Kenali Berbagai Jenis Investasi untuk Millennials

Kenali Berbagai Jenis Investasi untuk Millennials

Halo Sobat WE+, mungkin kamu salah satu orang yang ingin mapan dan serba berkecukupan di usia muda. Jika begitu, kamu harus mulai menyiapkan rencana keuangan nih Sobat WE+. Kamu bisa memulainya dengan merencanakan pilihan investasi yang tepat ya Sobat WE+. Kamu ingin mulai berinvestasi tapi bingung investasi apa yang paling menjanjikan dengan tingkat resiko rendah. Kamu tidak perlu bingung lagi, berikut ini akan membahas jenis investasi yang cocok untuk millennials. Yuk simak!

5 Jenis Investasi untuk Millennials

1. Surat Berharga Negara (SBN)

‌Sobat WE+ investasi melalui Surat Berharga Negara (SBN) bisa jadi pilihan pasalnya memiliki tingkat resiko yang terbilang rendah serta aman untuk pemula. Itu karena SBN adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh Pemerintah Indonesia untuk warga negaranya. Ada beberapa jenis SBN, yang pertama yaitu Saving Bond Ritel memiliki jangka waktu jatuh tempo 2 tahun serta dapat juga dicairkan sebelum jatuh tempo. Namun Saving Bond Ritel ini tidak dapat kamu perjual belikan di pasar sekunder tetapi suku bunga yang diberikan cukup tinggi dibandingkan dengan deposito sekitar 7% . 

Jenis kedua yaitu Sukuk Tabungan sama seperti dengan Saving Bond Ritel, Sukuk Tabungan memiliki jangka waktu jatuh tempo 2 tahun dan tidak dapat diperjualbelikan di pasar sekunder. Ketiga Obligasi Negara Ritel tidak ada suku bunga namun kamu bisa memperjual belikan, dengan begitu kamu bisa mendapatkan keuntungan saat harga di pasaran sedang naik.

‌2. Reksadana

‌Sobat WE+ ingin berinvestasi dengan resiko rendah, bisa jadi reksadana cocok untuk kamu. Selain tingkat resikonya yang rendah berinvestasi di reksadana sangat mudah dilakukan. Di beberapa marketplace menyediakan fitur pembelian reksadana di platform mereka. Ini bisa jadi pilihan kamu yang ingin berinvestasi mudah dan praktis.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

‌3. Cryptocurrency

Cryptocurrency juga bisa jadi alternatif Sobat WE+ untuk berinvestasi. Pasalnya harga Cryptocurrency memiliki peningkatan harga yang cukup pesat. Jika kamu belum tahu apa itu Cryptocurrency, ini merupakan mata uang digital yang digunakan untuk transaksi virtual. Kebanyakan orang membeli mata uang digital ini untuk tujuan investasi dan diperjual belikan. Kamu bisa memperoleh keuntungan yang tinggi dalam jangka waktu tertentu saat harga Cryptocurrency melonjak naik.

4. Barang Branded

Bagi para millenials, kebanyakan dari kamu pasti membeli barang branded bukan bertujuan untuk sebuah investasi. Namun tujuan intinya sebagai penunjang penampilan, ini bisa jadi tujuan yang agak keliru. Pasalnya kamu bisa menggunakannya sebagai investasi dalam jangka panjang asalkan kamu dapat merawat barang tersebut dengan baik. Semakin tahun barang branded memiliki nilai yang cukup tinggi apalagi untuk keluaran edisi terbatas. Nah jika kamu hobi mengoleksi barang-barang mahal jangan lupa dirawat ya Sobat WE+ bisa jadi di beberapa tahun lagi harganya naik menjadi 2 kali lipat.

5. Pendidikan dan Keahlian

Nah Sobat WE+ investasi tidak selalu berhubungan dengan yang namanya keuntungan materi saja. Pendidikan dan keahlian juga merupakan investasi paling penting dalam menata masa depan kamu. Selagi di usia muda kamu harus giat menyiapkan bidang apa yang ingin kamu kuasai. Ini akan sangat berpengaruh nanti saat kamu memasuki dunia kerja. Kehidupan yang mapan diawali dengan pekerjaan yang mapan pula. Maka dari itu pendidikan dan keahlian menjadi investasi paling berharga untuk menata masa depan kamu nanti ya Sobat WE+.

Itu tadi jenis investasi yang cocok untuk para millenials. Semoga Sobat WE+ semakin tertarik ya untuk memulai berinvestasi.

Penulis: Raka 14 Nov 1212 290