Sulit Konsentrasi? Inilah 8 Cara Agar Tetap Fokus Bekerja

Sulit Konsentrasi? Inilah 8 Cara Agar Tetap Fokus Bekerja

Mempertahankan fokus dalam bekerja ternyata tak semudah membuat fokus saat akan mulai bekerja. Pasalnya, manusia memang memiliki kecenderungan untuk mudah hilang fokus ketika sedang mengerjakan sesuatu. Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar senantiasa fokus saat bekerja. 

Tips Manjur Agar Fokus Dalam Bekerja

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gagal fokus ketika bekerja. Ini juga tergantung dari sifat dan karakter pekerja yang tentu saja berbeda-beda. Namun umumnya beberapa cara di bawah ini dapat mengatasi masalah fokus saat bekerja. Boleh ditiru cara-cara berikut: 

  1. Selalu Sempatkan untuk Sarapan Sebelum Bekerja

Sebelum memulai pekerjaan sebaiknya memang pekerja telah siap fisik dan mental dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Salah satu diantaranya adalah dengan mengisi perut dengan makanan bergizi. Ketika perut telah terisi maka fokus saat bekerja dapat dipertahankan lebih lama.

  1. Siapkan Minum atau Camilan di Dekat Tempat Kerja

Bila sebelum mulai disarankan agar sarapan terlebih dahulu, maka baiknya juga sediakan minuman secukupnya dan sedikit makanan kecil yang mudah dijangkau. Bila sewaktu-waktu fokus menjadi berkurang karena haus dan lapar melanda, maka pekerja tidak perlu meninggalkan meja kerja. 

  1. Buat Meja Kerja Selalu Rapi dan Tertata

Fokus saat bekerja bisa didapatkan apabila suasana kerja dan meja yang tersusun rapi akan memudahkan pekerjaan. Bayangkan saja bila membutuhkan file tertentu dan disimpan di tempat yang tidak tertata maka banyak waktu terbuang untuk mencarinya. Karena itulah usahakan agar meja kerja selalu dalam kondisi yang rapi dan file diletakan di tempat yang sesuai dengan kategorinya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Kurangi Suara Bising dengan Menggunakan Headphone

Kebisingan merupakan hal yang tidak nyaman didengar saat bekerja dan mengganggu fokus saat bekerja. Entah itu senda gurau rekan-rekan kerja atau mungkin juga memang ruangan kerja yang tidak kedap suara. Itu akan mengganggu konsentrasi. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan headphone agar suara bising dapat diminimalisir. 

Sebagian orang akan lebih fokus saat bekerja dan produktif bekerja bila mendengarkan musik. Nah bisa juga dengarkan musik yang disukai saat bekerja. Musik-musik yang disetel tergantung selera musik pekerja. 

  1. Matikan Notifikasi HP 

Ini dia salah satu yang sering menyita waktu pekerja dalam bidang apapun. Chatting pada saat bekerja. Mungkin awalnya hanya berpikir hanya sebentar namun percayalah itu akan memancing perbincangan-perbincangan berikutnya. Baiknya aplikasi chat di hp dimatikan atau letakkan hp pada posisi yang tak terlihat mata. Bisa di dalam tas atau dalam loker. 

  1. Jangan Membuka Medsos 

Media sosial juga merupakan salah satu penyita waktu dan pengganggu fokus dalam bekerja. Seperti biasa niatnya hanya sekedar melepas penat tatu melongok dan scrolling sebentar apa yang sedang hits. Jangan salah hal ini akan terus menggoda dan membuat waktu banyak terbuang sia-sia. 

  1. Matikan Notifikasi Email 

Salah satu pengganggu konsentrasi dan fokus saat bekerja berikutnya adalah notif email yang seringkali muncul saat bekerja. Padahal terkadang itu bukan email penting. Baiknya notif email dimatikan sementara. Setting notif hanya pada email yang memang diperlukan saat itu juga. 

  1. Matikan Jaringan Internet di Laptop

Apabila memungkinkan, putus sementara sambungan internet di laptop ketika sedang menyelesaikan tugas yang tidak membutuhkan jaringan internet. Sortir terlebih dahulu pekerjaan yang bisa dilakukan offline. Bila membutuhkan materi pekerjaan online, sebisa mungkin disimpan terlebih dahulu datanya kemudian diolah offline. Setelah selesai barulah nyalakan kembali jaringan internetnya.

Beberapa cara di atas boleh dicoba agar kita bisa lebih fokus dalam bekerja dan pekerjaan lebih cepat selesai. Ingatlah agar selalu menyesuaikan karakteristik pribadi agar efisiensi dapat dicapai. Pekerjaan diselesaikan lebih cepat dan berkualitas tentunya sangat menyenangkan ya. Selamat bekerja! 

Penulis: Raka 20 Aug 2021 35