Apa Saja yang Menarik dari Gunung Bromo?

Apa Saja yang Menarik dari Gunung Bromo?

Halo sobat we+, pernahkah kamu berkunjung ke Gunung Bromo? Gunung ini berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Keindahannya yang asli, dan menyegarkan sangat disukai oleh para pendaki baik lokal maupun mancanegara. Sehingga tak mengherankan apabila bromo selalu ramai dikunjungi.  

Bromo memiliki banyak destinasi wisata yang akan memanjakan perjalanan kamu. Di sini kamu akan menikmati pemandangan hijau nan menyegarkan khas pegunungan, lautan pasir yang membentang luas, hingga pemandangan matahari terbit dari puncak gunung. 

5 Hal yang Menarik dari Gunung Bromo 

Nah, bila kamu ingin mengunjungi gunung ini, jangan lupa untuk mendatangi semua destinasi wisatanya yang menarik. Berikut beberapa diantaranya. 

  1. Pasir Berbisik

Destinasi wisata di bromo yang wajib kamu datangi pertama kali adalah pasir berbisik. Pasir berbisik ini akan kamu lewati saat menuju kawah bromo. Jangan bayangkan tempat ini memiliki pemandangan hamparan pasir yang biasa saja. Justru hamparan pasir yang luas itulah dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seru. 

Di area ini kamu dapat mengambil spot terbaik untuk berswafoto. Selain itu kamu dapat mengisi waktu dengan mengikuti kegiatan seru, seperti menunggangi kuda, mengendarai motor trail, dan masih banyak lagi. Lokasi pasir berbisik lebih tepatnya berada di sebelah timur puncak bromo, akan tampak ketika kamu sampai di perbatasan Desa Cemoro Lawang melalui rute masuk kawasan pegunungan Tengger dari Kabupaten Probolinggo. 

  1. Kawah Gunung Bromo

Setelah dari pasir berbisik, kamu dapat langsung mendatangi kawah bromo. Ini adalah destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika datang ke Bromo. Di sini kamu bisa melihat kepulan asap yang tak henti menguar dari kawah. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Kamu bisa loh melihat kawah dari dekat. Yaitu dengan menuju bibir kawah melalui anak tangga permanen yang sudah disediakan. Di sini kamu bisa melihat pemandangan kawah dari dekat, juga bisa melihat momen matahari terbit. Mungkin sesampainya di bibir kawah kamu akan menemukan sesajen, hal tersebut lumrah karena di sana masih sangat kental dengan ritual-ritual suku Tengger. 

  1. Padang Rumput Savana

Di bagian selatan timur bromo, terdapat destinasi padang rumput savana yang menakjubkan. Untuk mencapai destinasi ini, kamu perlu melewati pasir berbisik. Setelah melalui hamparan pasir yang luas, kamu akan disuguhi dengan bentangan rumput hijau yang menyegarkan. 

Lokasi dari padang rumput savana dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan beberapa punggung gunung kecil. Untuk dapat mengakses destinasi wisata ini, kamu dapat menggunakan sepeda motor dari Malang atau Lumajang, atau dengan menunggangi kuda. 

  1. B 29 Argosari

Spot camping terbaik di Bromo adalah B 29 Argosari. Spot ini berada di puncak paling tinggi, yang lebih tinggi dari Penanjakan 1. Meski begitu destinasi ini rupanya masih cukup asing bagi para pengunjung bromo. 

Karena berada pada puncak tertinggi, tentunya suhu di area ini sangat dingin. Walau begitu sangat cocok dijadikan tempat camping karena pemandangannya yang sangat indah dengan hamparan tumbuhan khas dataran tinggi. Berlokasi 40 km dari kota Lumajang, tepatnya di desa Argosari, Kec Senduro, untuk mengakses lokasi ini akan lebih mudah melalui jalur selatan Senduro Lumajang. 

  1. Bukit Mentigen 

Penanjakan 1 dan 2 tampaknya sudah sangat populer sebagai spot untuk menonton sunrise. Namun masih ada lagi tempat yang bisa menjadi alternatif untuk memandangi matahari terbit dari Bromo, yaitu Bukit Mentigen. 

Bukit ini dapat dikunjungi hanya dengan berjalan kaki dari area penginapan di daerah Cemoro Lawang Probolinggo. Memang tidak terlalu tinggi, akan tetapi sangat cocok bagi kamu yang datang tanpa membawa kendaraan pribadi. 

Demikian penjelasan mengenai spot-spot menarik di Gunung Bromo. Sebagai salah satu destinasi alam yang sangat indah, rasanya akan sayang sekali jika kamu tidak menyempatkan diri mengunjungi gunung ini. Jadi, jika ada waktu sempatkan untuk berlibur ke wisata Gunung Bromo ya Sobat WE+! 

Penulis: Raka 16 Sep 2021 87