Trik Bisnis Kopi Lebih Laris dari Pesaing, Ini Rahasianya!

Trik Bisnis Kopi Lebih Laris dari Pesaing, Ini Rahasianya!

Bisnis kopi menjadi usaha yang banyak digemari oleh para kaum milenial saat ini. Nongkrong di cafe adalah hal yang lazim.  Dengan berbagai fasilitas seperti free wifi, live music, tempat yang luas, serta kenyamanan lainnya, cafe tak hanya dijadikan sebagai tempat ngopi. Namun juga dijadikan sebagai tempat mengerjakan tugas, meeting, ataupun tempat untuk berkumpul melepas rindu dengan kerabat. 

Trik Bisnis Kopi Laris dari Pesaing

Semakin banyaknya orang yang membuka bisnis ini, membuat persaingan juga semakin ketat. Lalu bagaimana ya cara mempertahankan bisnis kopi di tengah maraknya pesaing? Inilah beberapa trik yang bisa dilakukan: 

  1. Menciptakan Kenyamanan di Kedai Kopi

Tempat kopi yang nyaman akan menghadirkan banyak pelanggan yang betah untuk bercengkerama. Selain ingin menikmati seduhan kopi, value yang dicari pelanggan adalah tempat yang disediakan. Agar mampu memikat mereka, hadirkan konsep kedai kopi yang bagus, kemudian menambahkan fasilitas seperti pendingin ruangan, Wi-Fi, live music, dan juga memberikan sentuhan seni pada dekorasi.

  1. Menciptakan Menu Unggulan

Menu yang ditawarkan adalah salah satu poin penting untuk memikat minat pelanggan. Tak hanya kopi biasa, sebuah cafe harus mampu menghadirkan menu unik dan harapannya bisa dijadikan menu unggulan sehingga akan dijadikan sebagai branding diri dari cafe tersebut. Untuk bisa memiliki menu unggulan, perlu dilakukan survey dan juga tester berulang kali sehingga goals yang diharapkan bisa optimal.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Memberikan Promo dan Diskon

Kebanyakan orang akan tertarik dengan sesuatu yang mempunyai embel-embel promo maupun diskon. Penerapan promo atau diskon sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Seperti misalnya promo Jumat Berkah, promo untuk pelanggan yang sudah memiliki validasi vaksin, diskon bagi pelanggan yang pertama kali datang setelah open order, ataupun promo kreatif lainnya.

  1. Menggencarkan Promosi di Sosial Media

Sebuah penelitian menemukan bahwa promosi dapat meningkatkan penjualan sebanyak dua kali lipat dibandingkan tidak melakukan promosi. Diharapkan bagi para kaum milenial untuk memanfaatkan fitur sosial media sebagai ajang promosi. Selain mampu meningkatkan penjualan, promosi dapat berguna untuk meningkatkan branding diri dari cafe yang didirikan. 

Selain itu, cafe juga bisa melakukan media partner dengan mitra yang memungkinkan untuk diajak bekerjasama. Seperti misalnya melakukan media partner dengan instansi kampus. Feedback dari media partner tersebut nantinya dapat berupa diskon bagi pengunjung yang merupakan bagian dari mitra yang bersangkutan. Salah satu trik untuk melakukan media partner yakni dengan mencari relasi seluas-luasnya dan mempraktikkan cara bernegosiasi dengan baik.

  1. Mempercantik Tampilan Eksterior pada Cafe

Melihat banyaknya bangunan cafe yang berdiri di setiap penjuru tempat, hendaknya sebuah cafe mampu membranding diri dengan keunikannya masing-masing. Hal itu dapat diterapkan dengan mempercantik tampilan eksterior pada café. Ketika bangunan terlihat bagus, unik, dan instagramable, maka akan banyak pelanggan yang terpikat. Oleh karena itu penambahan eksterior ini dipercaya mampu menaikkan tingkat penjualan pada sebuah coffee shop.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Salah satu hal sederhana namun bermakna yakni memberikan pelayanan yang ramah pada pelanggan. Selalu terapkan senyum ceria untuk menghadirkan vibes positif. Selain itu, hindari berkata kasar atau dengan nada yang tinggi, karena hal tersebut akan mengundang amarah sehingga akan menurunkan minat pelanggan. Sebaiknya sebelum melakukan pelayanan, seorang barista harus memastikan bahwa dirinya dalam keadaan yang baik dengan mood yang stabil. 

Itulah tadi hal-hal yang bisa diterapkan oleh pebisnis kopi agar mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Jadi gimana sobat We+, sudah siapkah untuk memulai bisnis kopi? Jangan lupa untuk melakukan manajemen dengan baik dan juga mencoba trik di atas ya.

Penulis: Raka 30 Nov 2021 314

Penulis: Raka
21 Jul 2020
2373