Usaha Kecil-kecilan yang Untungnya Besar-besaran

Usaha Kecil-kecilan yang Untungnya Besar-besaran

Halo Sobat WE+, bekerja sebagai karyawan memang cukup menjanjikan pasalnya kamu akan memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Selain itu, kamu bisa mencari penghasilan tambahan dengan memulai merintis usaha kecil-kecilan dengan modal seadanya. Tidak perlu sampai melakukan pinjaman modal, ada banyak ide usaha yang bisa dilakukan dengan modal minim yang berpeluang mendatangkan keuntungan besar.

Ide Usaha Kecil dengan Keuntungan Besar

Tidak semua orang dapat mengawali usahanya dengan mulus pasti banyak rintangan dan tantangan yang akan dihadapi. Untuk itu, sembari kamu belajar terjun ke dunia usaha sebaiknya dimulai dari usaha berskala kecil terlebih dulu dengan modal seadanya. Berikut ini beberapa rekomendasi ide usaha kecil yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Usaha Makanan Ringan

Tidak hanya anak-anak, kamu dan orang dewasa lainnya juga suka ngemil di rumah. Apalagi saat menonton acara televisi atau film favorit cemilan merupakan makanan wajib yang harus ada. Ketika kamu hendak memulai usaha makan ringan, mulailah usahamu dengan membuat makanan ringan dengan bahan-bahan sederhana. Contohnya seperti kripik singkong, kripik ubi, kripik pisang, seblak kering, pilus ikan, makaroni goreng pedas, basreng, dan jenis makanan ringan lainnya.

Modal untuk membuat beberapa jenis makanan ringan tersebut tidak membutuhkan modal yang besar cukup dengan uang ratusan ribu saja kamu sudah bisa menjalankan usaha ini. Untuk memasarkannya kamu bisa mulai menawarkannya ke orang-orang terdekat, seperti rekan kerja, teman, tetangga, dan saudara. Jika dirasa makanan ringan yang kamu jual sudah memiliki banyak pelanggan, kamu bisa memperbesar skala usahamu dengan tambahan modal dari laba hasil penjualan.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Usaha Laundry Sepatu

Usaha tanpa modal besar namun tetap menghasilkan keuntungan yang lumayan menjanjikan satu ini sangat cocok jika kamu tinggal di daerah perkotaan yang orang-orang super sibuk. Pasalnya, banyak orang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci sepatunya yang kotor karena disibukkan oleh aktivitas yang padat. Walaupun terkesan remeh,usaha satu ini berpeluang besar mendatangkan keuntungan yang lumayan besar karena banyak masyarakat perkotaan yang membutuhkan jasa laundry sepatu seperti ini.

Mungkin lain halnya jika kamu membuka usaha laundry sepatu di daerah yang masyarakatnya lebih memilih merawat sepatunya sendiri. Mungkin malah akan sepi pelanggan, meskipun hanya membutuhkan modal ratusan ribu saja kamu tetap harus memikirkan seberapa besar peluang usaha tersebut akan berhasil untuk menghindari kerugian. Kerugian merupakan hal yang harus dihindari dalam menjalankan bisnis apa pun jadi harus pintar-pintar memilih ide usaha.

  1. Bisnis Minuman Kekinian

Usaha kecil-kecilan yang paling sering digunakan ini memang lumayan menjanjikan keuntungan yang besar karena banyak remaja maupun orang dewasa yang suka mengonsumsi minuman kekinian. Contohnya seperti boba, thai tea, es kopi, dan lain-lain. Modal untuk memulai usaha minuman kekinian ini juga tidak membutuhkan modal yang besar kecuali jika mengharuskan kamu untuk menyewa tempat berjualan. 

Jika rumahmu terletak di lokasi yang strategis masih memiliki ruang kosong di depannya bisa kamu manfaat sebagai booth tempat berjualan minuman. Untuk menarik banyak pelanggan kamu bisa membuat program promo di awal pembukaan usaha minumanmu.

  1. Catering Rumahan

Usaha dengan modal kecil selanjutnya yang bisa dicoba untuk menghasilkan uang tambahan yaitu dengan membuka usaha katering rumahan, modalnya juga lumayan ringan di kantong. Saat memulai usaha katering kamu bisa mengambil pesanan untuk acara-acara kecil terlebih dulu, seperti acara ulang tahun, arisan, pertemuan keluarga, dan lainnya. Usaha ini sangat cocok bagi kamu yang hobi memasak dan ingin menyalurkan hobimu agar lebih produktif dan menghasilkan keuntungan.

Sobat WE+ salah satu dari beberapa ide usaha kecil-kecilan di atas bisa kamu coba di rumah atau kamu punya ide usaha sendiri? Apapun usaha yang dijalankan, kerja keras dan kejujuran menjadi hal yang harus diutamakan ya.

Penulis: Raka 25 Nov 2021 28