3 Alasan Memilih Sepeda Lipat Beserta Tips-Tipsnya

3 Alasan Memilih Sepeda Lipat Beserta Tips-Tipsnya

Sepeda lipat atau biasa disebut seli dulu sempat menjadi favorit masyarakat dan sekarang mulai dikenal lagi sejak booming aktivitas bersepeda. Orang-orang sedang menyenangi bersepeda sebagai bentuk hobi baru sejak merebaknya pandemi virus corona. Sejak itu jugalah harga dan pamor sepeda melonjak drastis termasuk seli. Bagi sobat WE+ yang ingin membeli sepeda, inilah beberapa alasan untuk membelinya. 

3 Alasan Membeli Sepeda Lipat 

1. Praktis dan Mudah Dibawa Kemana Saja 

Berbeda dengan jenis sepeda lain, sepeda lipat jelas lebih mudah dan praktis untuk kamu bawa kemanapun. Seperti namanya, sepeda ini bisa dilipat menjadi bentuk yang lebih kecil dan bisa kamu bawa dengan mudah. Kamu juga bisa memasukkannya ke bagasi mobil sehingga saat bepergian, kamu bisa membawanya.

2. Sangat Fleksibel untuk Digunakan

Selain mudah dibawa, sepeda lipat ini juga sangat mudah untuk disimpan ketika kamu membawanya ke kantor atau ke tempat lainnya. Sobat WE+ tidak perlu kerepotan mencari tempat parkir sepeda karena seli bisa dilipat dan disimpan dimana saja. Tentunya lebih fleksibel bukan?

3. Membuat Hidup Lebih Sehat 

Dengan fleksibilitas dan kemudahan penggunaannya, rasanya sulit sekali untuk mencari alasan tidak olahraga dengan sepeda lipat ini. Akibatnya, kamu juga akan menjadi lebih sehat dan lebih mudah menerapkan gaya hidup yang sehat dengan seli ini. Sangat menarik bukan?

4 Tips Memilih Sepeda Lipat yang Tepat 

Momen kembali viralnya sepeda lipat ini digunakan dengan baik oleh pedagang sepeda untuk mendapatkan laba. Agar tidak tertipu membeli seli yang kurang bagus kualitasnya lihat dulu bagaimana tips memilihnya berikut ini.

1. Pertimbangkan Teknologi Lipatan Sepeda

Pertimbangan orang memilih seli adalah kepraktisannya yang mudah dibawa kemana saja karena ukurannya bisa dibuat menjadi sangat kecil. Ada 2 macam teknologi lipatan pada seli yaitu 2 dan 3. Sepeda dengan teknologi 2 lipatan tentu saja akan lebih besar daripada yang 3 lipatan.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Seli dengan 2 lipatan teknologinya ada di bagian tengah dan juga stang pasangan 3 lipatan kamu bisa melipatnya 3 titik yaitu tengah, stang dan belakang. Bukan berarti semua orang lebih suka dengan seli 3 lipatan karena hal tersebut lebih tepat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

2. Lihat Harganya

Sedang trendingnya bersepeda memang membuat harga sepeda menjadi lebih mahal dari sebelumnya. Nah, karena itulah penting untuk melihat harga sepeda sebelum memutuskan membelinya. Sudah wajar kalau seli dengan teknologi, merk, bahan dan komponen yang lebih bagus harganya lebih mahal.

Namun sangat tidak disarankan untuk memaksakan diri membeli seli dengan harga mahal kalau anggaran tidak ada. Sebaiknya sesuaikan harga sepeda dengan budget yang kamu miliki saja.

3. Bahan pada Rangka

Seperti sepeda jenis lainnya seli juga memiliki berbagai macam bahan rangka. Apa bahan yang dibuat menjadi rangka sepeda tersebut akan berpengaruh pada harga, bobot dan kecepatannya. Seli dengan rangka dari besi harganya lebih murah jika dibandingkan alumunium hanya saja bobotnya lebih berat. Sedangkan seli yang rangkanya dibuat dari serat karbon bobotnya lebih ringan daripada bahan alloy. Namun serat karbon harganya juga lebih mahal daripada alloy.

4. Sistem Percepatan

Sepeda lipat memiliki setidaknya 3 jenis sistem percepatan yang berbeda. Sepeda dengan single speed hanya memiliki satu jenis percepatan saja sehingga Sobat WE+ tidak bisa mengubahnya. Tipe ini memang dari segi harga lebih murah hanya saja kalau dikendarai akan membuat Kamu lebih cepat capek saat berjalan di trek menanjak.

Sedangkan tipe kedua adalah seli dengan internal gear dimana rasio kecepatan bisa dipilih pengendara tergantung dari spesifikasinya. Untuk seli dengan eksternal gear Kamu bisa memilih berbagai pilihan percepatan sesuai keinginan. Dari ketiga tipe tersebut memang seli dengan internal gear dibanderol dengan harga paling mahal. 

Sepeda lipat menjadi pilihan yang tepat bagi Sobat We+ yang ingin sepeda yang praktis dan juga fleksibel. Seli juga sangat pas dipakai di daerah perkotaan dimana masyarakatnya memiliki mobilitas tinggi yang mengharuskan berpindah-pindah tempat. Jangan lupa juga terapkan berbagai tips ini saat membelinya ya!

Penulis: Raka 20 Jan 2021 197