Rekomendasi, 6 Destinasi Wisata Wajib di Semarang

Rekomendasi, 6 Destinasi Wisata Wajib di Semarang

Semarang dinobatkan sebagai Kota Metropolis terbesar ke-5, setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Hal ini yang mengubah Semarang menjadi kota yang tak pernah tidur, seperti keempat kota metropolitan lainnya. Mobilitas penduduk pun tak terhindari, entah yang akhirnya stay, atau hanya sekedar datang untuk berkunjung ke spot wisata Semarang. 

6 Rekomendasi Tempat Wisata Semarang

Memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Semarang bersama keluarga atau pasangan memang sangat menyenangkan. Pasalnya, ibukota Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat wisata yang direkomendasikan. Baik wisata edukasi, budaya, sejarah, alam, maupun kuliner, semuanya tersaji dengan lengkap. Berikut ini destinasi wisata Semarang yang patut dipertimbangkan.

1. Kawasan Wisata Umbul Sidomukti

1. Kawasan Wisata Umbul Sidomukti

Sesuai dengan namanya, Umbul Sidomukti merupakan tempat wisata Semarang yang berada di daerah Sidomukti, Jimbaran, Bandungan. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, Umbul Sidomukti menyajikan kolam renang dengan mata air alami. Airnya yang jernih dan segar, seolah menarik para pengunjung untuk segera masuk ke dalamnya. 

Tak main-main, kolam renang ini dinobatkan sebagai kolam renang tertinggi di Asia. Sehingga wajib dicoba, jika sedang main-main di daerah Semarang. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan kaki gunung Ungaran yang membentang di bagian bawah. Hijau dan memanjakan mata, bak lukisan pemandangan yang disuguhkan secara nyata.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan wisata Semarang yang bertajuk wisata edukasi. Di sini, pengunjung bisa melihat rangkaian lokomotif kereta dari waktu ke waktu. Hal ini tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berarti, terutama bagi anak-anak. Untuk menambah keceriaan, pengunjung bisa naik kereta api wisata.

Ada dua kereta yang bisa dipilih, yaitu kereta uap yang sudah berusia ratusan tahun atau kereta diesel kuno. Kereta ini akan mengambil jalur Ambarawa  Tuntang atau Ambarawa Bedono. Keduanya akan memberikan pemandangan yang sulit dilupakan.

3. Ayanaz Gedong Songo

3. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz gedong songo adalah tempat wisata di Semarang yang berlokasi di Krajan, Banyu Kuning, Bandungan. Daya tarik utama dari tempat ini adalah spot-spot foto yang instagenic. Seperti balon udara, bubble tent, tempat duduk di tengah kolam, serta hammock. Tidak heran, jika mayoritas pengunjung di sini adalah pasangan muda-mudi atau yang hobi fotografi.

4. Vanaprastha Gedong Songo Park

4. Vanaprastha Gedong Songo Park

Masih dalam lokasi yang sama dengan Ayana, Vanaprastha Gedong Songo Park juga wajib dikunjungi. Daya tarik utama wisata di Semarang ini adalah rumah kayu yang dibangun di antara pohon-pohon pinus. Hanya bermodalkan Rp 5.000, pengunjung sudah bisa mengabadikan momen sepuasnya. Pastikan saja, baterai kamera atau ponsel terisi penuh. 

5. Klenteng Sam Po Kong

5. Klenteng Sam Po Kong

Menjelajah wisata Semarang rasanya belum lengkap jika tidak mampir ke klenteng Sam Po Kong. Tempat ini merupakan persinggahan Cheng Ho, yaitu seorang laksamana dari China yang beragama Islam. Selain berwisata edukasi, pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan menggunakan baju khas negara Cina. Unik dan menarik, ya?

6. Pagoda Avalokitesvara

6. Pagoda Avalokitesvara

Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki toleransi beragama cukup tinggi. Tidak heran, jika kota ini memiliki sejumlah tempat ibadah dari agama yang berbeda-beda. Bukan bangunan baru, melainkan warisan budaya dari generasi-generasi sebelumnya. Selain klenteng, ada pagoda Avalokitesvara yang dibangun pada tahun 1955. 

Avalokitesvara memiliki tinggi sekitar 45 meter, dengan tujuh tingkatan lengkap dengan patung Dewi Kwan Im yang mendapat arah mata angin. Datanglah pada malam hari, agar bisa menikmati keindahan tempat wisata di Semarang ini.

Bagaimana, tertarik untuk menjelajah tempat wisata Semarang? Pastikan tubuh fit dan kantong tebal. Karena rasanya kurang lengkap, jika belum icip-icip kuliner khas Kota Atlas. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang.

Penulis: Raka 26 Oct 2020 76

Penulis: Raka
11 Sep 2020
93
Penulis: Raka
08 Oct 2020
99