Tanda Hidup Kamu Sejahtera, Apa Saja?

Tanda Hidup Kamu Sejahtera, Apa Saja?

Banyak orang beranggapan jika hal yang membuat hidup sejahtera adalah uang atau kehidupan finansial yang matang. Hal ini dikarenakan banyak yang percaya jika uang menjadi kunci untuk meraih kebahagiaan dan kesejahteraan. Padahal, tanda hidup kamu sejahtera tidak selalu berkaitan dengan persoalan materi saja lho! 

Tanda Hidup yang Sejahtera

Inilah beberapa kriteria lain yang bisa menandakan bahwa hidup kamu sejahtera:

  1. Memiliki Tujuan Hidup 

Setiap manusia diharapkan selalu memiliki tujuan hidup. Jika tidak memiliki tujuan hidup maka hidup menjadi tidak jelas dan terombang-ambing dengan keadaan. Selain itu, tanpa tujuan hidup seolah-olah tidak ada artinya.

Jangan menjadi orang yang memiliki keinginan untuk hidup seperti air yang mengalir atau menyerahkan segala kehidupan pada alur hidup. Jika terus-terusan hidup seperti ini maka kamu akan menjadi korban keadaan serta perubahan zaman. Perlu digarisbawahi bahwasanya air itu akan mengalir ke bawah atau ke tempat yang lebih rendah.

  1. Bisa Menerima Diri Sendiri

Salah satu cara supaya kamu bisa hidup sejahtera adalah bisa menerima diri sendiri, baik itu kekurangan maupun kelebihannya. Apabila kamu merupakan sosok yang tidak bisa menerima diri sendiri sebaiknya segera ubah hal tersebut. Jika tidak maka hidup kamu tidak akan bahagia. Menerima diri sendiri berarti kamu adalah orang yang bisa bersyukur dengan semua kondisi atau keadaan yang ada.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Menerima Masa Lalu dengan Ikhlas

Apabila kamu ingin memiliki kebahagiaan maka harus bisa menerima masa lalu dengan ikhlas. Tidak ada manusia yang tidak memiliki masa lalu, baik itu masa lalu yang menyedihkan ataupun membahagiakan. Meskipun kamu pernah mengalami kejadihan pahit sebaiknya terima masa lalu tersebut dengan ikhlas.

Hidup dengan dihantui masa lalu itu tidak ada manfaatnya. Terlebih kejadian di masa lalu tidak bisa dihapus dan waktu juga tidak bisa diputar kembali. Oleh karena itu, salah satu cara paling tepat untuk menyikapinya adalah dengan memaafkan diri sendiri atas semua kesalahan yang pernah dilakukan.

  1. Selalu Bersyukur atas Semua Hal yang Dirasakan 

Tanda hidup sejahtera selanjutnya yaitu selalu bersyukur atas semua hal yang dirasakan. Sebagai manusia tentu harus sadar diri untuk selalu mengucap syukur atas semua yang dimiliki. Banyak hal yang harus disyukuri setiap harinya, misalnya bangun tidur masih bisa bernafas, diberi kesehatan, semua aktivitas bisa dijalankan dengan baik, memiliki keluarga yang lengkap dan masih banyak lagi.

  1. Memiliki Hubungan yang Baik dengan Orang Sekitar 

Sebagai makhluk sosial tentu kamu tidak bisa hidup sendiri dan akan selalu menjalin hubungan dengan orang lain. Meskipun kamu merupakan orang yang sangat kaya tetapi harus memiliki hubungan yang baik dengan orang sekitar. Dengan begini maka saat sedang tidak berdaya sekalipun kamu tidak sungkan untuk meminta bantuan orang lain.

  1. Berani Investasi 

Kata investasi yang dimaksud disini bukan kamu memiliki keberanian mengambil risiko yang besar untuk menanamkan uang yang dimiliki pada instrumen investasi. Investasi tidak hanya melulu soal menanamkan uang tetapi kamu bisa melakukan investasi pada diri sendiri. 

Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah yaitu contohnya bersedia meluangkan waktu yang dimiliki untuk belajar skill terbaru. Selain itu, kamu rela mengeluarkan uang untuk membayar proses belajar tersebut. Ilmu itu merupakan hal yang sangat berharga, sehingga saat mendapatkan pengetahuan baru maka akan memperluas peluang dan meminimalisir kegagalan. 

Nah itulah 6 tanda hidup kamu sejahtera. Dari keenam tanda hidup sejahtera yang disebutkan diatas, mana saja yang sudah kamu miliki? 

Penulis: Raka 17 Mar 2022 310