedung tinggi dapat mengancam jiwa. Apalagi, olahraga satu ini memang sengaja tidak memakai peralatan pengaman agar lebih natural saat melakukannya.
Walaupun tidak menggunakan peralatan pengamanan berupa perlengkapan fisik, kita juga bisa meningkatkan rasa aman secara psikologis. Rasa aman secara psikologis ini dapat membantu kita meningkatkan kepercayaan diri selama berlatih olahraga ekstrem ini. Salah satu penyedia jasa asuransi untuk olahraga ekstrem adalah WE+ dengan premi mulai dari Rp5.000 saja. Dengan harga serendah itu, kita bisa tenang saat melatih dan menantang diri kita lewat praktik-praktik parkour yang berbahaya. 


Dengan WE+ kamu bisa merasakan mudahnya memiliki asuransi hanya dengan menggunakan smartphone. aplikasi WE+ yang merupakan Smart Insurance Marketplace bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Tunggu apa lagi? Download sekarang yuk!

Penulis: Raka 11 Sep 2020 21