Cara Melindungi Diri Ketika Pandemi

Cara Melindungi Diri Ketika Pandemi

Pandemi virus corona memang banyak memberikan dampak bagi hidup kita. Selama kurang lebih 2 tahun kebelakang, kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah hingga mengakibatkan aktivitas fisik berikut interaksi sosial menjadi berkurang. Kondisi ini berdampak buruk bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri kita dari risiko Covid-19?

Trik Meningkatkan Kesehatan Di Tengah Pandemi

Sobat WE+, berikut beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar selalu sehat di masa pandemi: 

  1. Olahraga Secara Teratur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aktivitas fisik di dalam rumah banyak berkurang sejak masa pandemi dimulai. Sekarang ini, melakukan olahraga secara rutin meski tanpa peralatan di rumah menjadi ‘harus’ alih-alih hanya sebatas keinginan semata. Rutin berolahraga dinilai bakal membawa banyak perbedaan pada kesehatan kita.

Kamu cukup lakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang sekurangnya 150 menit selama 1 minggunya. Aktivitas fisik seperti ini bisa menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga meningkatkan kesehatan secara umum.

  1. Meluangkan Waktu Untuk Bersosialisasi dengan Jarak

Kebijakan larangan bepergian dan anjuran untuk tetap berada di rumah mengakibatkan cukup banyak waktu untuk bersosialisasi tatap muka berkurang. Bagi sejumlah orang, kondisi seperti ini bisa menyebabkan stres. Guna menjaga kesehatan mental kamu, cobalah untuk meluangkan waktu barang sebentar untuk berkomunikasi dengan orang lain. Meskipun hanya melalui pesan suara maupun video call.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Sleep Hygiene

Beristirahat secara cukup jadi salah satu komponen yang penting dari aktivitas keseharian kita. Faktanya, banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah malah membuat jadwal tidur kebanyakan orang menjadi tidak teratur. Padahal, kebiasaan tidur yang baik penting untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang prima. Pastikan untuk tidur sekitar 7-9 jam dalam 1 hari dengan jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya.

  1. Membatasi Durasi Screen Time

Durasi menatap layar per harinya harus dibatasi agar tidak menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS). Sebagaimana kita ketahui, sebagian besar perusahaan dan instansi sekolah menetapkan WFH dan SFH demi menjaga karyawan berikut murid didiknya dari risiko terkena Covid-19. Pada tahap ini, kamu bisa menerapkan rumus 20-20-20. Maksudnya, selama 20 menit kamu boleh menatap layar dan 20 detik untuk melihat objek lain yang jaraknya sekitar 20 kaki atau 6 meter.

  1. Menggunakan Pelembab Pada Tangan

Agar risiko terkena virus Covid-19 bisa diminimalisir, kita wajib sering mencuci tangan, baik itu menggunakan sabun maupun hand sanitizer. Namun perlu diingat, keseringan mencuci tangan dengan sabun juga bisa menyebabkan kulit jadi kering. Dimana kulit yang kering dan pecah-pecah bisa memudahkan kuman dan bakteri lain masuk ke tubuh kamu. Sebagai saran, gunakan pelembab setelah kamu mencuci tangan. Pelembab sendiri berguna untuk mencegah dan membantu mengatasi kulit tangan yang kering.

  1. Mengatur Pola Makan

Pada dasarnya, apa yang kita konsumsi bisa mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mencegah, melawan, dan membantu pemulihan dari infeksi. Walaupun tak ada jenis makanan atau suplemen yang bisa langsung mencegah dan menyembuhkan infeksi virus corona, penerapan pola makan yang sehat dalam mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

Ada beberapa hal yang bisa diupayakan seperti mengkonsumsi berbagai sayur dan buah segah, mengurangi konsumsi lemak dan minyak, mengurangi konsumsi garam, membatasi jumlah gula, dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, asupan nutrisi yang baik bisa mengurangi risiko berkembangnya masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi dirimu di saat pandemi. Cukup praktis bukan? Semoga berbagai tips ini bisa membantu kamu agar selalu sehat ya! 

Penulis: Raka 10 Nov 2022 41