Tak Sulit Kok! Begini Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Tak Sulit Kok! Begini Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Jika dilihat sampah yang paling besar jumlahnya kemungkinan adalah plastik karena hampir semua aktivitas manusia menggunakannya. Mulai dari wadah makan dan minum hingga perabotan banyak yang dibuat menggunakan bahan plastik. Daur ulang sampah plastik menjadi solusi agar tidak merusak lingkungan. Ya, sampah plastik adalah salah satu polutan karena tidak bisa diuraikan di dalam tanah.

Mengurangi penggunaan wadah plastik seperti botol minuman dan mengganti tas belanja dengan bahan kain adalah tindakan bijaksana. Selebihnya Sobat We+ bisa melakukan upaya menjadikan sampah plastik sebagai sesuatu yang berguna.

Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik

1. Membuat Berbagai Barang dari Botol Plastik

Tidak perlu bersusah payah memikirkan teknologi canggih untuk melakukan daur ulang pada sampah plastik. kamu bisa melakukan hal yang sederhana saja untuk menjadikan sampah plastik sebagai sesuatu yang lebih berguna. Sampah plastik yang dibiarkan begitu saja hanya akan menjadi sampah tidak terurai dan menyebabkan pencemaran tanah.

Mengapa kamu tidak mencoba untuk membuat berbagai macam barang lucu dari sampah botol plastik bekas saja. Beberapa barang-barang lucu yang bisa kamu buat dari botol plastik misalnya tempat pensil, pot bunga, vas bunga, wadah pakan burung dan sebagainya.

Kalau botol plastik bekas yang kamu miliki berukuran besar bisa digunakan untuk membuat celengan. Kalau kamu pandai membuat kerajinan dari botol plastik bekas dan menjadi beragam barang bagus dan lucu pasti akan laku dijual.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

2. Tas Daur Ulang dari Bungkus Plastik

Bukan hanya botol plastik bekas yang bisa dijadikan berbagai barang kerajinan yang bagus dan berguna. Salah satunya adalah tas yang bisa kamu buat dari beberapa kemasan bungkus plastik. Sekarang ini hampir semua keperluan yang digunakan sehari-hari bungkusnya dibuat dari plastik. 

Kemasan plastik digunakan mulai dari perawatan pribadi seperti shampo, sabun hingga keperluan dapur seperti minyak dan lainnya. Bahkan sekarang ini sudah banyak orang yang menjual hasil kerajinan tas dari kemasan bungkus plastik bekas. Dengan sedikit kreativitas kamu bisa menyulap kemasan plastik menjadi tas yang lucu.

3. Menyetorkan Sampah Plastik ke Bank Sampah

Ada cara lain yang lebih mudah untuk dilakukan kalau tidak sempat mengolah sampah plastik menjadi barang kerajinan yang berguna. Cara yang dimaksud yaitu menyetorkan sampah plastik ke bank sampah terdekat. kamu bisa mencari informasi dari internet dimana ada bank sampah yang dekat dengan domisili kamu.

Sekarang ini telah tercatat setidaknya tercatat ada 2800 lebih bank sampah yang ada di Indonesia dan tersebar di banyak kota. Bank sampah yang digagas oleh Unilever misalnya tersebar di berbagai kota seperti Yogyakarta, Surabaya, Medan, Jabodetabek, Denpasar, Balikpapan, Manado, Makassar dan kota-kota lainnya.

4. Proses Daur Ulang Plastik Menggunakan Teknologi

Beberapa industri sudah mulai memikirkan bagaimana cara untuk mendaur ulang sampah plastik. Proses daur ulang pada sampah plastik melalui beberapa tahapan yaitu :

  1. Pengumpulan sampah plastik secara tepat dengan cara memisahkan sampah dari plastik dengan non plastik
  2. Penyortiran sampah plastik berdasarkan jenis plastiknya, kandungan resinnya dan cara pembuatannya.
  3. Pencucian sampah plastik agar bersih dari kotoran dan semua materi non plastik misalnya label kertas.
  4. Pemotongan sampah plastik (resizing) menjadi serpihan berukuran kecil.
  5. Pemisahan serpihan berdasarkan pada tingkat kepadatannya.
  6. Penggabungan dimana serpihan-serpihan tersebut diolah menjadi butiran pelet plastik kemudian disetorkan kepada pabrik untuk dibuat menjadi barang yang bermanfaat.

Tidak harus menggunakan teknologi yang canggih karena daur ulang sampah plastik juga bisa Sobat We+ lakukan secara sederhana. Membuat kerajinan dari botol plastik bekas misalnya sudah menjadi langkah sederhana dalam rangka daur ulang sampah plastik. Yuk, daur ulang sampah mu sekarang juga!

Penulis: Raka 28 Jan 2021 680