5 Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Yogyakarta Wajib Dikunjungi

5 Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Yogyakarta Wajib Dikunjungi

Siapa yang tidak tahu dengan Kota Jogjakarta? Kota ini terkenal dengan berbagai sebutan, mulai dari Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Perjuangan, hingga Kota Pariwisata. Jogja memiliki 14 kecamatan dengan luas daerah 46 km persegi. Meski cukup kecil, tetapi kota ini tak pernah sepi dari turis. Hal ini dikarenakan banyaknya tempat wisata di Jogja yang selalu bikin betah. 

Rekomendasi Tempat Berlibur di Jogja Yang Hits 

Menjelajah tempat wisata di Yogyakarta rasanya tak akan pernah cukup, selalu ingin kembali dan kembali lagi. Selain tempatnya yang beragam, biaya hidup di sini juga tergolong masih murah. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang sangat direkomendasikan :

1. Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang menyuguhkan suasana Indonesia tempo dulu. Ada beragam replika bangunan di dalamnya, seperti Keraton Mataram, Benteng VOC, Pecinan, dan lain-lain. Awalnya, studio ini dibangun untuk keperluan set film Sultan Agung : The Untold Love Story, yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. 

Studio Alam Gamplong

Namun, setelah proses syuting selesai, bangunan ini tidak dirobohkan, tetapi dihibahkan kepada Bupati Sleman. Untuk masuk ke studio, pengunjung hanya perlu membayar seikhlasnya. Namun, untuk mengabadikan momen dengan memanfaatkan replika yang ada, pengunjung akan dikenai biaya perawatan. Tenang saja, biaya yang dikeluarkan tidak akan menguras kantong.

2. Glamping Indekostour

Ingin berkunjung ke tempat wisata yang ada di Jogja yang anti mainstream? Jawabannya adalah Glamping Indekos Tour. Tempat yang satu ini cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menginap di alam terbuka. Konsep ala-ala Eropa Utara lengkap dengan keempat musimnya, membuat tempat ini semakin diminati.

Glamping Indekostour

Suasana terasa semakin syahdu, berkat lokasinya yang berada di tepian danau. Sangat pas untuk berlibur dengan pasangan halal maupun keluarga, intim tetapi seru. Selain pengalaman seperti berkemah sungguhan, di Glamping Indekos Tour pengunjung juga dapat mengabadikan momen dengan spot-spot yang instagramable

3. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta yang menawarkan keindahan dan keasrian alam. Lokasinya berada di kecamatan Dlingo, sekitar 24 km ke arah utara dari pusat kota. Tempat wisata yang satu ini cocok untuk para pemuda yang hobi fotografi, karena pemandangan yang disuguhkan benar-benar eksotis. 

Hutan Pinus Pengger

4. Taman Tempuran Cikal

Yakin punya nyali yang besar? Maka tempat wisata yang ada di Jogja yang satu ini sangat cocok untuk menyalurkan adrenalin. Yaitu taman tempuran cikal yang lokasinya masih masuk ke wilayah Bantul. Berbeda dengan yang lain, tempat ini akan memberikan pengalaman susur sungai yang menantang.

Taman Tempuran Cikal

Objek utama tempat ini adalah aliran sungai opak yang airnya masih sangat jernih, asal tidak sedang musim penghujan. Suasananya sangat damai, tenang, serta jauh dari kebisingan, sangat cocok untuk merehatkan diri. Selain menaiki kano atau speedboat, pengunjung juga dapat menikmati wahana lain. Seperti ATV, flying fox, maupun motor trail.

5. Heha Sky View

Jogja terus berbenah diri untuk menghadirkan inovasi terbaru dari sektor pariwisata. Salah satunya yaitu Heha Sky View yang terdapat di Gunungkidul. Tempat wisata di Jogja ini menawarkan pengalaman untuk menikmati kota Jogja dan sekitarnya dari ketinggian. Dan satu kata, view-nya benar-benar menakjubkan.

Heha Sky View

Awalnya, tempat ini merupakan restoran tiga lantai yang kebetulan dilengkapi dengan fasilitas pendukung ala-ala anak muda. Yaitu taman cantik lengkap dengan bunga-bunga serta beberapa spot foto yang instagenic. Jika sedang menjelajah tempat wisata di Jogja, khususnya Gunungkidul, tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati hidangan yang tersedia di sini. 

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja yang dapat dikunjungi. Baik untuk berlibur bersama keluarga, pasangan, atau hanya untuk sekedar menepi melepas penat sepulang bekerja. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 23 Oct 2020 77