5 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Berlibur ke Wisata Dieng

5 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Berlibur ke Wisata Dieng

5 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Berlibur ke Wisata Dieng

Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Provinsi Jawa Tengah memang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Sehingga, banyak wisatawan yang ingin melihatnya secara langsung dengan berkunjung kesana.  Berbagai tempat di kawasan wisata Dieng, terbilang cukup lengkap.

Wisata tersebut mulai dari keindahan alam, seperti pegunungan juga  sunrise di puncak Sikunir. Bahkan sampai situs peninggalan sejarah, seperti Candi Arjuna. Nah, supaya liburannya lebih menyenangkan, sebaiknya kita perhatikan terlebih dahulu berbagai hal ini.

Persiapan Sebelum Liburan di Wisata Dieng

Jadi, apa saja hal yang perlu kita siapkan sebelum berangkat ke wisata Dieng? Ini dia:

  1. Mencari Informasi

Sebelum memutuskan untuk pergi kesana, kita pasti memang sudah tertarik dengan lokasi di wisata Dieng tersebut. Namun, sebaiknya lagi, jika kita mencari tahu berbagai informasi yang ada disana. Mulai dari cuaca, musim, kebudayaan, kuliner khas dan lain sebagainya.

Dataran tinggi dieng memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2.000 mdpl. Sehingga suhu di sana relatif cukup dingin dan u berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari. Untuk itu, kita perlu membawa perbekalan yang disesuaikan dengan kondisi disana.

Supaya liburan kita tak kebingungan, maka tak ada salahnya pula untuk mulai mencari lokasi mana saja yang menjadi rekomendasi atau ingin dikunjungi, seperti misalnya Puncak Sikunir, Kawah Sikidang, Telaga Warna dan lain sebagainya.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Selain itu, penting juga bagi kita untuk mengetahui budaya atau Bahasa yang dipergunakan disana. Sebagai informasi, bahwa di sana hampir seluruh masyarakat merupakan keturunan suku Jawa, sehingga budaya dan Bahasa yang digunakan pun tidak jauh berbeda dari suku Jawa pada umumnya. Jika kita mengetahui atau paham, maka akan menjadi kelebihan dan kita tidak akan kesulitan selama berada disana.

  1. Persiapkan Diri

Setelah cukup mengetahui kondisi di kawasan wisata Dieng, selanjutnya kita perlu mempersiapkan fisik serta mental selama berada disana. Seperti yang diketahui, suhu disana cukup dingin, sehingga kita harus memperhatikan kondisi tubuh supaya tidak jatuh sakit selama liburan. Bawalah perbekalan yang cukup, termasuk untuk obat-obatan atau perawatan kulit lainnya.

  1. Memilih Penginapan

Memang, di kawasan wisata kita pasti menemukan banyak pilihan penginapan sebagai tempat istirahat selama berada di sana. Homestay di kawasan wisata Dieng banyak pula yang dikelola oleh warga dengan harga yang cukup variatif. Pilihlah yang sesuai dengan budget dan sebagai sarana, cari penginapan dengan fasilitas air panas .

  1. Wisata Kuliner

Selain penginapan dan juga beragam lokasi wisata Dieng, kita pasti juga berburu kuliner di sana. Namun memang, makanan disana terbilang cukup murah dan terjangkau. Untuk menghindarkan diri dari over budget, sebaiknya tanyakan harga terlebih dahulu sebelum makan, jika dalam menu tidak tercantum harganya.

  1. Transportasi

Hal tak kalah penting yang harus diketahui saat akan berlibur ke wisata Dieng adalah tentang sarana transportasi. Di kawasan Dieng sendiri, transportasi umumnya masih terbilang terbatas, yaitu hanya beroperasi hingga pukul 7 malam. Untuk itu, sebaiknya kita sudah sampai di penginapan sebelum waktu tersebut. 

Atau, wisatawan disarankan menyewa atau membawa kendaraan pribadi saat berlibur ke wisata Dieng. Selain itu, pengunjung disarankan mengurangi aktivitas di luar atau bepergian di atas pukul 10 malam, tak hanya masalah transport saja, namun juga tentang kondisi cuaca.

Itulah berbagai hal yang wajib sobat WE+ siapkan sebelum berlibur ke wisata Dieng. Diharapkan dengan berbagai tips ini, liburan ke Dieng bisa lancar dan menyenangkan ya! 

Penulis: Raka 13 Jun 2021 53