Saat Liburan ke Wisata Puncak, Kalian Wajib Perhatikan 6 Hal Ini

Saat Liburan ke Wisata Puncak, Kalian Wajib Perhatikan 6 Hal Ini

Saat Liburan ke Wisata Puncak, Kalian Wajib Perhatikan 6 Hal Ini

Tak dapat dipungkiri, kawasan Puncak, Jawa Barat masih menjadi salah satu primadona bagi masyarakat yang hendak berlibur. Maka tak heran jika wisata puncak ini selalu dipadati pengunjung di masa atau periode liburan maupun moment-moment tertentu seperti misalnya lebaran maupun tahun baru. Sebagai persiapan supaya liburan menyenangkan, ketahuilah beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum pergi ke wisata puncak berikut ini.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hendak ke Wisata Puncak

  1. Musim atau Cuaca

Umumnya, cuaca di puncak memang terasa dingin. Maka dari itu, kita perlu mempersiapkan perbekalan untuk dipergunakan selama berada di wisata puncak tersebut. Mulai dari pakaian ataupun perbekalan yang akan dikonsumsi. Selain itu, ketahui pula kondisi atau keadaan disana sebelum keberangkatan karena jika curah hujan tinggi, kita bisa lebih waspada terhadap risiko terjadinya longsor.

  1. Persiapkan Kendaraan

Sebelum berlibur ke wisata puncak, sebaiknya kita mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan terlebih dahulu. Mulai dari memilih kendaraan yang akan digunakan, hingga mengecek kelayakan kondisinya. Jangan sampai, liburan terasa gagal karena ada kendala pada kendaraan.

Selain itu, dilansir dari laman wisata jabar, terdapat beberapa jenis kendaraan besar yang diperbolehkan masuk ke kawasan puncak saat musim liburan akhir tahuns, seperti truk BBM, kendaraan yang membawa bahan pokok, air mineral kemasan, pupuk, bahan ekspor-impor yang diperbolehkan melintas. Sedangkan kendaraan besar lainnya diarahkan ke jalur alternatif lain, seperti Jonggol atau Sukabumi. Ada sanksi tegas bagi mereka yang melanggar aturan.

  1. Pahami Aturan yang Berlaku

Selain aturan tentang kendaraan, terdapat pula beberapa aturan terkait untuk berlibur di wisata puncak, seperti misalnya pada libur pergantian tahun, kita harus mengetahui batas waktu operasional tempat wisata ataupun lokasi kuliner disana. Cari pula informasi tentang pemberlakuan jalan satu arah maupun penutupan jalan di area wisata puncak. Tak hanya itu, di masa pandemi ini pula, sebaiknya kita membawa surat keterangan swab antigen yang masih berlaku supaya aman selama menghabiskan waktu berlibur disana.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Hindari Macet dengan Cara Ini

Musim liburan memang identik dengan kemacetan di kawasan wisata puncak, belum lagi dengan adanya kebijakan one way disana. Oleh karena itu, usahakan kendaraan kita sudah naik menuju puncak pada pukul 6 pagi hari.

Tak hanya persiapan waktu saja. Kita juga diharap menggunakan jasa driver yang mumpuni karena jalurnya yang terbilang terjal juga berkelok, atau jika memilih untuk berkendara sendiri, persiapkan diri sebaik mungkin dan jaga kondisi tetap fit. Selain itu, gunakan GPS dengan sebaik-baiknya.

  1. Ikuti Arahan dan Reservasi Penginapan Jauh-jauh Hari 

Supaya perjalanan kita aman sampai tujuan, maka perhatikan dan ikuti arahan dari petugas serta jangan lupa untuk selalu mentaati peraturan lalu lintas. Tidak hanya itu, jika kita hendak berlibur di wisata puncak dan menginap disana, baiknya reservasi hotel dari jauh hari atau sebelum keberangkatan. Supaya tujuan perjalanan lebih nyaman dan terhindar dari kemacetan juga berbagai hambatan lainnya.

  1. Buat Perjalanan Lebih Menyenangkan

Karena mungkin saja kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuju kawasan wisata puncak, tak ada salahnya untuk kita mempersiapkan perjalanan semenyenangkan mungkin. Seperti misalnya membawa camilan yang cukup, menyiapkan playlist dan lain sebagainya.

Itulah berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum berlibur ke wisata puncak. Diharapkan, dengan mengetahui berbagai tips ini, proses berlibur sobat WE+ dan keluarga bisa berjalan lancar dan menyenangkan ya!




Penulis: Raka 13 Jun 2021 87

Penulis: Raka
08 Oct 2020
1061
Penulis: Raka
31 Dec 2020
469
Penulis: Raka
13 Jun 2021
145