5 Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Kamu Coba Sendiri

5 Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Kamu Coba Sendiri

Strategi pemasaran produk sekarang ada banyak sekali loh sobat, tidak cuma dari mulut ke mulut saja. Semakin baik strategi yang kamu gunakan, semakin tinggi pula kesempatan untuk produk laris manis diburu pelanggan.

Bagi kamu yang mungkin belum maksimal di bidang pemasaran, artikel kali ini bisa membantu. Ada beberapa strategi atau materi pemasaran produk yang bisa kamu coba sendiri. Penasaran apa saja strategi yang bisa digunakan, langsung simak saja di bawah ini ya :

  • Sosial Media

Entah itu lewat selebgram atau influencer di sosial media, kedua cara ini sukses sobat. Sekarang, para influencer punya fans yang cukup banyak, sehingga apa yang mereka pasarkan biasanya laris manis.

Tentunya saat memilih influencer mana yang akan diajak bekerja sama, kamu harus melakukan cek singkat dulu. Hal ini untuk memastikan bahwa strategi pemasaran produk online yang kamu lakukan akan berhasil. 

Misalnya saja seberapa aktif komentar dan like yang mereka miliki. Lalu berapa jumlah pengikut dan view dari konten yang dipasang, masih naik turun atau stabil. Terakhir, cek juga konten yang diunggah sesuai dengan produk atau tidak.

Oiya, jangan sampai lupa meskipun lewat sosial media, dalam hal ini kata-kata pemasaran produk sebaiknya tidak melebih-lebihlkan. 

  • Diskon

Strategi pemasaran harga satu ini sudah pasti bisa menarik banyak pelanggan untuk berbelanja lebih. Memang sih judulnya diskon namun, karena sedang diskon biasanya pembeli akan membeli lebih banyak untuk stok. Alhasil, mereka jadi beli lebih banyak dan keuntungan yang didapat juga lebih banyak.

Satu hal yang haru diperhatikan saat memberi diskon, yaitu jangan menaikan harga sebelumnya. Bagi pelanggan yang sudah pernah berbelanja, mereka pasti tahu berapa harga yang biasanya dipasang. Jadi, jika kamu menaikan harga sebelum didiskon agar harga diskon tidak terlalu murah, rencana ini justru akan menghilangkan kepercayaan.

  • Memilih Tempat Strategis

Dalam menjalankan usaha, tempat yang strategis sangat penting apapun jenis usahanya. Pada strategi pemasaran produk makanan, minuman, atau pemasaran lain, tempat membuat produk yang dijual lebih terlihat.

Tempat yang mobilitasnya tinggi atau ramai juga meningkatkan persentase orang yang akan membeli. Hanya saja, terkadang tempat yang strategis harganya jauh lebih mahal, kamu harus bersiap-siap mengeluarkan kocek yang jauh lebih besar.

  • Membagikan Produk Secara Gratis

Cara satu ini biasanya digunakan untuk mereka yang memiliki usaha dengan modal lebih. Umumnya produk akan diberikan pada youtuber atau pemilik akun besar di sosial media. Tujuannya agar produk yang dibagikan secara gratis tersebut direview dan membuat orang lain tertarik untuk membelinya. 

Selain diberikan pada untuk direview, membagikan produk secara gratis juga bertujuan untuk menarik perhatian. Bayangkan saja, ketika kamu melihat ada produk dibagikan gratis, kamu pasti akan langsung berusaha untuk mendapatkannya bukan? Nah, dari sini jika cocok kamu pasti juga akan membeli lagi. 

  • Menjadi Sponsor

Menjadi sponsor adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat baik. Orang-orang jadi tertarik untuk melihat dan merasakan sendiri sebagus itukah produknya?

Lalu, saat menjadi sponsor satu area juga akan didekorasi dengan produk kamu sobat. Seperti contohnya dengan baliho, banner, atau iklan, sehingga saat pertama kali pengunjung datang, akan langsung tertarik pada produk kamu. 

Selama kegiatan berlangsung, sebagai sponsor kamu juga akan diberikan beberapa booth khusus. Dengan begini, kamu bisa memasarkan produk dengan leluasa dan orang lain juga bisa tertarik karena dikenal lebih banyak orang. 

 

Nah, bagaimana saran strategi pemasaran produk yang sudah disebutkan di atas? Apa ada langkah yang belum kamu coba atau terlewati? Kalau masih ada yang belum dicoba, silahkan dicoba dahulu, jangan menyerah ya. 

 

RELATED ARTICLES:

 

Photo by Merakist on Unsplash

Penulis: Raka 06 Jul 2020 147