Selain Stress, Ini Macam-macam Penyebab Insomnia

Selain Stress, Ini Macam-macam Penyebab Insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur yang bisa dialami oleh siapapun termasuk kamu. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab insomnia, salah satunya adalah stress. Namun, penyebab dari insomnia tidak hanya itu, ada hal-hal lain yang bisa membuatmu kesulitan untuk tidur di malam hari. Apa saja itu? Simak yuk, penjelasan lengkapnya.

Ini Dia Macam-macam Penyebab Insomnia Yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu merasa baik-baik saja dan tidak mengalami stres, namun ternyata menderita insomnia? Ternyata, stres itu bukanlah satu-satunya penyebab kamu susah tidur. Simak nih, beberapa hal yang mungkin tidak kamu sadari, tapi ternyata menjadi pemicu insomnia.

  1. Kamu Memiliki Gangguan Kesehatan

Kamu perlu tahu bahwa insomnia ternyata bisa menjadi salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan. Beberapa jenis penyakit yang biasanya membuatmu menjadi susah tidur antara lain adalah gangguan pencernaan dan bisa juga gangguan jantung.

Bagi kamu yang menderita sakit asma atau diabetes, besar kemungkinan juga akan mengalami insomnia. Apabila kamu merasa sulit tidur di malam hari dalam jangka waktu lama, ada baiknya periksakan diri ke dokter. Hal ini untuk mendeteksi kemungkinan kamu mengalami gangguan kesehatan.

  1. Gaya Hidupmu Kurang Sehat

Perlu kamu ketahui, bahwa gaya hidupmu juga memiliki andil terhadap insomnia yang kamu derita. Kebiasaan merokok, mengkonsumsi NAPZA, dan juga alkohol dapat membuatmu sulit tidur di malam hari. 

  1. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Bagi kamu yang sedang dalam masa perawatan dan mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, ada kemungkinan mengalami insomnia. Hal ini karena ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan kamu sulit untuk tidur.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan insomnia antara lain adalah obat anti kejang, antidepresan, dan juga anti inflamasi nonsteroid. Selain itu, obat asma dan penurun tekanan darah juga bisa memicu kamu merasa sulit tidur di malam  hari.

  1. Faktor dari Lingkungan Sekitarmu

Lingkungan tempat tinggalmu terlalu bising? Suara bising dari sekitar jelas dapat mengganggu dan menurunkan kualitas tidur. Sebisa mungkin usahakan agar ruangan tidurmu tidak terganggu dengan suara-suara bising dari luar. 

Selain suara bising, udara yang terlalu dingin atau panas juga dapat mengganggu tidurmu. Buatlah suhu udara di dalam ruang tidur senyaman mungkin agar kamu bisa tidur dengan nyaman dan berkualitas.

  1. Kamu Tidur Siang Terlalu Lama

Masih suka tidur siang dalam waktu yang lama meski malamnya kamu susah tidur? Kamu harus mengubah kebiasaan ini kalau tidak mau menderita insomnia. Jam tidur siang yang terlalu lama bisa mengurangi waktu tidurmu di malam hari. Hal ini karena tubuh merasa segar dan siap beraktivitas dalam waktu lama setelah banguntidur siang.

  1. Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Bijaklah dalam menggunakan gadget. Meski kamu merasa nyaman menggunakan gadget sebelum tidur, namun ternyata hal ini akan berpengaruh kurang baik terhadap kualitas tidurmu. Sinar biru dari gadget dapat membuat otakmu berpikir bahwa hari masih terang sehingga tidak mengirimkan sinyal ngantuk pada tubuh. 

Selain itu, menggunakan gadget untuk memeriksa akun media sosial juga bisa membuat susah tidur, loh. Tahu mengapa? Karena ini bisa saja menimbulkan rasa cemas atau mungkin iri setelah membaca unggahan yang ada.

  1. Bermalas-malasan di Siang Hari Bisa Jadi Penyebab Insomnia

Bermalas-malasan di siang hari, selain tidak produktif, hal ini juga bisa membuatmu sulit tidur di malam hari. Kurangnya aktivitas fisik pada siang hari membuat tubuhmu tidak merasa lelah dan terus bugar hingga malam. Atau bahkan, karena tidak banyak beraktivitas fisik, kamu akan menghabiskan banyak waktu dengan tidur siang.

Sebaiknya segera kenali penyebab insomnia yang kamu alami untuk bisa dicari solusinya. Karena mengenai kesehatan tubuh dan bisa berdampak buruk untuk kesehatan jika dibiarkan, maka jangan abaikan insomnia ini ya sobat WE+. Cobalah berbagai cara di atas agar insomniamu bisa sembuh! 

Penulis: Raka 27 Nov 2021 22