Bisa Mengancam Kita, 5 Fakta Penyakit Lupus Wajib Diketahui

Bisa Mengancam Kita, 5 Fakta Penyakit Lupus Wajib Diketahui

Halo sobat WE+, apakah kamu pernah dengar tentang penyakit lupus? Memang sekilas penyakit ini kurang populer dibandingkan dengan penyakit lainnya semisal darah tinggi, diabetes, jantung ataupun kanker. Akan tetapi, nyatanya penyakit ini tidak kalah seriusnya dengan penyakit yang telah disebutkan sebelumnya. Lupus adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem imun manusia dan cukup berbahaya jika tidak dilakukan pengobatan secara intens.

Meskipun jumlah penderitanya di Indonesia terbilang cukup banyak, tapi pengetahuan penyakit ini masih minim. Akibatnya banyak yang tidak tahu bahwa gejala awal yang dialami ketika sakit adalah gejala dari lupus. Penting untuk kamu ketahui juga, bahwa gejala penyakit ini hampir sama dengan gejala penyakit lainnya. Sehingga banyak yang terkecoh, lho ketika menderita penyakit yang satu ini.

5 Fakta Penyakit Lupus yang Wajib Diketahui

Semakin penasaran dengan penyakit lupus ini? Beberapa faktanya bisa kamu cek di bawah ini. Sebab penting sekali untuk mengetahuinya agar saat gejala muncul bisa langsung tertangani. Jadi, akan lebih maksimal penangannya dari awal dan tidak sakit berkelanjutan;

1. Lupus Adalah Jenis Penyakit Kronis Autoimun

Lupus adalah sejenis penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan pada jaringan ikat dan efek buruknya dapat merusak beberapa organ. Lupus terjadi ketika tubuh mengalami masalah dengan kekebalan tubuh. Akibatnya imun justru menyerang balik tubuh, lho dan dapat mempengaruhi sendi, jantung, paru-paru, ginjal, sistem saraf dan sel-sel darah.

2. Pasien Lupus Didominasi Kaum Wanita

Yang penting dan perlu kamu ketahui jika penyakit lupus ini paling banyak menyerang wanita, lho. Paling sering lupus akan menyerang wanita dengan rentang usia 18 hingga 45 tahun. Selain itu, wanita hamil juga rentan terkena penyakit lupus.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Apabila lupus terjadi saat hamil, sebaiknya berhati-hati karena kesehatan ibu dan janin bisa terganggu. Namun, semuanya akan membaik jika dapat ditangani dengan baik. Oh, ya meskipun banyak menyerang wanita, ada pula beberapa pria yang bisa terkena lupus.

3. Sulit Didiagnosis

Diagnosis lupus tidak mudah dan sering terlambat. Penyebabnya adalah karena gejala lupus sering menyerupai gejala berbagai penyakit. Oleh sebab itu, lupus juga kerap diberi nama dengan penyakit 1000 wajah.

Karena gejala yang sulit untuk diketahui inilah para dokter tertantang untuk menemukan cara alternatif sehingga dapat melakukan diagnosis lupus sejak dini dan tepat. Meskipun terdapat tes laboratorium, tetap tidak bisa membantu dengan akurat. Harus terdapat cara lain yang paling tepat dan tidak membutuhkan waktu lama.

4.  Penyebab Lupus Belum Diketahui Secara Pasti

Sama halnya dengan gejalanya yang tidak bisa ditetapkan secara pasti, begitu pula dengan penyebab terjadinya lupus. Meskipun telah terdapat penelitian yang mengemukakan bahwa gen memiliki peran penting, tapi hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Masih terdapat pemicu lain yang saat ini masih menjadi misteri.

5. Pasien Lupus Tetap Bisa Menjalani Hidup dengan Normal

Kamu yang sedang menderita sakit lupus, tidak perlu khawatir sebab dengan pengobatan yang dilakukan secara tepat kamu bisa tetap hidup normal. Hidup layaknya orang normal yang tidak menderita lupus. Justru yang berbahaya adalah jika kamu sudah putus harapan, kehilangan semangat dan menyerah, maka akan berpengaruh buruk pada kesehatan,lho.

Nah, sekarang pengetahuanmu tentang penyakit lupus ini semakin bertambah. Memang sih, belum ada pengobatan tepat untuk mengobati lupus hingga sembuh total karena penyakit ini kerap meniru penyakit lain. Akan tetapi, dengan semangat tinggi, yakin saja jika lupus tidak akan bisa membuatmu lemah dan tidak bisa beraktivitas secara normal. Semoga bermanfaat, ya sobat WE+!

Penulis: Raka 28 Dec 2020 24