Tips Wisata Merapi Yang Aman dan Seru

Tips Wisata Merapi Yang Aman dan Seru

Wisata Merapi merupakan sebutan bagi beberapa objek wisata yang berada di sekitar Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung vulkanik ini masih aktif hingga sekarang. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler, baik dari lokal maupun mancanegara. Jika Anda tertarik wisata tersebut, Anda harus mempersiapkan diri agar aman dan seru saat berlibur.

Tips Wisata Merapi yang Aman dan Seru 

Berikut ini tips yang dapat Anda terapkan agar liburan Anda ke Merapi tidak terhalang sehingga menjadi aman dan seru.

  1. Pastikan Budget Liburan Cukup

Budget liburan merupakan hal utama yang harus Anda persiapkan. Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa banyak sekali wisata Merapi yang Anda dapat kunjungi. Anda harus menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki dalam menentukan objek wisata atau membuat wishlist terlebih dahulu lalu menabung agar tercapai.  Selain itu, budget liburan yang cukup mendukung Anda dalam menyediakan dan menggunakan fasilitas yang aman.

  1. Bawa Pakaian yang Nyaman 

Di beberapa tempat tertentu seperti Lava Tour Merapi, Anda mungkin akan kepanasan karena rute yang dilewati minim pohon. Namun, di beberapa tempat lain juga menawarkan suasana yang sejuk cenderung dingin karena masih sangat asri dan indah. Oleh sebab itu, sediakanlah pakaian yang bisa Anda gunakan ketika gerah dan dingin. Sehingga tidak mempengaruhi Anda dalam menikmati liburan.

  1. Pastikan Kondisi Cuaca 

Cuaca merupakan hal sangat penting untuk memprediksi keamanan Anda saat berwisata di wisata Merapi. Jangan paksa berangkat jika mendung karena sangat memungkinkan akan terjadi hujan, akibatnya Anda hanya akan sibuk mencari tempat teduh. Namun, jika malam hari sebelum Anda berwisata hujan lebat, dimungkinkan bahwa esok harinya cerah. Cuaca memang tidak bisa diprediksi, namun pastikan bahwa Anda tidak pergi di saat musim hujan. 

Ragam Wisata Merapi yang Bisa Dikunjungi 

Setelah Anda membaca tips agar liburan ke Merapi aman dan seru, simak rekomendasi list wisata merapi di bawah ini yuk. Pasalnya, memang wisata Merapi yang terletak di lereng Gunung Merapi sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

1. Lava Tour Merapi

Penamaan Lava Tour Merapi sangat tepat bagi wisata satu ini sebab wisatawan akan diajak tour mengelilingi bekas aliran lahar panas pasca letusan Gunung Merapi. Tour ini dilakukan dengan kendaraan bergarda 4x4. Rute yang disediakan bergantung pada kondisi Gunung Merapi dan cuaca.

  1. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi merupakan salah satu objek wisata Merapi yang sering dimanfaatkan untuk study tour. Hal itu disebabkan oleh aspek ilmiah dan sosial budaya yang disuguhkan dalam museum tersebut. Aspek-aspek tersebut meliputi informasi mengenai kegunungapian dan kebencanaan geologi lainnya yang dikemas dengan tema Volcano World, On The Merapi Volcano Trail, Bencana Gempa Bumi dan Tsunami, Manusia dan Gunung, Diorama, dan lain-lain.

  1. The Lost World Castle

Objek wisata Merapi satu ini merupakan salah satu pilihan keluarga yang melakukan liburan bersama. Banyak spot foto yang tersedia di sini. The Lost World Castle dibangun di atas lahan 1,3 hektare menyerupai Benteng Takeshi.

  1. Taman Wisata Kaliurang

Taman wisata Kaliurang juga bisa Anda jadikan salah satu wishlist tempat rekreasi bersama keluarga. Banyak sekali wahana yang cocok dimainkan oleh anak-anak. Selain itu, suasana sejuk nan asri juga membuat Anda dan keluarga betah di taman wisata Kaliurang.

  1. Tlogo Putri

Wisata satu ini merupakan perpaduan antara wisata alam dan wisata air. Tlogo Putri merupakan sebuah embung yang menyediakan kano dan bebek air untuk disewa agar pengunjung dapat bermain di atas air. Jadi, bukan kolam renang ya. Ada beberapa wahana lain yang melengkapi wisata ini dan cocok untuk anak-anak seperti flying fox, ayunan, jungkat-jungkit, bianglala, dan lain-lain.

  1. Pendakian Gunung Merapi 

Masih banyak lagi wisata merapi lainnya, namun pendakian Gunung Merapi merupakan wisata utama yang populer diketahui oleh wisatawan lokal maupun asing. Pendakian gunung vulkanik aktif merupakan tantangan tersendiri bagi pendaki. Sehingga tidak heran jika gunung ini merupakan salah satu list para pendaki.

Wisata merapi lainnya ada bukit Kaliurang, Goa Jepang, Museum Ulen Sentalu, dan masih banyak lagi. Jika Anda hanya meluangkan sehari saja untuk menyusuri wisata Merapi tidak akan cukup. Pastikan Anda meluangkan beberapa hari dan persiapkan dengan matang sehingga perjalanan Anda aman dan seru.

Demikianlah 3 tips wisata Merapi yang aman dan seru sekaligus rekomendasi wisatanya. Masih ada beberapa tips yang mendukung perjalanan Anda seperti barang bawaan yang harus disesuaikan dengan objek wisata yang dituju sehingga tidak berlebih maupun kekurangan. Pada intinya, anda harus membuat wishlist terlebih dahulu untuk menyiasati waktu dan barang bawaan sehingga perjalanan Anda aman dan seru.

Penulis: Raka 17 Sep 2021 81

Penulis: Raka
11 Sep 2020
550
Penulis: Raka
08 Oct 2020
1075
Penulis: Raka
13 Sep 1212
442