Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru dengan Langkah Sederhana

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru dengan Langkah Sederhana

Paru-paru merupakan salah satu organ yang berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia. Paru-paru memiliki peran sebagai tempat penukaran oksigen yang masuk dari udara melalui pernapasan dengan karbon dioksida yang ada di dalam darah. Oleh karena itu, kondisi paru-paru harus selalu dijaga dengan melakukan beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. 

Merawat kesehatan paru-paru memang harus dilakukan mulai sekarang karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Paru-paru yang mengalami gangguan akan muncul gejala-gejala seperti sesak napas, batuk yang tidak kunjung sembuh, dada terasa tidak nyaman atau nyeri ketika batuk, dan mengalami batuk yang disertai dengan lendir atau darah. Sebelum kamu mengalami gejala-gejala tersebut alangkah baiknya jika kamu melakukan cara menjaga kesehatan paru-paru berikut ya sobat WE+!

5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru dengan Mudah

1. Berhenti Merokok

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang pertama adalah dengan cara berhenti merokok. Merokok merupakan penyebab utama terjadinya gangguan pada paru-paru. Pada dasarnya rokok tidak memiliki manfaat pada kesehatan tubuh, justru malah sebaliknya. Merokok dapat meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit terutama penyakit yang menyerang organ paru-paru. 

Merokok sama saja dengan memasukkan zat-zat beracun ke dalam paru-paru seperti nikotin, karbon monoksida, dan tar. Kandungan-kandungan tersebut dapat membuat kondisi paru-paru menjadi terganggu karena organ paru-paru sulit membersihkan diri dan juga mengalami iritasi di bagian jaringannya. Jika seseorang terus-menerus merokok, maka dengan seiring berjalannya waktu saluran pernapasan akan mengalami penyempitan dan mengakibatkan seseorang kesulitan bernapas.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

2. Rutin Berolahraga

Selain dapat membuat badan menjadi lebih bugar dan menjaga berat badan, berolahraga secara rutin juga dapat melatih pernapasan. Ketika tubuh melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, maka paru-paru akan bekerja lebih kuat lagi dalam memasukkan oksigen dan membuang karbondioksida keluar tubuh. Jenis olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah olahraga kardio, diantaranya adalah jalan kaki, berenang, berlari, dan bersepeda.

3. Konsumsi Air Putih Secara Rutin

Di bagian dalam paru-paru terdapat lapisan lendir tipis yang biasanya berfungsi membantu paru-paru agar bekerja lebih baik. Agar kondisi lapisan lendir tersebut tetap dalam keadaan baik  sebaiknya kamu rutin mengkonsumsi air putih dengan teratur dengan begitu lapisan lendir tersebut akan tetap tipis dan tidak akan mengganggu fungsi paru-paru.

4. Rutin Membersihkan Pelembab Ruangan

Pelembab ruangan memang memberikan efek udara yang segar dan dapat membantu pernapasan menjadi lebih baik karena dapat membersihkan udara di sekitar ruangan. Namun, apa jadinya jika kamu jarang membersihkan pelembab ruangan secara rutin. Pasti di dalam pelembab ruangan tersebut bersarang berbagai jamur dan bakteri yang dapat terhirup masuk ke dalam paru-paru. Jika hal tersebut sampai terjadi maka dapat mengakibatkan paru-paru mengalami infeksi dan peradangan.

5. Rutin Mencuci Tangan

Cara menjaga kesehatan paru-paru selanjutnya yang paling mudah dilakukan yaitu dengan rutin mencuci tangan karena dengan sering mencuci tangan dapat membuat kesehatan paru-paru tetap terjaga. Dengan rutin mencuci tangan kamu akan terhindar dari penyakit yang dapat membuat sistem pernapasan dan organ paru-paru terganggu diantaranya seperti penyakit flu dan virus Corona yang saat ini sedang mewabah di seluruh penjuru dunia. 

Nah, itulah cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah dilakukan. Mulai sekarang lakukan cara-cara di atas agar paru-paru kamu selalu sehat dan dapat berfungsi dengan normal. Selain melakukan cara-cara tersebut, iringi juga dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Penulis: Raka 30 Jan 2021 35