Pahami Gejala Awal Ketika Terinfeksi Covid-19

Pahami Gejala Awal Ketika Terinfeksi Covid-19

Hai Sobat We+, seperti yang kita tahu wabah virus Covid-19 telah terjadi hampir di seluruh penjuru dunia selama setahun ini. Bahkan di awal tahun 2021 pun wabah Covid-19 masih terus memakan korban baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya di seluruh dunia. Walaupun sudah berlangsung selama setahun, akan tetapi masih banyak yang belum menyadari apa saja gejala awal seseorang yang terinfeksi Covid-19. 

Bahkan saat ini mulai muncul gejala-gejala baru yang patut diwaspadai sebagai kemungkinan seseorang terinfeksi Covid-19. Untuk itu simak apa saja gejala awal ketika terinfeksi Covid-19 berikut ini. 

5 Gejala Awal Seseorang Terinfeksi Virus Covid-19

1. Demam dan Kelelahan

Gejala awal yang umumnya timbul saat seseorang terinfeksi Covid-19 adalah kelelahan dan demam. Ini merupakan gejala yang sering umum muncul di awal infeksi virus corona. Kelelahan bisa menjadi pertanda bahwa seseorang telah terinfeksi Covid-19. Gejala ini muncul 7 hari setelah seseorang terpapar virus corona. Gejala berupa kelelahan paling dominan ditemukan dari pasien yang terinfeksi dan seringkali dibarengi dengan demam. 

Meski begitu kelelahan dan demam tidak lantas menjadi penentu seseorang positif Covid-19, karena bisa saja terjadi akibat faktor yang lain. Akan tetapi apabila kamu menemukan seseorang di sekitar kamu mengalami gejala kelelahan dalam jangka waktu lama dan justru semakin parah kondisinya, maka sarankan untuk periksa ke dokter. 

2. Batuk dan Flu

Gejala berikutnya yang kerap dirasakan oleh pasien terinfeksi Covid-19 adalah batuk dan flu. Covid-19 merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan, sehingga sering ditemui gejala seperti orang terserang flu. Umumnya pasien terinfeksi Covid-19 akan mengalami batuk tidak berdahak, hidung tersumbat, pilek, sakit kepala hingga sakit tenggorokan. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Meskipun bisa jadi gejala-gejala ini karena faktor lain, akan tetapi biasanya akan diikuti dengan sesak napas yang muncul di akhir minggu pertama dan semakin parah dan mengganggu di minggu kedua. Apabila Sobat We+ menemukan kerabat atau orang-orang di sekitar yang mengalami gejala seperti flu ini, segera sarankan untuk melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu. 

3. Masalah Pencernaan

Gejala terinfeksi Covid-19 lainnya yang biasanya ikut muncul adalah masalah pencernaan seperti mual serta diare. Meskipun awalnya tidak dianggap sebagai tanda Covid-19, namun setelah ditemukan sebagian besar pasien mengalami gejala masalah pencernaan, saat ini gejala tersebut telah masuk kategori gejala awal terinfeksi Covid-19. Pasien yang terinfeksi akan merasakan rasa tidak nyaman pada perut. Mereka akan mengalami hal-hal semacam mual atau diare. 

4. Anosmia

Anosmia telah ditambahkan sebagai gejala baru awal terinfeksi Covid-19. Anosmia ini ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk mencium bau dan mengecap rasa. Gejala ini muncul disertai dengan gejala batuk dan pilek. 

Gejala anosmia resmi ditambahkan dalam daftar gejala resmi pada pertengahan Mei 2020. Dimana dari penelitian ditemukan bahwa orang-orang positif Covid-19 melaporkan bahwa mereka tidak bisa mencium bau dan mengecap rasa selama 4 minggu sebelumnya. 

5. Ruam Kulit

Gejala awal yang bisa Sobat We+ lihat secara konkrit ketika terinfeksi Covid-19 adalah ruam kulit. Sekilas akan terlihat seperti cacar air dan campak. Ciri-ciri ruam kulit pada pasien positif Covid-19 ditandai sebagai berikut:

  • Rasa gatal dan bentol pada kulit
  • Sebagian kulit melepuh
  • Muncul bentol-bentol sekaligus bruntusan
  • Ruam kulit tidak merata
  • Ruam membentuk pola kemerahan besar di kulit

Itulah 5 gejala awal terinfeksi Covid-19 yang umum terjadi. Apabila Sobat We+ mendapati kerabat, orang-orang sekitar maupun diri sendiri mengalami kelima gejala di atas, sebaiknya jangan panik dan segera lakukan isolasi mandiri serta perbanyak asupan makanan bergizi. Jika gejala tak kunjung mereda, maka segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Penulis: Raka 08 Jan 2021 154